6 Langkah Membuat Video Animasi

6 Langkah Membuat Video Animasi – Halo sobat, apa kalian suka membuat video animasi ? Membuat video animasi memiliki tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Jika dibandingkan dengan proses pembuatan video biasa, pembuatan video animasi jauh lebih rumit.

Semua ini karena dalam video animasi, terlebih dahulu kamu harus menciptakan objek yang akan dijadikan video. Walaupun seperti itu, bukan berari video animasi tidak dapat dipelajari sama sekali.

Berikut ini telah kami siapkan cara membuat video animasi dalam 6 langkah bagi kalian yang ingin mempelajarinya.

BACA JUGA : Cara Membuat Aplikasi Game di Android

1. Susun Naskah Terlebih Dulu

Untuk langkah pertama yang harus dilakukan, kamu harus menyusun naskah terlebih dulu. Untuk memudahkan kamu dalam membuat dan menyusun naskah, tentukan dulu arah dan tujuan dari video itu sendiri. untuk siapa, untuk apa, dan apa pesan yang ingin disampaikan.

Dari pernyataan tersebut, seharusnya kamu telah mengetahui bagaimana kira-kira video tersebut akan dibentuk menjadi sebuah cerita. Usahakan juga agar membuat video sengan alur yang sederhana agar penonton mudah memahami apa yang disampaikan dari video tersebut.

2. Storyboard

Setelah kamu selesai membuat naskah, berikutnya kamu membuat storyboard. Apa storyboar? Sederhanya, storyboard adalah gambaran kasar keseluruhan video.

Untuk para pemula, langkah berikut ini akan sangat membantu sekali. Soryboard membantu kamu memperkirakan bagaimana video akan dijalankan atau dibuat. Biasanya storyboard akan menyerupai komik strip dengan beberapa panel, selain memperkirakan gambar, storyboard juga membuat bagaimana gambar akan diambil. Sederhanya, storyboard adalah panduan untuk membuat video.

3. Tentukan Jenis Video Yang Akan Dibuat

Ada berbagai macam jenis video animasi yang bisa kamu pilih.

  • Animasi Infografi

Animasi ini biasanya berisikan data grafik dengan tujuan utamanya membuat video animasi yang tadinya terlihat membosankan menjadi terlihat menarik.

  • Animasi Tipografi

Animasi ini menggabungkan Video Animasi gerakan dan tulisan, biasanya animasi seperti ini terdapat pada video lirik.

  • Animasi Whiteboard

Animasi jenis ini umunya digunakan sebagai media pembelajaran, dimana ciri khasnya karakter dalam sebuah video akan seolah dibuat pada sebuah whiteboard.

  • Animasi 3D

Animasi 3D ini menampilkan gambar yang terlihat lebih nyata, jika dibandingkan dengan aplikasi 2D dalam sebuah video 3d gambar akan dibuat lebih real.

  • Animasi 2D

Animasi satu ini menampilkan karakter yang hanya bisa dilihat dari 2 sisi. Animasi seperti sangat mudah atau sering kita temui karena proses pembuatannya yang sederhana tapi tetap bisa menjadikan video animasi itu sendiri terlihat lebih menarik.

BACA JUGA : Cara Sederhana Membuat Aplikasi dengan Android Studio

4. Membuat Video

Untuk membuat video kamu bisa mengandalkan skill kamu sendiri, cukup berbekal komputer atau laptop, sambungkan dengan internet, dan siapkan software atau website yang mendukung pembuatan video animasi .

Tapi jika kamu masih ragu dengan skill yang kamu miliki, tidak ada salahnya kamu merekrut seseorang yang profesional di bidang ini.

5. Tambahkan Backsound yang sesuai

Sebuah animasi akan terlihat kurang menarik juka tanpa ada backsound atau latar musik. Backsound juga membuat video lebih menjiwai sehingga menciptakan suasana yang kamu inginkan. contohnya jika kamu ingin menggambarkan suasana sedang tenang kamu bisa menambahkan suara hembusan angin atau aliran suara air.

Pastikan juga saat kamu menambahkan backsound audio tersebut bebas dari hak cipta. Saat ini sudah sangat banyak situs yang menyediakan berbagai macam backsound atau effect suara yang bebas hak cipta.

6. Narasi Cerita

Langkah akhir dari pembuatan video animasi yaitu menambahkan narasi cerita.

Narasi cerita akan membuat orang yang menyaksikan video animasi mu lebih mudah dipahami, sehingga pada akhirnya mereka bisa memberikan reaksi yang diharapkan setelah menonton video animasi yang kamu buat.

Untuk menambahkan narasi cerita kamu bisa menggunakan vice over, voice over sendiri adalah suara yang ditambahkan kedalam suatu video. Jadi kamu bisa merekam sura kamu sendiri atau menggunakan jasa voice over yang memang sudah ahli dalam bidang ini.

BACA JUGA : Cara Memasang dan Setting Aplikasi GPS pada Android

Nah, itulah 6 langkah untuk membuat video animasi kamu sendiri. Terakhir, agar kamu dapat menghasilkan video animasi yang berkualitas kamu harus bersedia melewati berbagai proses yang akan kamu hadapi. karena seperti yang kamu tahu sesuatu yang berkualitas tidak bisa dihasilkan dalam waktu sekejap. Kamu harus selalu berlatih dan berusaha agar dapat menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai dan kualitas yang tinggi.