3 Cara Jitu Mengatasi BBM Pending Atau Jam Pasir

Pengguna android kini tidak asing lagi dengan aplikasi BBM. Mungkin hampir semua pengguna smartphone memasang aplikasi chatting ini di ponsel mereka. Wajar sih, mengingat ekspansi besar-besaran telah dilakukan pihak Blackberry untuk merambah ke ponsel pintar seperti android.

3 Cara Jitu Mengatasi BBM Pending Atau Jam Pasir


Sayangnya, masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna adalah BBM pada android sering pending atau tidak terkirim. BBM pending ditandai dengan ikon jam pasir yang muncul setelah kita mengirim pesan menggunakan Blackberry Messenger ini. Jika kamu merupakan salah satu pengguna android, pastinya pernah mengalami masalah ini.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, bahwa BBM untuk android sedikit berbeda dengan BBM khusus untuk ponsel blackberry. Pada ponsel android, BBM diakses hanya menggunakan komunikasi data tanpa lewat jalur BIS (BlackBerry Internet Service).

Terobosan di bidang teknologi ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi para pengguna android, karena tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk langganan paket internet blackberry. Tapi, kendala yang sering muncul adalah BBM sering pending.

3 Cara Jitu Mengatasi BBM Pending Atau Jam Pasir


Jangan cemas dan panik saat pesan yang kamu kirim menggunakan BBM mengalami pending atau bertanda centang. Kali ini saya akan bagikan tips ampuh untuk mengatasi BBM error, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Ada dua penyebab BBM pending, pertama disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini terkait dengan provider yang kamu gunakan. Penyebab kedua adalah aplikasi BBM yang terpasang pada ponselmu memang bermasalah.

1. Atasi BBM pending dengan test koneksi internet

Koneksi data menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan dalam pengiriman pesan atau chatting via internet. Jadi, kamu perlu menguji koneksi internet lewat smartphone yang ada di tanganmu.

Cobalah untuk browsing menggunakan browser kesayanganmu. Apakah kamu dapat berselancar di dunia maya? Jika browser gagal untuk membuka halaman sebuah website, cek kuota internet.

Jika kuota data sudah habis, koneksikan dengan jaringan WiFi yang tersedia di sekitarmu. Pastikan jaringan WiFi cukup stabil, sehingga dapat digunakan untuk browsing via laptop atau komputer.

Jika kamu browsing menggunakan komputer dan ternyata dapat berselancar dengan lancar, maka masalahnya pada aplikasi BBM di ponselmu.

Terkadang koneksi internet tidak berjalan dengan semestinya disebabkan oleh pengaturan APN yang salah. Untuk mengatasi masalah ini, buka menu setting – Wireless and Network – kemudian pilih Mobile Networks.

Pada opsi APN, terdapat pengaturan dari operator yang kamu gunakan. Kosongkan saja proxy dan port, jika sebelumnya berisi angka-angka tertentu. Setelah disimpan, lanjut ke layar utama. Buka BBM untuk melakukan tes ping.

2. Solusi BBM pending dengan reboot ponsel

BBM sering pending mungkin saja disebabkan oleh aplikasi yang bermasalah. Untuk mengatasinya, cobalah restart ponselmu. Jika BBM masih pending, bersihkan chache pada aplikasi tersebut. Jika masih menunjukkan jam pasir, matikan koneksi internet sehingga BBM menunjukkan notifikasi “no internet”.

Nyalakan kembali koneksi internet, kemudian coba ping atau kirim pesan ke temanmu. Jika pesan terkirim, maka kamu sudah berhasil memperbaiki BBM yang error.

3. Mengatasi BBM error dengan instal ulang aplikasi

Jika kedua cara di atas tidak mampu mengatasi BBM yang mengalami error, tidak ada cara lain yang dapat kamu lakukan selain mencopot aplikasi chatting tersebut untuk sementara.

Bersihkan chace, hapus data, paksa berhenti, dan non aktifkan aplikasi BBM. Kembali ke layar utama ponsel kamu, buka aplikasi playstore. Ketikkan BBM di menu pencarian, maka akan muncul aplikasi tersebut. Tinggal aktifkan kembali BBM kamu. Silahkan coba ping temanmu yang ada dalam kontak. Cara ini ampuh untuk mengatasi jam pasir maupun pending pada saat kirim pesan lewat Blackberry Messenger.

Nah, itulah 3 cara ampuh mengatasi BBM pending atau jam pasir. Semoga tutorial sederhana ini membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut. Bagikan artikel ini, jika kamu berhasil mengatasi BBM error. Perlu kamu pelajari: Cara Melacak HP Blackberry Yang Hilang Dengan Cepat