13 Tips Memilih Hape Android Bekas Yang Masih Bagus

Meskipun ponsel android yang dijual di pasaran tergolong murah dibandingkan ponsel pintar lainnya, tetap saja pembeli menginginkan harga yang paling murah. Hal ini adalah wajar, mengingat tingkat perekonomian masyarakat kita tidaklah sama.

Tidak masalah untuk membeli hape android bekas atau second. Jika smartphone dengan merk tertentu punya harga baru sekitar 5 jutaan, maka harga bekas hape tersebut mungkin hanya berkisar 3 jutaan saja. Tentunya situasi ini sangat menguntungkan bagi para peminat smartphone berkelas, benar bukan?

Pembeli kadang menemukan harga ponsel android yang sangat murah. Kapan hal itu terjadi? Biasanya ada teman yang sedang butuh duit dengan segera, sehingga ia menjual smartphone kesayangannya.

Meski begitu, jangan mudah tergoda untuk beli hape bekas yang murah. Pastikan kualitas HP yang anda beli, tidak jauh berkurang dari kondisi saat masih baru. Bijak dalam memilih ponsel bekas akan mencegah anda dari kecewa di kemudian harinya.

13 Tips Memilih Hape Android Bekas Yang Masih Bagus

Sebelum anda memutuskan untuk membeli smartphone bekas, pastikan kualitasnya bagus. Smartphone yang berkualitas, tentunya lebih awet dan tidak mudah rusak. Nah, sebelum anda membeli hape android second, ikuti tips di bawah ini:

1. Gunakan harga pasaran sebagai patokan

Sebelum anda beli hape bekas, ketahui spesifikasi smartphone android yang diincar. Anda dapat mengetahui spesifikasi dan harga tiap merk, dengan melihatnya di majalah ponsel. Cara yang lebih mudah, silahkan browsing di internet.

Bandingkan harga pasaran dengan harga yang ditawarkan oleh penjual hape second tersebut. Dengan begitu, anda tidak akan menyesal di kemudian hari gara-gara beli hape kemahalan. Tapi, harga pasar hanyalah patokan saja. Mungkin ponsel yang akan dibeli lebih buruk kondisinya, sehingga harganya pun lebih murah pastinya.

2. Cek Body smartphone

Sebenarnya hal ini tidak berbeda dengan produk bekas lainnya. Hape android yang masih bagus banyak diukur dari kondisi fisiknya. Perhatikan body ponsel yang akan dibeli, apakah banyak goresan dan retak? Tapi terserah, jika hal itu tidak masalah bagi anda. Cermati juga layar smartphone, apakah fitur touchscreen masih berfungsi dengan baik?

3. Tanyakan garansi kepada penjual

Tanyakan kepada penjual, masa pakai ponsel second. Mungkin smartphone bekas tersebut masih dalam masa garansi, atau tidak. Jika garansi pabrik dan toko habis, mintalah garansi langsung kepada penjual hape bekas tersebut. Jika penjual enggan untuk memberikan garansi, anda bisa melakukan nego harga lebih murah.

4. Lihat kekuatan sinyal telepon dan internet

Jaringan seluler yang tersedia saat ini seperti 3G (Hsdpa), Wcdma, dan 4G Lite. Lihat, apakah ponsel bekas yang akan dibeli sudah mendukung semua jaringan tersebut. Periksa juga sinyal yang didapatkan oleh smartphone second tersebut. Sinyal yang tidak bermasalah, dapat digunakan untuk kirim sms, melakukan panggilan, dan browsing via internet. Sinyal bermasalah biasanya disebabkan oleh kerusakan pada IC smartphone.

5. Periksa segel

Sebelum beli hape android bekas, cek apakah segelnya masih ada? Perhatikan, apakah segel yang nempel di bawah baterai tidak berubah. Ponsel yang sudah pernah diservis biasanya segelnya diganti. Buka casing, lihat apakah komponen di dalamnya tidak ada perubahan. Mungkin bautnya hilang, atau ada bekas solderan.

Teknisi ponsel menyarankan untuk mencium aroma komponen dalam ponsel. Jika baunya seperti hangus, kemungkinan besar smartphone pernah diperbaiki.

6. Lihat settingan pada Rom

Ponsel android yang asli dan bagus tidaklah mengubah settingan pabrik pada ROM. Jika cutom rom diganti, silahkan anda menawar hape bekas dengan harga rendah.

7. Cek kelengkapan smartphone bekas

Mungkin bagi banyak pengguna smartphone, kelengkapan produk tidaklah terlalu penting. Namun, pastinya tidak asing di telinga anda mendengar pertanyaan orang tentang komplit tidaknya hape bekas yang akan dibeli. Produk yang asli selalu dilengkapi dengan buku panduan (dos book), kabel usb, charger, dan lainnya.

8. Pastikan keaslian hape android

Untuk membedakan ponsel original dengan smatphone tiruan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Baca tulisan yang tertera pada body ponsel, buatan mana ponsel tersebut. Apakah sesuai dengan kenyataannya?

9. Perhatikan spesifikasi android bekas

Sekali lagi, silahkan browsing di internet untuk mengetahui spesifikasi ponsel android yang diidam-idamkan. Pertimbangkan versi android yang digunakan pada smartphone bekas tersebut, serta kapasitas RAM, kualitas kamera, jenis koneksi yang dapat digunakan, CPU, layar, dll. Pastikan spesifikasi android sesuai dengan keinginan anda.

10. Periksa kondisi baterai

Ada dua jenis baterai yang digunakan pada smartphone android, yaitu built in dan removable. Perhatikan koondisinya, apakah masih bagus ataukah menggembung. Baterai original tentunya lebih awet dan tidak mudah rusak.

11. Cek Nomor IMEI

Hape android yang original memiliki nomer IMEI yang tertera pada body ponsel, dimana nomer ini sesuai dengan dosbook maupun pada sistem android itu sendiri. Caranya mudah, tekan tombol *#06# dan lihat apakah muncul nomor IMEI yang cocok.

12. Cek beberapa fitur penting pada android

Untuk mengetahui apakah ponsel android masih bagus atau tidak, lakukan beberapa tes ringan. Periksa kualitas microphone, speaker, layar sentuh, dan fitur penting lainnya. Berikut ini beberapa kode penting pada android:

*#*#0*#*#* Kode rahasia yang berfungsi untuk menguji LCD.
*#2664# Kode pada android yang berguna untuk tes layar, apakah bermasalah atau normal.
*#0673# Kode yang berguna untuk tes speaker.
Kode penting lainnya dapat dipelajari pada artikel: 34 Kode Rahasia Android Yang Perlu anda tahu!

13. Hindari harga yang terlalu murah

Jangan tergiur dengan ponsel bekas yang sangat murah harganya. Mungkin saja banyak minus atau kekurangan di sana-sini. Jika alasan penjual adalah butuh uang yang mendesak, maka pastikan anda cek kondisi smartphone dengan teliti.

Nah itulah 13 tips membeli hape android bekas yang bagus. Setelah membaca artikel ini, anda seharusnya tidak salah pilih saat membeli ponsel android yang bekas. Pelajari juga: 9 Cara Mengetik Cepat di Layar Android