5 Cara Atasi Force Close Atau Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Ada saja masalah yang dihadapi oleh para pengguna smartphone. Salah satu masalah android yang sering terjadi adalah force close. Trouble pada android ini biasanya diketahui dengan munculnya pesan “sayangnya aplikasi telah terhenti”. Notifikasi ini muncul sebagai pemberitahuan bahwa ada aplikasi atau game yang berhenti secara tiba-tiba.

5 Cara Atasi Force Close Atau Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti


Pastinya anda merasa kesal dan bingung, kenapa terjadi force close pada smartphone anda? Mungkin banyak pengguna menyangka hal ini disebabkan error pada aplikasi terkait. Mungkin dugaan anda benar, sehingga solusinya dengan mencopot aplikasi atau game yang bermasalah. Tapi, jangan terburu-buru mengambil tindakan, sebelum anda tahu penyebab sebenarnya.

Sebagian pengguna BBM android mengalami kejadian force close pada smartphone miliknya, dengan munculnya pesan bertulis, “Sayangnya, BBM Telah berhenti”. Ada lagi pengguna yang bingung untuk mengatasi force close saat muncul pemberitahuan “Sayangnya, Google Play Store telah berhenti”. Pernahkah anda mengalami kejadian serupa?

5 Cara Atasi Force Close Atau Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti


Force close dapat terjadi akibat koneksi internet sangat lambat, yang menyebabkan aplikasi chatting seperti BBM atau lainnya berhenti secara mendadak. Sebelum membahas tentang solusi masalah ini, sebaiknya anda mengetahui penyebab force close pada android seperti berikut ini:

Koneksi internet terputus atau sangat lambat

Force close dapat terjadi saat buffering atau streaming video. Demikian pula, masalah ini sering dialami oleh pemain game online di android, ketika koneksi internet kurang stabil.

Kapasitas RAM tidak memadai

Memori internal terlalu penuh sering menjadi penyebab force close pada smartphone. Jika anda memasang banyak aplikasi dan game di ponsel android yang punya kapasitas RAM sebesar 512 Mb atau kurang, wajar saja game berukuran besar sering error dan berhenti secara tiba-tiba. Faktor penyebab lainnya termasuk beberapa aplikasi yang berjalan pada smartphone dengan RAM kecil.

Aplikasi tidak kompatibel

Sebelum memasang sebuah aplikasi maupun game di android, pastikan versi android di smartphone anda mendukung. Terkadang aplikasi yang berjalan dengan baik pada versi Lollipop belum tentu dapat digunakan pada versi Kitkat. Dengan memasang aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi android, akibatnya terjadi error dan force close.

Sampah berupa file Cache

Pada beberapa android, file cache yang menumpuk karena aktivitas pengguna dengan aplikasi di ponselnya tidak dihapus secara otomatis oleh sistem. File cache berukuran kecil, tapi jika jumlahnya ratusan hingga ribuan? Tentu saja efeknya akan berakibat crash pada aplikasi atau game yang sedang berjalan.

5 Cara Jitu Mengatasi Force Close Pada Android


Dengan mengetahui faktor penyebab munculnya peringatan berbunyi “sayangnya aplikasi telah berhenti”, anda dapat memastikan apakah salah satu faktor tersebut terjadi pada smartphone anda. Nah, untuk mengatasi masalah ini, simak tips di bawah ini:

1. Paksa berhenti

Ketika muncul pesan force close, coba hentikan aplikasi yang bermasalah dengan paksa. Buka menu setting – aplikasi – kemudian pilih aplikasi yang bermasalah. Sentuh tombol “Paksa Berhenti”.

2. Bersihkan Cache yang memenuhi RAM

Tembolok atau cache yang menumpuk dalam memori internal, dapat menghambat aplikasi yang sedang berjalan. Anda dapat menghapus cache satu persatu, atau menggunakan aplikasi CCleaner maupun Clean Master. Setelah file cache hilang dari memori android, silahkan restart kemudian coba untuk membuka aplikasi yang sering error.

3. Update aplikasi yang sering menutup sendiri

Force close dapat terjadi akibat versi game atau aplikasi butuh update. Dengan mengunduh versi terbaru dari aplikasi yang tidak stabil, seharusnya bugs dapat diatasi.

4. Hapus data pada aplikasi yang bermasalah

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi force close, dengan menghapus data pada aplikasi yang error. Namun, resikonya akan menghilangkan data konfigurasi dan log aktivitas. Misalnya aplikasi chatting bermasalah, maka dengan hapus data akan melenyapkan chat yang tersimpan.

Jika anda tetap memilih cara ini, silahkan masuk ke menu setting – aplikasi – pilih aplikasi yang sering berhenti sendiri – kemudian sentuh tombol “hapus data”. Nyalakan ulang ponsel anda, cobalah buka aplikasi yang sering mengalami force close.

5. Copot aplikasi yang error dan install ulang

Force close paling sering dialami oleh aplikasi yang diinstal dari sebuah file apk. Jika anda memasang aplikasi berbentuk apk, lakukan install ulang untuk menghindari aplikasi menutup dengan sendirinya.

Nah, itulah 5 Cara Mengatasi Peringatan Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti. Silahkan bagikan artikel ini, dan tulis pengalaman anda terkait masalah yang kita bicarakan. Mungkin berguna bagi anda: Cara Memulihkan Notifikasi Yang Hilang di Android