5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Secara Tiba-tiba di Android

Sinyal ponsel anda tiba-tiba hilang saat berada di suatu tempat? Padahal anda melihat tower operator jaringan tidak jauh dari lokasi anda berdiri. Tenangkan diri anda, banyak pengguna android kadang mengalami masalah yang sama, kok! Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi signal seluler yang hilang di android?

kehilangan sinyal ponsel


Perkembangan teknologi memang kian pesat saja. Dulu, kita mendapatkan sinyal kuat saat berada pada beberapa titik tertentu di kota saja. Itupun masih 2G, belum 3G. Kini, banyak pengguna ponsel sudah dapat menikmati jaringan 3G maupun 4G lite. Luar biasa, bukan?

Jaringan 4G lite disukai oleh banyak orang. Alasannya tentu saja transfer data yang relative jauh lebih cepat daripada kirim data via jaringan biasa. Bayangkan, 4G lite mampu mentransfer data dengan kecepatan sekitar 100 Mbps.

So, apa hubungannya dengan jaringan 4G lite? Bukankah kita sedang membahas masalah sinyal yang hilang? Ya, tentu saja ada. Anda harus tahu penyebab sinyal android tiba-tiba hilang, seperti berikut ini:

Faktor penyebab sinyal hilang:

  • Anda berada di lokasi yang tidak terjangkau oleh sinyal jaringan
  • Smartphone error karena benturan keras seperti terjatuh
  • Ponsel cerdas diatur pada mode jaringan 3G saja.
  • Jaringan sinyal di tempat anda tidak stabil /lemah.
  • Cuaca hujan atau mendung pekat.
  • Adanya kerusakan pada hardware atau firmware smartphone.
  • Aplikasi tertentu dari pihak ketiga
  • Operator penyedia jaringan melakukan pemadaman sinyal


Itu saja penyebab hilangnya sinyal di smartphone anda. Jadi, bagaimana solusinya?

5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Secara Tiba-tiba di Android


1. Berpindah lokasi

Cobalah bawa smartphone anda ke lokasi lain. Mungkin saja operator jaringan sedang melakukan perbaikan terhadap sinyal di daerah anda. Dengan berpindah ke area lain, anda akan tahu apakah hilangnya sinyal berasal dari operator ataukah bukan.

2. Lepas Simcard

Sinyal jaringan yang hilang, mungkin disebabkan oleh simcard yang tidak terbaca oleh ponsel anda. Bagaimana tidak, simcard merupakan satu-satunya alat penghubung jaringan ke hape anda.

Untuk mengatasinya, copot kartu sim dari ponsel anda. Perhatikan, apakah kaki komponen masih bagus ataukah sudah aus. Jika bagian logam terlihat kotor, bersihkan dengan penghapus pensil. Terakhir, pasang kembali simcard pada slot yang tersedia. Langkah ini juga bertujuan untuk mereset koneksi sinyal anda.

3. Beralih ke mode pesawat terbang

“Saya sedang berada di darat, bukan di dalam pesawat terbang. Kenapa ponsel harus disetting ke mode terbang segala?” Dengan beralih ke mode ini, maka ponsel pintar akan mereset sinyal hape.

Lantas, caranya? Saya tidak perlu membahasnya, silahkan cari pengaturan sinyal di smartphone anda. Pastikan icon pesawat terbang muncul di home screen. Setelah beberapa menit, segera beralih kembali ke mode biasa.

4. Ubah Mode Penerimaan Sinyal

Ponsel cerdas mendukung dengan berbagai jenis sinyal, termasuk 2G, 3G, maupun 4G LTE. Sinyal 2G bekerja pada frekuensi 850/900/1900 Mhz. Sinyal 3G bekerja pada frekuensi 900/2100 MHz. Sedangkan jaringan 4G LTE mampu bekerja pada frekuensi 2100 MHz.

Jika anda berada pada daerah yang tidak mendukung layanan 3G ataupun 4G LTE, maka wajar ponsel kehilangan sinyal. Cobalah ubah mode sinyal yang digunakan. Buka menu setting – Wireless and Networks – Mobile Networks – Network Mode. Periksa, apakah ponsel anda menggunakan jaringan WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered.

Cobalah beralih ke GSM only. Sinyal WCDMA atau HSDPA tidak tersedia di semua lokasi. Dengan memilih Gsm, akan terlihat apakah hilangnya sinyal disebabkan layanan jaringan yang belum mendukung ataukah masalah lain.

5. Factory Reset

Jika semua cara untuk mengatasi sinyal yang tiba-tiba hilang di android sudah dicoba tapi belum berhasil, maka solusi paling ampuh adalah factory reset. Hilangnya signal jaringan bisa saja disebabkan oleh kegagalan pada O.S android, yang mungkin dipicu oleh perangkat lunak atau virus.

Untuk mengembalikan smartphone ke setelan pabrik, buka menu pengaturan – Backup & Reset – pilih Factory Data Reset. Pastikan anda melakukan back up data, sebelum memilih cara ini. Hal ini untuk mencegah hilangnya file penting termasuk foto, video, maupun kontak.

Nah, itulah 5 cara mengatasi sinyal tiba-tiba hilang di android. Tetap tenang dan jangan terburu-buru melakukan factory reset, cobalah metode lain sebelum memilih hard reset. Semoga membantu anda. Mungkin anda belum tahu: 5 Cara Atasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti