Cara Tracking Aplikasi Android dengan Firebase

Cara Tracking Aplikasi Android dengan Firebase

Hallo guys kembali lagi nih dengan saya admin belajar ngulik yang saat ini agak sibuk dengan masalah pribadi ada beberapa hal yang perlu saya selesaikan dan pada kali ini saya admib belajarngulik mau bahas nih tentang sebuah bagaimana cara kita bisa tracking aplikasi Android menggunakan Firebase, emang bisa? tentu saja bisa loh teman-teman.
Nah maksud dari tracking aplikasi ini ialaha bagaimana kita bisa melakukan lacak berapa jumlah pengguna atau user dari aplikasi yang telah kita buat pada android studio lalu kita menintegrasikan menggunakan Firebase agar kita bisa melakukan tracking dari mulai user menggunakan aplikasi tersebut berapa lama rata-ratanya hingga pengguna pertiga puluh menitnya.
Dan tentunya artikel ini sangat bermanfaat sekali atau juga dapat membantu teman-teman jika ingin belajar Android Studio atau juga mungkin teman-teman pada developer Android yang sedang mengingerasikan ke Firebase sendiri, nah dari pada penasaran dengan pembahasan ini mungkin ada baiknya mari kita langsung ke tahap-tahapnya silahkan simak dibawah ini.
  1. Yang pertama tentunya kita buat project dlu atau mungkin project lanjutan silahkan juga ya.. (Bisa juga baca di Cara Membuat Aplikasi Android dengana Android Studio).
  2. Kita tambahkan library firebasnya dulu kita masukan implementation pada bagian build.gradle (Module: app).

    Hingga seperti itu mungkin guys sementara itu tak lupa juga untuk bagian build.gradle (Project: projectNamae) juga tambahkan classpath ‘com.google.gms:google-services:4.0.1’ seperti dibawah ini

     lalu jika sudah di ubah silahkan klik tulisan Sync Now yang ada di pojok kanan atas.

  3. Lalu kita kunjugi alamat resmi firebase kilik disini, lalu pilih Buka Console di pojok kanan atas, nah disitu jika belum Login Gmail maka akan disuruh login gmail jika belum maka silahkan Login dlu ya.
  4. Usai itu akan akan pilihan membuat Tambah Project silahkan saja klik disitu.
  5. Lalu akan disuruh memasukan nama projectnya, silahkan sesuai kamu yang diinginkan bisa nama kamu nama aplikasi asal jangan nama mantan aja nanti ke inget-inget lagih haha…saya kasih contoh dibawah ini dengan nama example.
    Setelah itu akan langusng ke tahap 2 langsung saja klik Lanjutkan, nah untu tahap ke 3 dalam firebase sendiri kita di harapkan memasukan nama Konfigurasi Google Analytics sendiri karena kita disini memanfaatkan Konfigurasi Google Analytics untuk tracking aplikasi silahkan kasih juga nama sesuai keinginan kamu saja.

    Lalu klim tombol simpan bewarna biru dan klik lagi Buat Project.

  6. Nah pada tahap selanjutnya konfirmasi bagaiman kita mematuhi segala peraturan firebase serta pilih Lokasi Analytic tersebut jika kita di Indonesia maka pilih saja Indonesia saja ya., intinya seperti pada gambar dibawah lalu klik saja langsung Buat Project, dan tunggu beberapa saat akan dibuatkan, lalu klik lanjutkan.

  7. Jika berhasil kita akan masuk ke dalam Firebase kita langsung saja pilih icon Android untuk menambahkanya, seperti pada gambar dibawah ini saya tunjuk warna merah.
  8. Selanjutkan akan kemabli memasukan packname, nama aplikasi serta kode SHA-1 yang ada pada project Android Studio.

    Nah apabila kamu belum tau atau paham silahkan kembali ke Android Studio untuk mendapatkan packname lihat di bagian build.gradle (Module: app) dan untuk SHA-1 silahhkan klik Gradle dibagian pojok kanan lalu pilih nama project –> Task –> Android –> signingRepot dan log akan memunculkan kode SHA-1 tinggal scroll aja keatas seperti pada gambar dibawah ini.

    Bisa kamu langsung saja bagian- yang saya tandai warna merah copas ke kolom yang di perlukan jika nama aplikasi kasih saja nama aplikasi yang akan kita buat dan kilik Daftarkan aplikasi apabila sudah di isi semua.

  9. Selanjutnya kita akan disuruh download JSON silahkan saja download klik tombol download google-service.json bewarna biru diatas.
  10. Andai sudah download kita copy saja file yang di download tersebut dan copykan di bagian Project–>app seperi pada gambar dibawah ini, peletakan filenya tersebut harus tepat dan tidak boleh di simpan d sembarangan ya guys.
    Kembali ke browser lalu klik Berikutnya, dan akan muncul perintah untuk mengatur Gradle kita skip saja bisa ini karena kita sudah menambahkanya pada tahap awal maka klik saja berikutnya.

  11. Lalu install atau run aplikasi di hp Android  tunggu beberapa saat browser akan merespon atau firebase akan merespon seperti ini jika kita berhasil mengintegrasikan aplikasi kita.
    Lalu lanjutkan ke Console dan pilih Dashboard pada bagian menu sebelah kiri, jika berhasil sukses tampilan akan seperti dan kita bisa lihat semua berjalan lancar user 1 disna terlihat bahwa kita baru saja menginstall.

Dan itulah dia hasil running codingan diatas ke hp saya dan berhasil 100%, baut teman-teman yang mau memperaktekan silahkan saja coba dan jangan ragu saya juga berhasil bila teman-teman kebingungan atau ada masalah silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar atau hubungi via fp blog ini. Itulah simple dasar sekali penjelasan kita pada pembahasan mengenai Cara Tracking Aplikasi Android dengan Firebase, cukup sekian dari saya salam ngulik.