Cara Unlock Bootloader di Hp OnePlus 6

Cara Unlock Bootloader di Hp OnePlus 6

Unlock Bootloader tentunya menjadi sebuah kebutuhan yang wajib terpenuhi buat para opreker Android khususnya. Dan arti dari Bootloader bisa digambarkan adalah sebuah kode yang berjalan saat kita menyalakan perangkat kita. Kode ini menginisialisasi beberapa perangkat keras kemudian memuat kernel dan ramdisk, dan membuat proses boot berjalan. Jadi proses tersebut dikenal sebagai Bootloader.
Namun secara umum Bootloader ini sering diperlukan untuk menginstall Custom ROM ataupun keperluan lainya. Dan nyatanya juga cara unlock bootloader ini dibilang cukup ribet karena memerlukan beberapa perangkat pembantu juga. 
Tapi pengguna OnePlus 6 bisa sedikit berlega hati, pada kali ini admin belajarngulik mau ngasih solusi buat pengguna smartphone tersebut yang mencoba ingin unlock bootloader di OnePlus 6. Seperti yang saya katakan sebelumnya cukup ribet tetapi saya disini akan mencoba sejelas mungkin semoga teman-teman yang membaca artikel ini dapat paham apa yang saya maksud.
Baiklah biar gak memakan waktu banyak lagi sekaligus mempersingkat waktu, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasanya dibawah ini.

Persiapan Sebelum Unlock Bootloader di Hp OnePlus 6

  1. Siapkan sebuah PC atau Laptop.
  2. Siapkan kabel USB atau kabel data.
  3. Pastikan Hp OnePlus 6 mempunyai battrey yang mempuni setidaknya 70%.
  4. Pastikan kamu sudah menginstall USB Driver di PC atau Laptop kamu disini.
  5. Back semua data yang ada di Hp sebagai antisipasi data yang penting tidak hilang.
  6. Download dan install Fastboot di PC atau Laptop kam, caranya bisa dilihat disini.
  7. Belajarngulik tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi, ini hanya sekedar sharing saja. Jadi kamu yang melakukan kamu yang ambil resiko.

Tutorial Tahap-Tahap Cara Unlock Bootloader di Hp OnePlus 6

  1. Download bahan Fastboot lebih tepatnya point no 6 diatas dan simpan di PC atau Laptop kamu.
  2. Aktifkan Developer Option di Hp OnePlus6 kamu, dengan cara pilih Settings –> About –> Software Information –> More –> Tap pada Build number 7-8 Kali hingga Anda melihat pesan muncul “Developer option enabled”
  3. Lalu kembali ke menu Setting dan aktifkan OEM Unlock dengan cara pilih Settings –> Developer Option and Enable OEM Unlock and USB Debugging.
  4. Pindah ke PC atau Laptop, extract file fastboot Zip yang sudah kamu download pada tahap no 1.
  5. Sekarang lanjutkan sambungkan antara PC/Laptop dengan Hp OnePlus 6 kamu menggunakan kabel data atau kabel USB. Usai terkoneksi silahkan kamu tunggu hingga driver USB sudah benar-benar terinstall di PC atau Laptop kamu.
  6. Usai sudah terinstall driver, silahkan kamu dalam folder fastboot ADB Anda open a command prompt window dengan menekan tombol Shift + Klik kanan Mouse.
  7. Usai membuka CMD lalu ketikan “adb devices” tanpa tanda kutip. Jika kamu melihat muncul Allow USB Debug pada ponsel kamu, pilih saja OK untuk mengijinkan.
  8. Dan ketikan lagi “adb reboot bootloader” di CMD tanpa tanda kutip. Setelah ponsel Anda reboot ke bootloader, pastikan ponsel kamu menampilkan bootloader terkunci dan kemudian ketik perintah “fastboot devices” untuk memastikan driver fastboot diinstal dengan benar.
  9. Perintah pada tahap no 8 akan mencantumkan perangkat yang terhubung. Jika nomor seri ponsel kamu muncul kamu baik biarkan atau skip dan dapat melanjutkan tahap selanjutnya. Jika telepon TIDAK tercantum ini menunjukkan bahwa driver kamu tidak diinstal dengan benar. Agar kamu dapat melanjutkan, kamu harus memperbaiki driver kamu sehingga ponsel kamu terdaftar pada perangkat fastboot.
  10. Masih di CMD, nah jika sudah pasti terinstall langsung saja ketikan “fastboot oem unlock“, perintah tersebut bisa menghapus semua data yang ada di Hp jadi pastikan sudah kamu back up semua data di hp.
  11. Dan langkah terakhir ketikan “fastboot reboot” maka secara otomatis Hp OnePlus 6 kamu akan melakukan Reboot atau Restart dengan sendirinya.
  12. Maka selesai deh jika Hp kamu sudah menyala kembali.
Dan itulah dia Cara Unlock Bootloader di Hp OnePlus 6, semoga bermanfaat dan bagi yang mau memperaktekan tutorial ini saya harap baca dahulu serta ingat point-point penting penting diatas dan saya doakan semoga sukses ya guys.
Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan – bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.