7 Tempat Wisata Terbaik & Paling terkenal di Buton Utara

Posted on

Jelajahsultra.com – Kabupten Buton Utara (Butur) mempunyai wisata tirta yang tidak kalah dengan kabupaten lainnya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, baik dari hasil pertanian hingga hasil lautnya. Besarnya potensi alam yang dimilikinya, maka tidak heran bila kawasan ini mewarisi pemandangan alam yang begitu menakjubkan. 

Potensi alam yang lagi ramai diminati para traveller dapat berdampak meningkatnya jumlah kunjungan ke Buton Utara. Dari sekian banyaknya destinasi wisata di Buton Utara, berikut destinasi wisata yang layak dikunjungi saat berada di Buton Utara versi Jelajah Sultra

Air terjun ini merupakan air terjun yang masih sangat alami di kabupaten Buton Utara. Karena jaraknya yang jauh dari kalisusu, sehingga orang belum mengetahui dan aksesnya yang masih susah ditemukan oleh wisatawan. 

Sebaiknya ada petunjuk jalan atau plang yang dipasang dipintu masuk wisata. Daya tarik air terjun doule ini jalurya yang sangat menantang, sangat cocok untuk para penggiat wisata minat khusus. 

Dari jalan poros Wa Ode Buri – Pebaoa, anda bisa menggunakan roda dua sampai ke tanggul, dilanjutkan berjalan kaki sejauh 300 meter untuk sampai ke air terjun.

2. Air Terjun La Ocu

Air terjun La Ocu terletak di Desa Eensumala, Kecamatan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Akses dari pelabuhan labuan, bisa ditempuh selama 3 jam melalui jalur maligano. Daya tarik air terjun ini bertingkat tiga. 

Dari tiga tingkatan, tingkat pertama yang paling tinggi, kurang lebih 20 meter, sangat cocok untuk piknik keluarga diakhir pekan. Untuk menuju lokasi air terjun anda memerlukan waktu kurang lebih 10 menit saja, medannya landai dan mendaki.

Melewati kebun dan sungai jernih. Bagi yang senang dengan petualangan, tempat ini sangat cocok buat kalian. Di air terjun ini terdapat 3 tingkatan, selain berfoto anda juga bisa menikmati airnya dengan merendamkan badan menikmati sejuknya air dan alam sekitar. 

Air terjun ini mempunyai daya tarik tersendiri, selain jaraknya yang dekat dari jalan utama, air terjun ini menawarkan pesona alam yang masih alami. Saat berada dibawah air terjun, akan terasa suara air dan suara kicauan burung. Lokasinya sangat pas buat yang suka berselfie.

3. Air Terjun Lamoahi

Air terjun Lamoahi berada di Desa Lamoahi, kecamatan Kulisusu Utara kabupaten Buton Utara. Untuk menuju air terjun dari kulisusu, Ibukota Kabupaten Buton utara, dapat ditempuh sejauh 37 Km. Karena jalan masih banyak yg rusak, perjalanan membutuhkan waktu selama 2 jam. 

Daya tarik dari air terjun ini berada dipinggir jalan poros kalisusu – labuan. Tidak perlu mendaki atau berjalan kaki seperti destinasi air terjun pada umumnya. Air terjun ini menjadi lokasi peristirahatan bagi siapa saja yang melewati desa ini, karena lokasinya berada tepat dipinggir jalan.

4. Pemandian Air Panas Karede

Pemandian Air Panas Karede berada di Desa Eensumala Kecamatan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Jalur ke air terjun bisa ditempuh dari pelabuhan labuan, bisa ditempuh selama 3 jam melalui jalur maligano. 

Daya tariknya, selain lokasinya yang berada di pinggir jalan, kolam air panas ini juga airnya berwarna biru laut, kedalaman kolam kurang lebih 2 meter, saat sore hari, kola mini ini ramai dikunjungi warga untuk berendam setelah beraktifitas seharian. 

Permandian air panas karede adalah permandian yang terbentuk secara alami, agar permandian menjadi menarik, maka dibuatlah kolam untuk membatasi kawasan air panas, selain itu untuk mempermudah para pengunjung yang ingin menikmati kehangatan kolam ini.

5. Stadion Bahteramas Bukit La Moliandu

Tak hanya kekayaan alam dan keragaman budaya, bahkan stadion olahraga diisni diharapkan juga menjadi daya tarik wisata Buton Utara. Lokasinya sangat strategis, berada dipuncak, sehingga pemandangan alamnyapun jarang ditemukan pada stadion olahraga pada umumnya. 

Bagi masyarakat kabupaten Buton Utara, khususnya warga kalisusu, tentu sudah tidak asing dengan Stadion Bahteramas Bukit La Moliandu. 

Menariknya, sarana dan fasilitas olahraga sedang gencar dibangun itu kini menjadi salah satu destinasi wisata dan arena hiburan masyarakat. Bagi pengunjung yang datang ke buton utara, belum lengkap rasanya bila belum datang berkunjung ke stadion Bahteramas Bukit La Moliandu.

6. Wisata Hutan Mangrove

Jika mendengar tentang tempat liburan di Buton Utara, banyak orang hanya akan menyebutkan Pantai membuku, ataupun pantai mowuru. Ternyata, tidak banyak orang tahu bahwa sebenarnya Buton Utara memiliki banyak objek wisata yang indah dan kekinian. 

Salah satunya adalah Ekowisata Hutan Mangrove, wisata yang mungkin tidak terlalu populer, tapi tetap memiliki panorama yang luar biasa. 

Atraksi yang bisa dilakukan di hutan ini, seperti menelusuri sungai menggunakan perahu, atau pengamatan satwa liar. 

7. Permandian Mata rumbia

Objek wisata permandian mata rumbia adalah satu satunya objek wisata alam yang berada di tengah kota kalisusu dan akses masyarakat kesini juga sangat mudah. Permandian mata rumbia ramai dikunjungi masyarakat, terutama saat hari libur. 

Permandian ini sangat aman untuk anak anak karena kedalamannya kurang dari satu meter. Permandian Mata Rumbia ini berada di Jl. Poros Ereke – Buranga, Waculaea, Kulisusu.