Wisata Gua Mina-minanga E’e doloma Buton Utara

Posted on

Jelajahsultra.com – Buton Utara memang mempunyai banyak destinasi wisata, salah satunya yakni Gua Mina-minanga yang saat ini dikenal dengan e’e doloma atau air gelap. 

Secara administrative gua ini terletak di Desa Linsowu Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Gua e’e doloma ini merupakan lokasi destinasi baru di kabupaten Buton Utara.

Akses menuju lokasi gua sangat terbuka mudah untuk ditempuh karena untuk menuju lokasi Gua kita dapat menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. 

Jarak menuju lokasi guanyapun tidak jauh dari kota ereke tepatnya area perkebunan jambu mete Mina-minanga.

Berdasarkan penyampaian dari salah satu warga di Desa Linsowu gua e’e doloma ini dulunya sering ditelusuri oleh beberapa orang yang bertujuan untuk mengambil ornamen di dalam gua dan untuk dimanfaatkan sebagai batu nisan dan sangat di syukuri beberapa tahun silam aktifitas itu sudah tidak terjadi lagi.

Tahun 2019 Gua ini mulai sering dikunjungi oleh salah satu anggota pencinta alam dari Mapala Unsultra untuk keperluan penelitian organisasi dan kemudian saat ini bekerja sama dengan pencinta alam Barakati untuk yang berada di Buton Utara  menjaga kelestarian gua dan lingkungannya.

Saat ini gua e’e doloma telah menjadi destinasi ruang bawa tanah yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang gemar dengan wisata minat khusus. 

Di dalam gua anda dapat melihat beberapa ornamen yang menarik dan sangat cocok untuk mengambil spot gambar yang bagus.

Tidak hanya itu, di dalam gua tersebut terdapat kolam yang terbentuk secara alami, jernih dan dapat menyegarkan badan bagi mereka yang ingin bermain air di dalamnya.