2 Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi

Untuk apakah ponsel android di tanganmu? Untuk mengambil foto menggunakan kamera smartphone, kemudian diunggah ke facebook atau instagram? Atau mungkin kamu sering ngumpul bareng teman-teman sambil internetan? Android merupakan O.S pada ponsel, yang mampu melakukan berbagai fungsi. Salah satunya sebagai modem WiFi untuk koneksi internet.

2 Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi


Meskipun kini beredar modem WiFi portable di berbagai tempat penjualan smartphone maupun toko komputer, tapi banyak orang ingin menggunakan ponselnya untuk koneksi internet via WiFi. Kamu pun bisa internetan rame-rame via WiFi yang dipancarkan dari sebuah ponsel pintar.

Keuntungan modem WiFi menggunakan android adalah fleksibel. Kamu mungkin tidak untuk selalu membawa modem portable kemana kamu pergi, tapi smartphone sangat jarang ketinggalan di rumah. Benar bukan?

2 Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi


Dengan membuat modem WiFi menggunakan ponsel android, maka kamu dapat gunakan sebagai media bagi ponsel lain atau laptop untuk terhubung ke jaringan internet. Ikuti langkah-langkah berikut ini, untuk menggunakan smartphone sebagai modem WiFi:

Cara pertama

Cara membuat modem portable via Hotspot WiFi di android. Caranya sangat mudah. Bahkan, bagi pengguna android yang tergolong baru pun dapat melakukannya tanpa kesulitan.

Cukup dengan mengaktifkan fitur hotspot wifi yang disediakan pada menu pengaturan di ponsel android.

Caranya, silahkan buka menu setting – nirkabel dan jaringan – menambatkan dan hotspot portable (Tethering & Hotspot WiFi portable) – beri tanda centang untuk menghidupkan fitur ini.

Jika kamu telah berhasil untuk membuat modem WiFi menggunakan android tapi ingin digunakan untuk koneksi internet di ponsel lain, caranya cukup mudah.

Sentuh pada menu “Siapkan Hotspot Wi-Fi”. Isi SSID jaringan dengan nama koneksi, atau biarkan secara default saja. Untuk keamanan hotspot, silahkan pilih WPA2. Kemudian buat password baru. Pastikan data seluler sudah aktif di ponselmu.

Jika kamu ingin menggunakan hotspot ini untuk browsing via laptop atau komputer, aktifkan WiFi di perangkat tersebut. Tunggu sampai jaringan WiFi terdeteksi oleh komputermu, tekan tombol connect kemudian masukkan password WiFi yang sudah dibuat.

Cara kedua

Jika laptopmu belum dilengkapi dengan WiFi, kamu masih bisa menggunakan Hotspot WiFi portable. Cara membuat android sebagai modem internet dapat dilakukan menggunakan kabel Usb (kabel data).

Pertama, hubungkan smartphone dengan laptop menggunakan kabel data. Install usb driver sesuai merk ponsel android.

Hubungkan HP Android ke komputer atau laptop via USB. Silahkan cari di google, USB driver. Instal supaya android dapat terhubung dengan laptop.

Selanjutnya buka menu setting – lainnya – aktifkan Penambatan USB dan Hotspot wifi portable.

Berikutnya, klik pada ikon sinyal (connection) yang berada di kanan bawah. Jika ponsel android telah terhubung, silahkan tekan tombol “Connect”.

Kamu sudah dapat menggunakan ponsel android sebagai modem internet di komputermu.

Nah, itulah 2 cara menjadikan ponsel android sebagai modem WiFi. Pastikan kamu sudah aktifkan paket data di ponselmu, jika menggunakan android sebagai modem hotspot untuk internetan di komputer.

Data yang diakses lewat komputer jauh lebih besar dibandingkan via ponsel. Browsing via smartphone memakan sedikit kuota internet, pasalnya data sudah dikompres. Jika kamu belum berlangganan salat satu paket internet, jangan kaget jika pulsamu tiba-tiba habis karena berselancar di dunia maya via laptop menggunakan modem portable ini.

Mungkin itu saja tentang modem WiFi menggunakan hape android. Tentunya kalian tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti langkah-langkah di atas, bukan? Pelajari juga: 11 Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android