Gua Tengkorak Wisata Uji Nyali di Kolaka Utara

Posted on
Wisata Gua Tengkorak Kolaka Utara

Gua Tengkorak Kolaka Utara. Gua ini terletak di Desa Lawalatu, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Mendengar namanya saja sudah bisa menggambarkan mistis, keangkeran dan seramnya tempt ini dan memang begitulah faktanya. Sebuah gua yang isinya pemandangan angker dengan tumpukan tengkorak-tengkorak dan tulang belulang manusia. 

Sebenarnya, gua ini hanya sebuah ceruk yang berada di lahan perkebunan masyarakat. Mulut gua setinggi 8 meter dengan lebar 5 meter dan panjang 50 meter. 

Untuk naik menuju mulut gua tidak terlalu susah, Anda hanya perlu menelusuri jalan tani di Desa Lawalatu. 

Mulut guanya berada di sekitar pertengahan dinding yang tersembunyi dari pepohonan. Di tempat ini memang belum ada petunjuk jalan dari desa ke mulut gua. Namun anda bisa mengajak warga lokal untuk mengantarkan sampai ke lokasi. 

Uniknya, di dalam gua ini terdapat lorong horizntal yang menghubungkan ruangan disebelahnya. Di dalam gua ini terdapat puluhan tengkorak serta tulang belulang manusia. Saat ini ada 20 tengkorak dan  tulang-belulang yang ada di depan gua 

Belum ada hasil penelitian ilmiah atas tengkorang di gua ini dan sampai sekarang tempat ini masih dikeramatkan warga setempat. 

Informasi dari warga, bahwa dulunya gua ini dipenuhi banyak kepala tengkorak manusia, tapi sekarang, tinggal berapa saja yang masih kita lihat.

Banyak pengunjung yang datang dan membawa pulang kepala tengkorak tersebut, sehingga setiap tahun jumlah tengkorak gua ini tersu berkurang.

Bukan hanya peran pemerintah saja yang harus melestarikan gua ini, namun semua warga dan wisatawan yang datang, harus ikut serta dalam menjaga keasrian.

Gua ini mempunyai potensi pariwisata, sasarannya adalah bagi mereka yang suka dengan sejarah dan budaya. Selain menjadi tempat wisata, gua tengkorak ini dapat menjadi tempat penelitian dan edukasi.