Cara Mengirim Push Notifikasi Android dengan REST API Firebase

Cara Mengirim Push Notifikasi Android dengan REST API Firebase

Hallo guys selamat hari senin dan semoga bahagia pada kali ini saya admin belajarngulik mau bahas nih tentang Programming untuk oprekan Android yang saya sukai tentunya, untuk pecinta dunia programming, code atau coding-codingan tentunya hal ini sangat di cintai atau di sukai khususnya pemegroraman Andorid.
Dan pada kali ini nampak seperti di judul artikel ini kita akan membahas mengenai sebuah notifikasi atau notification dalam bahasa inggrisnya, notifikasi secara singkatnya mungkin sebuah pemberitahuan pada sebuah device si pengguna. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang bagus sekali untuk keunggulan dari sebuah fitur tersebut khususnya banyak sekali aplikasi Android yang sudah menyediakan atau memasukan fitur tersebut kepada pengguna.
Okeh langsung saja deh gak harus panjang lebih lebar lantur sana sini langsung aja kepembahasan utamanya notifkasi buat yang udah perbah bikin mungkin biasanya mengirim notifikasi lewat akun firebase seperti yang di bahas pada artikel ini Cara Membuat Push Notification Message di Android  yang ribetnya harus login dulu tentunya agar bisa melukan push notifikasi.
Tapi bagaimana apa bisa kita mengirim notifikasi tanpa harus login ke akun firebase kita?. Tentunya bisa, dengan adanya API hal tersebut tentunya bisa menjadi kenyataan tanpa sim salabim. Dengan memenafaatkan REST API yang sudah di sediakan Firebase kita bisa melakukanya dengan mudah cukup melakukan perintah POST pada API Firebase.
Untuk melakukan petintah POST atau mengirim notifikasi kita bisa melakukan hal tersebut menggunakan Tool tambahan atau aplikasi di PC atau Laptop berupa Postman (Apa itu Postman?, nanti kita bahas di artikel lainya) atau dengan hal lainya seperti bahasa pemegroraman PHP untuk melakukan perintah POST pada REST API Firebase.
Pembahasan disini sebenarnya sudah terpapar jelas di documentasi firebase sendiri klik disini untuk melihatnya. Tetapi secara singkat padat dan jelas mungkin teman-teman masih kebingungan dengan dokumentasi tersebut tapi keukeuh pengen belajar dan mari kita belajar disini.
Untuk melakukan perintah POST kita perlu link atau alamat REST API Firebase dulu yaitu   
https://fcm.googleapis.com/fcm/send nah jika sudah mengetahui alamat untuk POST-nya kita lakukan codingan berupa array hal tersebut tentunya menjadi pusing dan juwet hehe… namun dengan adanya Postman kita akan dipermudah dengan maksud dari alur tersebut.
Oke hal yang dilakukan ialah silahkan kamu download dan install dulu Postman lalu lakukan pengisian box pada Postman seperti pada gambar dibawah ini methodnya gunakan POST dan untuk bagian Header.
Nah untuk bagian key untuk maksudnya adalah key dari Firebase Cloud Message teman masing masing  dan biasanya tiap project yg dibuat dari Firebase akan dikasih key server yang nantinya bisa digunakan untuk hal ini ataupun lainya.

Lalu untuk bagian Body hal yang paling penting ini merupakan berupa sebuah data atau atau String obejct gitulah yang akan di tangkap oleh Android dan dikonversikan menjadi sebuah Notifikasi (dengan cara trigger), dan ini yang saya maksud data yang dikirim ke REST API Firebase harus berupa JSON Array terlebih dahulu agar bisa dibaca oleh server Firebase, seperti pada gambar dibawah ini.

Dengan type POST JSON Arrray tersebut kita wajib melakukan perintah subscribe pada codingan Android tapi teman-teman bisa juga melakukan akan melakukan tak harus berbentuk topic bisa juga mengirim notifikasi ke single device dengan Array seperti ini.

Untuk token device bisa mendapatkanya di Android, jiak sudah melakuaknya silahkan klik saja send maka secara otomatis seharusnya hp atau device Android mendapatkan notifikasi yang telah kamu kirim dari Postman.

Dan itulah mengenai  Cara Mengirim Push Notifikasi Android dengan REST API Firebase, dan teman-teman bisa konversikan menjadi apa saja termasuk ke codingan PHP atau lainya. Untuk lain waktu mungkin saya coba konversikan ke bahasa pemegroraman lain selain menggunakan Postman.

Dan mohon maaf penjelasan artikel menegnai push notifikasi dengan rest api ini begitu singkat dan kurang jelas, saya lebih suka ada yang bertanya dari pada harus menjelaskan, dan jika teman-teman mengalamai masalah atau error silahkan bertanya saja d kolom komentar atau silahkan tanya ke fans page halaman resmi  Belajar ngulik dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.


Sumber:

  1. https://developer.android.com/guide/topics/ui/notifiers/notifications
  2. https://www.androidhive.info/2012/10/android-push-notifications-using-google-cloud-messaging-gcm-php-and-mysql/
  3. https://www.youtube.com/watch?v=82uwhCj3zuI
  4. https://android.jlelse.eu/android-push-notification-using-firebase-and-advanced-rest-client-3858daff2f50