Cara Parsing JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio

 Cara Parsing JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio

Hallo pada kali ini saya akan berbagi nih guys bagaimana kita akan belajar bahasa programming sekedar berbagi pengetahuan dikitlah soalnya jaman sekarang memang dunia program banyak peminatnya sih dna tak lupa juga untuk sebagai catatan serta berbagi ilmu dikit pada teman-teman pembaca blog belajarngulik lah.
Dan pada kali ini saya akan membahas mengenai JSON mungkin secara singkatnya JSON itu seperti kumpulan data yang dibuat dari bahasa programman Web secara backend, JSON ada bebera jenis ada  di dalamnya seperti Array, Object, Boolean dan String. Kita tidak akan membhasa menjurus ke JSON tapi kita akan membahas bagaimana kita bisa Parsing JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio sehingga menjadikan atau menampilkan ke sebuah String di Android Studio sendiri.
Untuk tutorial kali ini saya akan kasih contoh simple sekali atau mudah sekali untuk bahan pembelajaran dan untuk URL sendiri kita akan menggunakan yang ada aja dulu agar lebih mudah paham kita ambil dari Github sebagai contohnya.
Dan baiklah langsung saja kita langsung ke bagian utama bagaimana Cara Parsing JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio dengan mudah dan simple langsung saja simapk penjelasanya dibawah ini.
  1. Tahap pertama kita buka software ke sayangan kita yaitu Android Studio dulu lalu buat file terserah teman-teman dengan nama apa saja (apabila belum tau silahkan cek di bagian Cara Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio).
  2. Lalu di bagian build.gradle (Module: app) kita tambahkan library Volley sendiri dengan menambahkan compile ‘com.android.volley:volley:1.1.0’ :
  3. Lalu langsung saja ke file Manifest.xml dan tambahkan <uses-permission android:name=”android.permission.INTERNET” /> contoh seperti dibawah ini:
  4. Setelah itu buka browser dan ketika Url Addres https://api.github.com/search/users?q=eyehunt dan akan muncul tampilan json seperti gambar dibawah ini:

  5. Untuk sebagai contohnya sendiri kita akan mengambil value atau isi dari object login yaitu “EyeHunts” maka di bagian MainActivity.java masukan codingan seperti di bawah ini:
  6. Dan langsung saja  konekan ke Hp dan Run Android Studio kamu dan jika aplikasi terinstall di logchat ketikan getString seperti pada gambar diabaah ini.
    Di bagian aplikasi pertamakali run akan muncul sebuah progressbar untuk melakukan eksekusi dan akan menghilang bila prosesnya tersebebut selesai dan jika di lihat apa bila sukses logchat sendiri akan menampilkan value dari login berupa string “EyeHunts” dan seusai yan kita targetkan pada tahap no 5 sendiri.

Dan itulah contohnya untuk mendapatkan nilai atau value dari string login sendiri dan di tampilakn menggunkan Log.i ke dalama logchat teman-teman bisa implementasikan ke textView bila ingin ditampilkan ke layout sendiri atau terserah.
Itulah simple dasar sekali penjelasan kita pada pembahasan mengenai Cara Parsing JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio semoga bermanfaat dan buat teman-teman yang mau memperaktekanya silahkan saja dan saya doakan smeoga sukses dan berhasil dan cukup sekian dari saya salam ngulik.