Penjelasan Encryption dan Cara Mengaktifkanya di Hp Android

Penjelasan Encryption dan Cara Mengaktifkanya di Hp Android  

Encription atau dalam bahasa indonesia sendiri adalah Enkripsi merupakan fitur unggulan dari Android yang berguna untuk melindungi data-data di hp Android dari ancaman para hacker. Enkripsi melindungi data sensitif di ponsel Anda. Sebagai contoh, perusahaan dengan data bisnis sensitif pada ponsel perusahaan akan ingin menggunakan enkripsi (dengan lock screen yang aman) untuk membantu melindungi data dari spionase perusahaan. Seorang penyerang tidak akan dapat mengakses data tanpa kunci enkripsi, meskipun ada metode cracking yang lebih canggih.
Enkripsi menyimpan data ponsel Anda dalam bentuk yang tidak dapat dibaca dan tampaknya acak. (Untuk benar-benar melakukan fungsi enkripsi tingkat rendah, Android menggunakan dm-crypt, yang merupakan sistem enkripsi disk standar di kernel Linux. Ini adalah teknologi yang sama yang digunakan oleh berbagai distribusi Linux.) Ketika Anda memasukkan PIN, kata sandi, atau pola di layar kunci, ponsel Anda mendekripsi data, membuatnya mudah dipahami. Jika seseorang tidak tahu PIN atau kata sandi enkripsi, mereka tidak dapat mengakses data Anda.
Jika ada keuntugan atau kelebihan Encryption yang telah saya utarakan diatas adaapun pertimbangan yang perlu anda pikirkan ada efek yang akan terjadi di hp Android anda usai mengaktifkan fitur Enkripsi diantaranya:
  • Encrypsi tidak dapat di matikan, jadi ketikan anda usa mengatifkanya maka secara otomatis tidak dapat dimatikan kembali, jalan satu-satunya untuk mematkanya adalah dengan melakukan factory reset atau kembalikan ke setelan pabrik.
  • Peforma Android akan melambat, nayatanya melakukan proese penyimapanan enkripsi ememrlukan aktivitas pada Android sendiri, jadi tentunya RAM pada hp android akan digunakan untuk menjalankanya, meski hal ini tidak terasa bila hp anda memiliki spesifikasi tinggi.
  • Tidak bisa diaktifkan dalam kedaan Root, apabila hp Android kamu dalam keadaan root dan ingin mengaktifkan Encripsi maka saya ajurkan untuk lakukan unroot terlebih dahulu agar bisa mengaktifkanya.
Dan itu merupakan point pentig bisa kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengaktifkan Encrypsi pada hp Android kamu.

Cara Mengaktifkan Encryption Hp Android 

Ada beberapa point-point penting diperhatikan serta persiapan juga sebelum anda akan melakukan enable atau mengaktifkan Encryption di Hp Anderoid diantaranya:
  • Proses mengaktifkan Encription memrlukan waktu cukup lama setidaknya satu jam atau bahkan lebih.
  • Battrey hp Andoid kamu setidkanya memiliki cukup daya 80% atau bahkan lebih.
  • Saya ingatkan kembali andai hp Android dalam kedaan root silahkan untoot untuk mengaktifkan Encryption.
Nah jadi diperlukan luang-luang waktu yang cukup agar bisa kamu pantau untuk mengaktifkan fitur Encryotion ini pada hp Android anda. Dan bagi yang tertarik untuk mencoba fitur Encryption ini, berikut tahap-tahap cara mengaktifkanya:
  1. Pada pilihan Setting kamu pilih atau tap Security, tinggal kamu cari saja scroll kebawah.
  2. Jika sudah masuk ke menu Security apabila kamu melihat Encrypt phone kamu bisa langsung saja tap tulisan tersebut.
  3. Pada tampilan berikutnya akan menampilkan peringatan untuk memberi tahu anda apa yang akan terjadi setelah proses Encription selesai, apabila kamu sudah mengerti dan menerima apapun yang tejadi silahkan tao tombol bertulisan “Enkripsi ponsel” dibawahnya.
  4. Usai itu akan muncul sekali lagi peringatan untuk benar-benar memastikan bahwa ingin melanjutkan proses Encription sekaligus untuk tidak melakukan proses apapun pada saat melakukan pengaktifpan Encription. Dan apabila anda benar-benar setuju silahkan tap tombol rtulisan Encrypt phone.

  5. Maka hp Android kamu akan segera melakukan Reboot atau Restart dengan sendirinya, dan hidup kembali akan melakukan pengaktifkan Encryption, ini yang saya maksud memerlukan waktu lama dalam melakukan proses tahap no 5 ini.
  6. Apabila sudah melakukan tahap proses pengaktifan Encryption, hp Android kamu akan menyala kembali dan akan diminta untuk memasukan kata sandi lock screen, PIN, atau pola. Apabila kamu belum settingya silahkan kamu pilih Settings —> Security dan pilih Screen Lock.

  7. Maka pilih saja salah satu jenis keamanan yang ingin kamu gunakan silahkan mana yang ingin anda gunakana atau anda sukai.
  8. Selanjutnya anda akan ditanya apakah anda ingin meminta PIN, kata sandi, atau pola saat memulai. Ini terserah anda, tetapi sebaiknya pilih Required pattern to start device dan tap CONTINUE, karena ini meningkatkan keamanan perangkat anda.
Maka usai melewati tahap semua diatas, selamat hp Android kamu sudah terenkripsi dan data-data di dalam hp Android kamu akan semakin aman tidak gampang untuk di bobol oleh hacker. Untuk fitur fingerprint tidak bisa digunakan jadi pilih saya yang ada.
Dan itulah dia guys Penjelasan Encryption dan Cara Mengaktifkanya di Hp Android , silahkan kamu coba bila tetarik untuk hp android kamu, belajarngulik tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi tetapi saya doakan semoga berhasil dan jangan lupa point-point penting yang saya sebutkan diatas apabila kamu ingin memperaktekan tutorialnya. untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa kunjungi balik lagi next time dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.