Cara ROOT dan install TWRP di Samsung J2 Prime SM-G532G

Cara ROOT dan install TWRP di Samsung J2 Prime SM-G532G

Siapa yang tak kenal dengan ROOT?, jaman sekarang kayaknya kurang lengkap atau keren andai belum di ROOT. ROOT atau ROOTING secara singkatnya menurut saya adalah sebuah status dari sebuah perangkat khususnya Smartphone yang telah terbuka secara ke seluruhan termasuk system Android juga sudah bisa kita utak-atik secara bebas.
Keuntungan dari ROOT sendiri jelas banyak, seperti kita bisa menghapus atau uninstall semua aplikasi pada Smartphone Android kita meski Aplikasi terseut merubakan aplikasi bawaan pabrik seperti media player, aplikasi kamera dll. Selain itu ada juga kamu bisa membuka semua hak ases secara bebas file-file yang ada di OS Android tapi hati-hati jangan sampai ada file fatal yang terhapus.
Dibalik keuntungan ada kerugian yakni hal paling ditakutkan adalah hilangnya garansi resmi ada garansi pabrik untuk Smartphone apa saja yang telah di ROOT. Maka artinya jika Smartphone kamu rusak dan masih ada garansi tentunya tidak akan diterima penukaran oleh pihak customer service.
Selain ROOT ada temanya juga yaitu TWRP, TWRP merupakan kepanjangan dari Team Win Recovery Project adalah sebuah software custom recovery open source atau bebas terbuka yang basisnya kita bisa install di perangkat Smartphone Android.
Wajib atau harus kita ketahui TWRP ini banyak fungsi atau kegunaanya salah satu yang paling kita harus apresiasi adalah kita bisa memanfaatkan TWRP untuk menginstall Custom ROM ataupun menghapus data-data file system secara cepat atau secara singkatnya menghapus semua file yang ada di perangkat tersebut.
Hampir semua jenis ataupun merk Smartphone Android support untuk menginstall TWRP termasuk pada Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G kita bisa mengisntallnya pada smartphone tersebut. Denagn dibekali dengan layar berukuran 540 x 960 serta sudah mendukung jaringan tercepat di Indonesia saat ini yaitu 4G LTE.
Untuk dapat ROOT dan juga install TWRP pada Samsung J2 Prime SM-G532G kita membutuhkan pihak ketiga sebagai pembantu yaitu sebuah PC ataupun Laptop, dan buat kamu pengguna smartphone Samsung J2 yang saya sebutkan tersebut bisa simak penjelasan lengkapnya serta bagaima cara atau tahap-tahapnya silahkan simak dibawah ini.

Hal Penting Terjadi Andai Terjadi ke Gagalan ROOT dan Install TWRP Pada Samsung J2 Prime SM-G532G

Sebelum teman-teman mau mencoba tutorial tahap-tahap penginstallan TWRP serta ROOT ada baiknya kita lihat dulu hal penting yang akan terjadi apabila kegagaln terjadi pada saat installasi TWRP diantaranya:
  1. Bisa terjadi Bootlop.
  2. Garansi  resmi hilang.
  3. Stuck di Logo.
  4. Data di Local Storage hilang.
Nah itu dia mungkin ada 4 atau bahkan bisa jadi lebih resiko-resiko yang bisa kamu alami andai kegagalan terjadi.

Persiapan Sebelum Cara ROOT dan install TWRP di Samsung J2 Prime SM-G532G

Buat yang siap dan menerima resiko yang akan terjadi kita bisa lanjutkan melakukan persiapan-persiapan yang perlu kita lakukan untuk eksekusi ini seperti:
  1. Siapkan sebuah PC atau Laptop.
  2. Harus mempunyai kuota untuk download bahan-bahan.
  3. Sediakan USB atau Kabel Data.
  4. Siapkan hp Samsung J2 Prime SM-G532G yang akan kamu ROOT dan Install TWRP.

Bahan-Bahan Yang Perlu di Download untuk ROOT dan install TWRP di Samsung J2 Prime SM-G532G

  1. Twrp 3.1.0.1, langsung saja kita bisa download disini
  2. Odin3_v3.10.7, berguna untuk pihak ketiga untuk melakukan ROOT dan install TWRP download disini.
  3. SuperSu_v2.82, aplikasi bertugas untuk melakukan ROOT download disini.
  4. Samsung USB Driver, file installasi untuk dapat mendeteksi usb download disni.

Tahap-Tahap Cara ROOT dan install TWRP di Samsung J2 Prime SM-G532G

Jika kamu menyetujui segala konsekuensi yang saya sebutkan diatas sebelumnya kita tinggal lakukan eksekusi saja, dan berikut ini tahap-tahap eksekusi Cara ROOT dan install TWRP di Samsung J2 Prime SM-G532G.
  1. Tahap pertama kita pindahkan SuperSu_v2.82.zip kedalam memori eksternal/SdCaed ponsel kamu.
  2. Lalu langsung saja Extract Samsung USB driver menggunakan WinRAR, dan install pada PC atau laptop yang telah disesiakan.
  3. Tak lupa Extract odin3_v3.10.7 juga lalu install dan jalankan odin3_v3.10.7.exe pada PC atau laptop kamu ya.
  4. Di pengaturan kamu Aktifkan USB debugging dan OEM unlock pada Samsung J2 Prime SM-G532G, caranya tinggal masuk pengaturan –> pilihan pengembang, apabila tidak menemukan menu pilihan pengembang dalam menu pengaturan, silahkan anda masuk pengaturan –> tentang ponsel –> tap sebanyak 7x pada build number atau nomor bentukan kemudian kembali ke menu awal pengaturan dan lihat di pengaturan paling bawah sendiri akan muncul seharusnya.
  5. Apabila sudah, silahkan anda matikan Samsung J2 prime tersebut, lalu hidupkan lagi dengan cara tekan tombol Home + Volume Bawah + Power secara bersamaan, maka muncul sebuah pertanyaan dan tinggal tekan volume atas saja satu kali
  6. Lalu selanjutnya sambungkan Samsung J2 prime tersebut ke PC atau laptop menggunakan kabel data USB, nah jika driver (bahan no 4) sudah terinstall dengan benar, akan muncul tampilan seperti ini pada Odin.
  7. Pada tahap no 7 ini kita klik saja tombol AP pada Odin, lalu arahkan ke file TWRP custom recovery yang sudah anda download tadi
  8. Selanjutnya masih pada software Odin klik menu options, dan uncek auto reboot, silahkan amati gambar dibawah ini saja bila kurang jelasn.
  9. Untuk memulai install TWRP custom recovery tinggal klik saja START dan tunggu proses tesebut selesai.
  10. Untuk tahap installasi TWRP kita sudah selesai, lalu untuk cara ROOTnya simak tahap selanjutnya.
  11. Kita unplug atau cabut kabel data USB saja dari PC atau laptop dan langsung cabut saja baterai Samsung J2 prime.
  12. Selanjutnya hidupkan Samsung J2 prime anda dengan cara menekan tombol Home + Volume Bawah + Power secara bersamaan jangan di lepas, apabila sudah getar pindah Volume Bawah ke Volume atas secara cepat dengan tetap menekan Tombol Home dan Power, ini hanya untuk pertama kalinya masuk TWRP, ingat,apabila tahap ini gagal kamu harus mengulanginya lagi dari awal lagi, jika ini berhasil, untuk masuk TWRP berikutnya sudah normal seperti biasa nanti kamu tinggal tekan Tombol Home + Volume Atas + Power saja.
  13. Jika sudah berhasil masuk ke TWRP tinggal Sweep allow to modified.
  14. Pilih Install –> Up level –> External_SD –> Tinggal arahkan atau cari saja file SuperSu_v2.82.zip lalu install dan tunggu proses ini selesai.
  15. Jika sudah selesai menginstall SuperSU tinggal Reboot system saja di TWRP.
  16. Maka Samsung J2 Prime SM-G532G akan menyala kembali ke home screen, apabila kamu melihat ada aplikasi SuperSU,  artinya Samsung J2 prime SM-G532G anda sudah berhasil di root.
Dan itulah dia Cara ROOT dan install TWRP di Samsung J2 Prime SM-G532G, semoga bermanfaat dan bagi yang mau memperaktekanya silahkan saja dan jangan sampai lupa point-point penting yang saya sebutkan diatas serta dengan bik-baik ya.
Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan – bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik