10 Cara Ambil Video Dengan Android Supaya Tidak Buram

Di era teknologi yang serba canggih ini, semua harus dilakukan dengan cepat dan akurat. Hadirnya ponsel pintar seperti Android, turut berkontribusi untuk memudahkan segala aktivitas harian kita. Salah satunya untuk dokumentasi berupa video, kini kamu tidak harus menyewa jasa video shooting. Handphone android di tanganmu pun dapat digunakan untuk merekam video berkualitas tinggi, jika kamu tahu caranya.

10 Cara Ambil Video Dengan Android Supaya Tidak Buram


Kamera android pada umumnya memiliki resolusi yang cukup tinggi, sehingga bukan mustahil mampu digunakan untuk menangkap gambar atau video dengan kualitas yang bagus. Lihat saja spesifikasi kamera android yang kamu punya. Berapa ukuran piksel yang tertera? Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kamera pada ponsel biasa, bukan?

Kualitas kamera pada smartphone, setiap waktu makin ditingkatkan. Persaingan produsen gadget untuk mengeluarkan produk terbaru pun tidak bisa dicegah. Salah satu keuntungan yang kamu dapat adalah ponsel pintar dengan kamera beresolusi tinggi.

Tapi, untuk mengambil video dengan kamera android, ada beberapa tips yang harus kamu terapkan. Sehingga video yang terekam tidaklah asal-asalan, atau buram.

10 Cara Ambil Video Dengan Android Supaya Tidak Buram


Meskipun kamu punya ponsel android dengan kamera bagus, tanpa mengetahui cara merekam video yang benar, maka video yang diambil pun hasilnya kurang maksimal. Nah, berikut ini adalah tips mengambil video dengan kamera android untuk hasil terbaik:

1. Pegang ponsel dengan kedua tangan

Menjepret foto maupun ambil video menggunakan satu tangan, tidak akan menghasilkan rekaman video yang berkualitas. Kenapa? Pasalnya, fokus obyek menjadi tidak stabil dan bergetar.

Dengan menggunakan kedua tanganmu, video yang terekam lebih fokus. Sehingga hasilnya pun lembut dan bagus.

2. Pastikan lensa kamera tidak kotor

Berapa kali jari tanganmu menyentuh kamera ponsel tanpa sengaja? Tanpa sadar, kita sering menyentuh lensa kamera dengan tangan yang berminyak. Jika kamu mengambil video dalam keadaan kamera seperti ini, tentu saja hasilnya pun sangat buruk.

Bersihkan lensa kamera secara berkala, sebaiknya setiap hari. Gunakan cairan pembersih kaca, kemudian usap menggunakan kain yang lembut. Lakukan perawatan smartphone ini dengan rutin.

3. Jangan halangi microphone

Seringkali saya melihat pengguna Android yang mengambil video dengan posisi tangan yang menutupi lingkaran microphone. Jika kamu salah satu dari mereka, hentikan kebiasaan tersebut. Microphone yang tertutup tidak mampu menerima gelombang suara di sekitarmu, tentu saja hasil rekaman video akan menurun.

4. Jangan berpindah-pindah tempat

Tidak masalah kamu berpindah ke tempat lain, asalkan kecerahan cahaya tidak jauh berbeda. Jika kamu pindah ke tempat lain yang sangat redup atau sebaliknya dari posisimu, maka contras balance menjadi kacau. Hasil rekaman video dengan cara ini biasanya muncul bayangan putih seperti siluet.

5. Posisikan ponsel secara horizontal

Pengambilan video secara horizontal lebih dapat menjangkau semua obyek yang akan direkam. Hindari merekam gambar atau video dalam mode portrait, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang bagus. Pilih saja mode landscape.

Trik Mengambil Video Berkualitas di Android


6. Jangan gunakan fitur zoom

Zoom pada object akan menimbulkan efek pecah-pecah pada video yang direkam dengan smartphone. Hindari menggunakan fitur ini, untuk mendapatkan rekaman video yang bagus.

7. Cari tempat dengan tingkat kecerahan cahaya yang sama

Jika kamu merekam video dengan kontras cahaya terlalu tinggi, maka rekaman video yang bagus akan sulit didapatkan. Kamera di ponselmu akan mengatur cahaya alami dan cahaya buatan dengan kontras yang tinggi. Akan lebih bagus, jika kamu mencari obyek dengan cahaya yang tidak terlalu kontras.

8. Bergerak dengan ritme

Jika kamu harus mengambil video dengan berpindah-pindah tempat, melangkahlah dengan perlahan dan tenang. Hindari bergerak dengan cepat, seperti melompat atau naik turun tangga.

9. Pastikan ruang memori masih lapang

Sebisa mungkin, kosongkan memori di smartphone. Makin sedikit ruang yang digunakan pada MicroSd, maka rekaman video pun makin berkualitas. Fitur 4 K video membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Tentunya kamu tidak ingin hasil rekaman video yang kamu buat seperti putus-putus, bukan?

Jadi, pindahkan file-file penting dalam SdCard ke media penyimpanan lain, seperti hardisk di komputer atau laptop.

10. Jangan sia-siakan fitur HDR

Jika kamu punya ponsel pintar yang memiliki fitur HDR, maka kontras cahaya pada video lebih bagus daripada menggunakan mode standart. Fitur HDR (high-dynamic-range) sangat cocok digunakan di luar ruangan, karena punya rentang kontras yang dinamis.

Nah, itulah 10 cara ambil video dengan kamera android supaya hasilnya tidak pecah-pecah. Setelah membaca artikel ini, semoga rekaman video melalui ponselmu lebih bagus dan berkualitas. Mungkin berguna bagimu: Cara Atasi MicroSd Error Tidak Bisa Diformat