23 Fitur WhatsApp Terbaru Ini Membuat Chat Makin Seru

Berikut ini adalah fitur – fitur whatsApp versi terbaru yang mungkin belum kamu tahu:

1. Mengubah video menjadi gambar Gif

Bagi kamu yang menggunakan wkatsApp versi terbaru, kamu dapat berkirim pesan berupa gambar bergerak yang berasal dari video yang kamu unggah. Cukup tekan tombol Gif, untuk mengubah video menjadi gambar animasi bergerak.

Penjelasannya: Cara Ubah Video Menjadi Gif Lewat WhatsApp

2. Kirim foto berkualitas

Biasanya, foto atau gambar yang kita kirim ke teman menggunakan whatsapp akan dikompres secara otomatis. Alhasil, resolusi foto menjadi rendah dan kurang bagus. Nah, kamu harus update aplikasi whatsapp pada smartphone-mu. Fitur baru memungkinkan pengguna untuk berkirim foto dengan resolusi tinggi.

3. Status lebih seru di WhatsApp

Jika sebelumnya kamu hanya bisa membuat status berupa tulisan di WhatsApp, kini kamu dapat mengunggah sebuah video ataupun upload foto untuk digunakan sebagai status di WhatsApp.

4. Pin Obrolan

Jika kamu termasuk seseorang yang punya sosialisasi tinggi, pastinya punya banyak teman. Apalagi ada banyak grup whatsApp yang diikuti. Jika kamu tidak sempat baca obrolan di grup satu – persatu, gunakan saja fitur Pin obrolan. Nah, kamu bisa baca pesan tersebut saat punya waktu luang.

5. Video Call

Kini, kamu dapat melakukan video call dengan temanmu yang ada di kontak whatsApp maupun pengguna yang tidak kamu simpan sebagai kontak. Sentuh pada ikon bergambar video.

6. Fitur Verifikasi 2 Langkah

Takut akun whatsApp kamu digunakan oleh orang lain? Jangan khawatir, karena whatsapp kini menambahkan fitur keamanan berupa two-step verification. Jika kamu aktifkan fitur ini, maka akan diperlukan PIN untuk mengakses whatsapp dengan nomor yang kamu gunakan. Hal ini akan berfungsi, saat nomor didaftarkan kembali.

7. Quick Reply

Kalau dulu kamu harus membuka aplikasi whatsapp, untuk membalas pesan yang masuk. Kini ada pop-up yang berisi notifikasi pesan. Kamu dapat membalas chat temanmu yang masuk dengan cepat.

8. Ganti Tema WhatsApp

Bagi kamu yang bosan dengan tema WhatsApp yang lama, kamu bisa menggantinya dengan tema baru yang lebih fresh dan tidak membosankan.

9. Blokir kontak whatsapp

Sering mendapat pesan yang sama sekali ngga penting? Fitur whatsApp terbaru menyediakan menu blokir dan laporan sebagai spam. Sentuh ikon titik tiga pada kontak yang akan diblokir, pilih blokir.

10. Mencadangkan obrolan whatsapp dalam bentuk teks

Ada beberapa obrolan penting di whatsApp yang mungkin harus disimpan sebagai arsip atau catatan. Sebuah pesan penting kadang tidak ingin kita hapus dari puluhan atau ratusan chat yang masuk. Nah, kamu dapat melakukan back up obrolan dalam bentuk teks tulisan.

11. Mencadangkan pesan ke cloud storage

Back up pesan berguna untuk memulihkan pesan whatsapp, jika kamu ingin mengganti smartphone mu. Nah, kini fitur whatsapp memungkinkan bagi kamu untuk mencadangkan pesan – pesan ke dropbox, onedrive, dan lainnya.

12. Fitur data minimum untuk menghemat kuota internet

Untuk lebih menghemat pembelian pulsa internet, salah satunya dengan menekan kuota data yang digunakan untuk melakukan panggilan whatsapp. Nah, gunakan fitur data minimum untuk menghindari pemakaian kuota internet yang boros.

13. Kirim teks miring atau tebal

Kadang pada sebuah kalimat yang kita tulis, ada sebuah kata yang perlu dibuat miring atau tebal. Untuk membuat teks miring, tambahkan simbol _ di awal dan akhir kata atau kalimat. Sedangkan teks tebal dapat dibuat dengan menambahkan simbol * di antara kata atau kalimat yang dimaksud.

14. Tidak menampakkan centang biru

Pesan yang telah dibaca, akan ditandai dengan centang ganda berwarna biru. Kamu dapat menonaktifkannya, dengan menghilangkan tanda centang pada menu Read Receipts. Masuk ke menu setelan – akun – privasi – laporan dibaca.

15. Mengutip pesan

Meskipun ini bukan fitur whatsapp yang baru, sebagian pengguna belum tahu cara membalas sebuah pesan dengan menyertakan pesan yang akan dibalas tersebut. Untuk mengutip sebuah pesan, tekan dan tahan pada pesan tersebut, kemudian pilih ikon panah kiri.

16. Menyembunyikan Status “terakhir dilihat

Jika kamu tidak ingin menampakkan status online, kamu bisa mengaturnya pada setelan – akun – privasi – terakhir dilihat.

17. Akses WhatsApp di Komputer atau Laptop

Untuk dapat menggunakan whatsapp di komputer, buka web.whatsapp.com, sentuh titik 3 di aplikasi, pilih whatsapp web, arahkan kamera smartphone ke layar monitor komputermu.

18. Menandai pesan penting

Sebagian pesan di whatsApp terkadang ingin kita simpan. Nah, supaya pesan tersebut tidak hilang saat clear chat, beri tanda bintang. Caranya, tekan dan tahan pada pesan tersebut, kemudian tekan ikon bintang di atas. Jika kamu melihat ikon bintang terbang, tandanya pesan berhasil disimpan.

19. Colek teman di Grup whatsApp

Untuk menyebut teman obrolan di grup whatsApp, cukup ketik simbol “@” pada percakapan, pilih nama teman yang kamu maksud.

20. Memulihkan pesan yang terhapus

Jika kamu tidak sengaja menghapus pesan dan ingin memulihkannya, cobalah untuk menghapus aplikasi whatsApp di smartphone-mu. Pasang kembali dengan mendaftarkan nomor lama, yang kamu gunakan sebelumnya. WhatsApp akan memulihkan pesan – pesan yang hilang.

21. Mematikan download otomatis di whatsapp

Banyak pengguna mengeluh, disebabkan kuota internet habis akibat gabung di grup WhatsApp. Banyaknya foto dan video yang diunggah oleh peserta grup, akan membuat memori internal menjadi penuh. Dua masalah tersebut, dapat diatasi dengan mematikan download otomatis.

Masuk ke menu setelan – penggunaan data – hilangkan centang pada download otomatis saat menggunakan WiFi dan data seluler.

22. Kirim file word maupun excel

Laporan kantor ataupun tugas kuliah, kini dapat kamu kirim via WhatsApp. Ya, kamu bisa mengirimkan file excel, word, Pdf, maupun PowerPoint.

23. Non aktifkan notifikasi grup

Merasa ngga nyaman gabung di grup alumnus, tapi ngga enak hati untuk keluar? Kamu bisa mengatur notifikasi whatsapp, membuatnya bisu selama 8 jam hingga setahun, dan tidak memunculkan notifikasi saat ada pesan di grup.

Wow: Inilah Grup Whatsapp Paling Ramai, Tak Pernah Sepi!

Nah, itulah 23 fitur whatsapp terbaru. Fitur – fitur whatsapp mungkin akan ditambah lebih banyak lagi, sehingga lebih memudahkan pengguna dan lebih bagus. Kamu punya ide untuk penambahan fitur whatsApp? Seperti tulisan berwarna mungkin?