Tugas dan Tanggung Jawab Pemandu Wisata

Posted on
Tugas dan Tanggung Jawab Pemandu Wisata
Ilustrasi saat memendu wisatawan

Sebelum mengetahui apa saja yang harus dilakukan seorang pemandu wisata saat melayani wisatawan, kamu harus lebih dulu mengetahui seperti apa profesi seorang pemandu wisata.

Pengertian pemandu wisata

Pemandu wisata atau biasa disebut Pramuwisata, dalam bahasa inggris Tour Guide adalah seseorang yang bertanggung jawab penuh atas pelayanan terhadap wisatawan saat melakukan perjalanan disuatu tempat, sejak pertama tiba dan sampai trip selesai. 

Pemandu wisata akan selalu bersama para wisatawan, memberikan semua informasi terkait tour, memberikan pengalaman menarik, dan sebagainya.

Jenis-jenis pemandu wisata

Jenis pemandu wisata sebenarnya sangat luas, namun secara umum kita bisa bagi atas beberapa kelompok. 
Berdasarkan Tempat Melaksanakan Tugas, 
Berdasarkan Spesifikasi, 
Berdasarkan Asal Wisatawan
Berdasarkan Status, 
Berdasarkan Tingkatan
Berdasarkan Jumlah Wisatawan Yang Ditangani.
Untuk memudahkan, kita dapat membagi dua kelompok.

Pemandu wisata berdasarkan ruang lingkupnya

Pemandu wisata individu: Pemandu wisata yang khusus memandu wisatawan individu atau perseorangan.
Pemandu wisata group: Pemandu wisata yang memandu wisatawan dalam bentuk rombongan.
Pemandu wisata Domestik: Pemandu wisata yang memandu wisatawan nusantara / domestik.

Pemandu wisata berdasarkan statusnya

Freelance guide: pemandu wisata yang bekerja pada suatu Biro Perjalanan Wisata (BPW) sebagai pekerja paruh waktu, yang bekerja pada musim-musim tertentu saja. 

Pemandu wisata ini biasanya bekerja pada saat mendapat panggilan dari perusahaan pada musim-musim ramai seperti hari libur nasional atau dipesan secara langsung oleh wisatawan.

Payroll guide: pemandu wisata yang bekerja tetap pada suatu biro perjalanan wisata atau industri pariwisata, disebut juga full time guide atau guide staff.

Syarat menjadi pemandu wisata

Untuk menjadi seorang pramuwisata ada beberapa hal yang harus diperhatikan, Jika kita merujuk pada surat keputusan Menparpostel No. KM 82 P.102 MPPT-88 tentang eksistensi Himpunan Pramuwisata Indonesia sebagai wadah asosiasi pemandu wisata nasional, semua sudah diatur sangat jelas.

Namun sebagai syarat umum seorang pemandu wisata yang harus dimiliki seperti: 

1. Warga Negara Indonesia 
2. Umur minimal 25 tahun 
3. Menguasai Bahasa Indonesia dan salah satu bahasa asing dengan lancar 
4. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam memimpin dan mengatur perjalanan wisata. 
5. Memiliki sertifikat dan tanda pengenal pramuwisata izin operasional 
6. Mampu menjelaskan dengan baik kepada wisatawan mengenai Daerah Tujuan Wisata yang dikunjungi. 
7. Berkelakuan baik, sehat fisik dan mental

8. Mempunyai pengetahuan umum tentang destinasi wisata di Indonesia.

Tugas dan tanggung jawab seorang pemandu wisata

Seorang pemandu wisata harus bertanggung jawab penuh saat melakukan tugas di lapangan. 

Keselamatan dan kepuasan wisatawan tertumpu pada pemandu, selain itu juga, seorang pemandu mewakili karakter daerahnya. 

Beberapa tugas penting pemandu wisata yang harus dipatuhi, diantaranya :

1. Memberikan Informasi Umum

Menemani, membimbing serta memberi informasi pada wisatawan yang sedang mengadakan kegiatan wisata.

Sebelum berangkat atau dimualainya sebuah trip, pemandu wisata wajib memberitahukan aturan main selama perjalanan. 

Contohnya menyampaikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan wisatawan saat tiba di destinasi. Ini penting terkait budaya kearifan lokal di destinasi tujuan. Berapa lama perjalanan yang akan di tempuh dan sebainya.

2. Menjelaskan Informasi Khusus.

Pemandu memberi pengetahuan tentang objek wisata yang sedang dikunjungi dengan terperinci. Tujuannya agar wisatawan pulang dengan membawa pengalaman dan pengetahuan baru. 

Contohnya, sejarah destinasi, sejak tahun berapa, siapa yang mulai memperkenalkan destinasi, daya tarik destinasi dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan wisatawan.

3. Memberi Kesan Baik

Pemandu harus dapat menciptakan kesan yang baik atas daerah, negara, bangsa, dan kebudayaan pada wisatawan. Baik dari sikap sopan santun, etika berbicara, etika menjawab pertanyaan dan cara berpakaian yang rapi. 

4. Melindungi Wisatawan

Melindungi dan memberi jaminan keselamatan pada wisatawan sesuatu hal yang wajob dilakukan seorang pemandu wisata. Sejak trip dimulai dan sampai kepulangan, semua jadi tanggung jawab pemandu. 

Destinasi dan karakter orang Indonesia sangat berbeda disetiap daerah, maka peran penting pemandu agar selalu menjaga keselamatan semua wisatawan. 

5. Melayani Sepenuh Hati

Pemandu wisata harus sigap dalam setiap kondisi, pemandu tidak hanya fokus pada pelayanan saat di destinasi. Seorang pemandu harus peka melihat situasi wisatawan. 

Walaupun pemandu bukan seorang porter, tapi disaat tertentu, pemandu juga harus berperan sebagai porter. 

Contohnya, destinasi yang dituju menggunakan kapal tradisional, sebelum wisatawan naik ke kapal, tidak ada salahnya pemandu wisata, mengangkat barang dan merapikannya serta pastikan semua barang sudah berada dikapal sebalum berangkat.

Contoh teks/dialog pemandu wisata 

Simulasi: Destinasi yang dikunjungi adalah sebuah pulau. Pemandu wisata akan menjemput wisatawan di Hotel, mengajak ke destinasi dan kembali ke hotel.

“Assalammualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh, bagaimana kabar Bapak Ibu hari ini? Alhamdulillah, Baik, saya senang mendengarnya. Saya ucapkan selamat datang di Kota ……

Sebelum kita meninggalkan hotel ini, saya persilahkan untuk kembali mengecek kelengkapan yang Anda ingin bawa selama pelaksanaan tour. Baik, jika semua sudah lengkap mari kita menuju Bus.

Selamat datang di dalam Bus ……… Travel. Perkenalkan nama saya …… saya yang akan memandu Bapak Ibu selama tour di pulau ………Dalam tour ini saya juga ditemani kru lainnya, driver kita pada pagi hari ini Bapak ………….. dan seorang kapten kapal bapak  ………..yang akan kita jumpai saat tiba di dermaga.

Sebelum kita mulai melakukan tour pada pagi hari ini, saya akan menyampaikan rute dan waktu yang kita butuhkan. Kita akan menuju dermaga penyeberangan dengan waktu 30 menit dari sini.

kemudian dari dermaga kita akan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal tradisional selama 1 jam. Sesampainya di pulau  kita akan mengunjungi lima spot terbaik di pulau ……. 

Di masing-masing obyek saya akan memberikan Bapak Ibu waktu selama 30 menit untuk melihat lebih dekat obyek tersebut dan pindah ke objek lainnya. Setlah makan siang disana, kita masih mengunjungi dua objek lagi dan kita kembali ke dermaga lanjut ke Hotel. 

Sebelum kita memulai perjalanan, apakah ada yang Bapak Ibu ingin tanyakan? Baiklah, jika tidak ada, marilah kita berdoa masing-masing agar perjalanan kita selalu dilindungi dan pulang dalam keadaan selamat, berdoa dimulai.

Setelah mobil sudah meninggalkan hotel, pemandu wisata mulai menjelaskaan gambaran umum kota yang menjadi tempat tujuan wisatawan dan membagikan informasi tentang pulau yang akan dikunjungi.

Saya …… akan menjelaskan sedikit tentang provinsi …..Provinsi ….merupakan salah satu Provinsi yangberada di pulau …..yang Ibu Kotanya terletak di Kota…..

Saat ini provinsi …..dipimpin oleh gubernur Bapak…..dan wakilnya Bapak……Mereka telah memimpin Kota ini selama ….. tahun.

Di Kota…….ada banyak obyek wisata yang sangat indah. salah satunya adalah pulau yang akan kita kunjungi pagi ini.

Namanya Pulau….. berada di Kabupaten/kota ……. Pulau cantik ini memiliki banyak daya tarik, seperti wisata pantai, wisata buatan dan wisata penyelaman.

Untuk penginapan, di pulau ini terdapat 3 jenis peginapan, yaitu penginapan homestay, cottage dan resort, mungkin suatu saat Bapak Ibu bisa menikmati pulau …… lebih dari sehari, agar perjalanan lebih santai dan bapak ibu juga bisa lebih puas menikmati keindahan pulaunya.  

Nah Bapak Ibu, sekarang kita sudah tiba di dermaga peyeberangan, tapi sebelum Bapak Ibu turun dari bus, periksa barang-barang pribadi terlebih dahulu, seperti handphone atau kamera dan jangan kuatir tentang bagasi Bapak Ibu, karena portir akan menanganinya .

Bapak Ibu silahkan naik ke kapal, pastikan bapak ibu sudah merasa nyaman sebelum kapal berangkat. Perjalanan akan kita tempuh selama satu jam, jadi bapak ibu bisa beristirahat, tidur, membaca buku atau menikmati pemandangan laut. 

Mesin kapal ini mungkin bisa menggangu pendengaran Bapak Ibu, sebaiknya bagi yang mempunyai eartphone, Bapak Ibu bisa gunakan.

Nah Bapak Ibu, sekarang kita sudah tiba di pulau ….. Kita akan menyusuri pulau ini dan singgah di objek pilihan, pastikan tidak ada yang berpisah dari rombongan.

Bagi Bapak Ibu yang ingin singgah membeli sesuatu atau beristirahat, silahkan informasikan ke saya sebelumnya. 

Apakah Bapak Ibu sudah selesai? Sudah puas mengelilingi pulau? Jika sudah, baiklah ini saatnya kita kembali ke dermaga, pastikan semua barang tidak ada yang tertinggal. Silahkan Bapak Ibu naik ke kapal.

Bapak Ibu, sekarang kita sudah tiba di dermaga peyeberangan, tapi sebelum Bapak Ibu  turun dari kapal, periksa barang-barang pribadi terlebih dahulu, seperti handphone atau kamera dan jangan kuatir tentang bagasi Bapak Ibu, karena ABK kapal akan menanganinya.

Bapak Ibu, sekarang kita sudah tiba kembali di hotel, tapi sebelum Bapak Ibu turun dari bus, periksa barang-barang pribadi terlebih dahulu, seperti handphone atau kamera dan jangan kuatir tentang bagasi Bapak Ibu, karena portir akan menanganinya.

Bapak Ibu yang berbahagia,  Terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya, jika saya melakukan kesalahan selama tour, saya dan kru memohon maaf. 

Bapak ibu silahkan turun dari bus satu per satu dimulai dari kursi depan. Sekali lagi saya ingatkan, jangan sampai ada barang barang yang terlupa. Tunggu saya di lobi hotel, karena saya akan menangani cek di hotel.

Oke Bapak ibu sekalian, Kamarnya sudah ready. Terima kasih telah menggunakan jasa kami, semoga perjalanan hari menyenangkan dan dapat memberi pengalaman baru. 

Jika Bapak Ibu masih membutuhkan jasa kami selama di Kota ini, silahkan langsung menghubungi ………Travel. Sampai ketemu di tour lainnya. Saya mohon ijin pamit.

Tahapan persiapan pemandu wisata

1. Pastikan surat tugas dari perusahaan.

2. Susunan program tour (Itinerary)

3. Daftar nama wisatawan.

4. Menyiapkan P3K Standar.

5. Buku tamu

6. Alat dokumentasi

7. Persiapkan fisik yang prima.

Gaji pemandu wisata

Untuk gaji pemandu wisata tergantung dimana perusahaan Anda bekerja. Apakah digaji perbulan atau dibayar setelah melakukan kepemanduan. 

Besaran gaji juga ditentukan dari jenis wisatanya, semakin besar resikonya, semakin mahal juga bayaran yang didapatkan. 

Seperti pemandu wisata selam, pemandu wisata gunung, pemandu wisata gua, dan wisata berisiko lainnya. 

Karena kondisi pandemi, megurangi jumlah wisatawan yang berkunjung, sehingga banyak perusahaan yang membayar pemandu wisata hanya sekali tour.

Namun umumnya pemandu wisata dibayar perhari 300-500 ribu. Sekali lagi semua tergantung kebijakan perusahaan yang menjual paket wisata. 

Untuk mengetahui etika profesi seorang pamandu wisata, kode etik pemandu, dan lainnya, kamu bisa cek artikel Panduan Lengkap Menjadi Seorang Tour Leader atau Tour Guide.

Menjadi pemandu adalah sebuah profesi yang mengasyikkan, Kamu bisa jelan-jalan dan membagikan pengalamanmu ke banyak orang. Untuk menjadi pemandu yang profesional, dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi.