15 Cara Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game

15 Cara Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game

Doyan atau suka bermain game merupakan hal mutlak yang tidak bisa di pungkiri saat ini, apalagi dengan semakin gencarnya Sistem Operasi Android di Indonesia, maka muncul game-game yang compatible  saat ini khususnya pada tahun 2018. Mulai dari jenis game MOBA seperti Mobile Legend Bang Bang hingga jenis game FPS seperti PUBG Mobile yang bisa kita download secara gratis di Play Store Android.
Meski banyak sekali game-game bermunculan yang bisa di install di Android, ada kendala juga terhalang dengan perangkat tersebut untuk pengguna bermain game dengan nyaman, seperti LAG atau LAGGING meskipun perangkat kamu sebuah perangkat terbaru tahun 2018 ini. LAG merupakan sebuah kendala patah-patah pada layar pada saat menjalankan sebuah aktivitas pada perangkat tersebut.

Kenapa Hp Android Saya Mengalami Lag atau Bekerja Begitu Lambat?

Maka dari itu saya selaku admin belajarngulik mau membahas bagaimana Cara Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game. Sebelum membahas bagaimana solusinya kita akan perhatikan terlebih dahulu berikut ini beberapa faktor penyebab Hp Android kamu mengalami LAG, diantaranya: 
  1.  Ponsel Anda tidak kompatibel dengan game dengan game tersebut.
  2.  Ponsel Anda atau Sistem Operasi Android sudah ketinggalan zaman.
  3.  Sinyal GSM atau WiFi Anda buruk.
  4.  Tidak ada atau ruang memori sedikit yang tersedia.
  5.  Ponsel Anda kepanasan (Overheat).
  6.  Sistem Operasi Android di ponsel Anda rusak.
  7.  Permainan atau Game corrupt/file rusak.
  8.  Baterai Anda tidak berfungsi dengan baik.
  9.  Ponsel Android Anda terinfeksi oleh virus atau malware.
  10.  Beberapa pengaturan sistem Android salah di atur.
  11.  Game Android atau server aplikasi overload
  12.  Penggunaan CPU ponsel Android Anda terlalu tinggi.
  13. Game atau permainan Android kinerja buruk atau tidak dioptimalkan untuk memberikan kinerja tinggi pada ponsel.
  14.  Terlalu banyak permainan aktif atau aplikasi yang berjalan pada ponsel.
  15.  Beberapa ponsel Anda Hardware rusak.

Cara Menegatasi Lag dan Meningkatkan Peforma Hp Android

Well… Cara mengatasi atau memperbaiki agar tidak lag sekaligus meningkatkan performa Android agar enak digunakan untuk pengguna tentunya. Ada beberapa cara mengatasinya seperti menggunakan aplikasi tambahan namun disini saya akan memberikan solusi tanpa aplikasi apapun namun hanya memberikan langkah-langkah tepat untuj mengatasi lag serta meningkatkan peforma android, dan berikut diantaranya:
  1.  Pastikan ponsel Android Anda kompatibel dengan gim atau permainan tersebut.
  2.  Perbarui sistem Android Anda secara teratur atau hidupkan pembaruan otomatis di pengaturan sistem.
  3. Temukan tempat di mana Anda mendapatkan sinyal GSM atau WiFi yang lebih kuat atau hubungi provider Anda jika sinyal Anda tetap buruk. WiFi gratis atau terbuka biasanya menyediakan bandwidth rendah. Matikan telepon Anda secara teratur (minimal setiap 5 hari) untuk memperbaiki masalah IP dan DNS pada ponsel .
  4. Bersihkan cache sementara pada ponsel Android Anda, hapus data yang tersimpan dari aplikasi dan game yang tidak Anda perlukan melalui menu pengaturan aplikasi.
  5. Hindari menggunakan cover/kondom jika Anda menegtahui ponsel Anda cepat panas. Matikan telepon Anda dan biarkan dingin untuk seaat. Jika masalah terus berlanjut, periksa baterai atau penggunaan CPU Anda.
  6. Back up data dan file Anda dan lakukan setelan ulang pabrik melalui pengaturan sistem jika sistem Android Anda rusak. Anda juga dapat mengatur ulang perangkat keras melalui pengaturan boot Android.
  7. Jika file permainan atau pemasangan game Anda rusak, hapus instalannya, mulai ulang ponsel Anda dan instal kembali.
  8. Jika baterai ponsel Anda rusak biasanya ditandai dengan dikuras sangat cepat atau baterai bengkak. Periksa penggunaan baterai game dan aplikasi Anda dan hapus instalan game atau aplikasi yang dimaksud. Ganti baterai ponsel jika bengkak.
  9. Ponsel Android Anda dapat terinfeksi oleh virus atau malware, yang Anda perlukan untuk menginstal pemindai virus dan malware. Dalam beberapa kasus, Anda perlu memeriksa virus dan malware menggunakan aplikasi.
  10. Periksa apakah semua game dan aplikasi, lalu Anda optimalkan untuk penggunaan baterai dan kinerja melalui pengaturan sistem.
  11. Jika server game atau aplikasi Anda overload, tidak ada yang dapat Anda lakukan. Periksa situs web Pengembang apa ada pengumuman atau kirim pesan kepadanya.
  12. Jika penggunaan CPU ponsel Android Anda tinggi mungkin ada alasan Anda bermain game atau menggunakan aplikasi yang hanya kompatibel dengan ponsel Anda. Juga, tutup semua apikasi di task manager dan coba ulang game Anda. Jika penggunaan CPU tetap  tinggi ada, Anda dapat mencoba mengembalikan ke setelan pabrik.
  13. Ada kemungkinan bahwa permainan atau di atur atau tidak dioptimalkan untuk memberikan kinerja tinggi. Anda harus lupakan game dan aplikasi semacam itu.
  14. Tutup permainan atau aplikasi secara teratur di task manager karena bisa jadi mungkin memperlambat kinerja atau menyebabkan lag.
  15. Ada banyak bagian Perangkat Keras telepon Anda yang rusak. Sangat sulit bagi pengguna umumnya untuk melacak penyebabnya dan Anda disarankan untuk membawa ponsel ke konter terdekat. 
Dan itulah dia 15 Cara Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game, semoag bermanfaat dan untuk yang sering bermain game atau gamers tentunya wajib untuk memperaktekan solusi ini apabila mengalami kendala seperti lag. Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih dan bagi yang mau memperaktekanya silahkan dan saya doakan semoga sukses dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.