Cara Membuat Custom Dialog Box Programmatically di Android Studio

Cara Membuat Custom Dialog Box Programmatically di Android Studio

Dialog merupakan sebuah fitur tambahan yang cukup penting padsa sebuah aplikasi Android, berguna sebagai salah satu memberikan pesan peringatan ataupun bisa juga pada jaman sekarang sudah mulai digunakan untuk sebuah Form Login untuk sebuah user.
Pembuatan Dialog tersebut pada umumnya hanya menampilkan tampilan yang simple dan terkadang mungkin tidak menarik untuk kita lihat, dan yang paling kita sering digunakan untuk melaukan penghapusan data atau file untuk sebuah konfirmasi penghapusan tersebut.
Nah bagaimana kita mengubah tampilan Dialog tersebut menjadi lebih cantik dan lebih enak jika kita lihat seperti menambahkan animasi ataupun juga hal lainya?, caranya kita bisa menggunakan Custom melakukan pemanggilan activity layout sendiri tetapi juga hal terseut bisa membuat aplikasi kita akan tampak lebih berat karena banyak file yang harus dibuat serta size atau ukuran aplikasi nantinya juga akan membesar.
Lalu bagaima ya jika kita ingin membuat Diaglog Box yang menarik dan aplikasi nanti yang kita buat nanti tidak akan besar?, solusinya adalah kita bisa menggunakan pembuatan tersebut dengan codingan atau secara Programmatically, lah emang bisa?, tentu saja bisa hal ini di bolehkan tentunya oleh Android Studio sendiri dan mungkin maksud di boleh kanya juga adalah dengan tujuan hal tersebut.
Ok dah langsung saja buat teman-teman yang merasa saat ini sedang berlajar Android Studio dan ingin mencoba atau memperaktekan Cara Membuat Custom Dialog Box secara Programmatically untuk lebih jelas dan lengkapnya kamu bisa langsung saja simak dibawah ini ya.
  1. Hal utama teman-teman bisa lakukan adalah silhakan membuat projek baru saja khusus untuk memperaktekan trik ini apakah berhasil atau tidak. Silahkan beri nama projek tersebut terserah teman-teman atau juga bisa memberi namanya Custom Dialog Box Programmatically.
  2. Lalu kita membutuhkan sebuah Button untuk menampilkan sebuah Dialog tersebut agar bisa tampil, jadi pada saat kita tap Button nantinya Dialog tersebut akan muncul dan menampilkan seebuah pesan, maka codingan XML pada file Main Activity seperti dibawah ini.

    activity_main.xml

  3. Selanjutnya kita melanjutkan pada file javanya, atau file tersebut biasanya bernama MainActivity.java dan kita berikan sebuah codingan atau method show Dialog seperti ini.

    Method tersebut sudah berisi codingan bagaiman kita membuat sebuah Button dan juga sebuah pesan dengan menggunak TextView dan penempatanya juga sudah diatur. Jika teman-teman kurang mengerti pada codingan tersebut silahkan bisa perhatikan saja seperti codingan TextView title = new TextView(this); merupakan pembuatan TextView.

  4. Dan untuk pemanggilan methodnya (tahap no 3) nanti kita tinggal panggil saja methodnya dengan cukup ketikan openDialog(); tepatnya di bagian onClickListerner pada sebuah Button. Atau untuk lebih jelasnya seperti ini action pada sebuah Button.

Bagamana pusing?, wajarlah biasa dalam belajar untuk lebih jelasnya bagaimana kita tampilan atau codingan lengkap dari file Javanya sendiri silahkan kamu bisa langsung saja cek dibawah ini tinggal di copas saja dan jangan sampai lupa juga samakan packnamenya dengan projek kamu tersebut.
MainActivity.java

Buat teman-teman yang merasa bingung dalam memperaktekan tutorial ini silahkan berkomentar untuk bertanya dan jangan sungkan sementara yang mendapatkan pesan Error pada codinganya jangan sungkan juga untuk bertanya pada kolom komentar, saya admin belajarngulik akan mencoba membatu sebisa mungkin karena kita sama-sama belajar.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan – bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.