9 Cara Mengetik Cepat di Layar Sentuh Android

Pengguna android yang tergolong baru, mungkin merasa heran dengan kecepatan pengguna lama saat mengetik di layar ponsel mereka. Wajar saja, jika pemula merasa kesulitan untuk mengetik dengan cepat di layar android. Karena semua smarphone berbasis android, rata-rata menggunakan touchscreen bukan keypad konvesional.

9 Cara Mengetik Cepat di Layar Sentuh Android


Layar sentuh memang memudahkan dalam navigasi maupun display menu android. Berbeda dengan keypad biasa yang punya wujud fisik, tapi kurang fleksibel. Kendala yang sering terjadi saat menggunakan layar sentuh adalah kesalahan ketik atau disebut juga typo.

Jika anda terbiasa untuk mengetik sms menggunakan keypad usang (jadul), tentu anda akan sulit untuk mengetik di android dengan cepat dan tepat. Jangan menyalahkan layar sentuh di smartphone anda, tapi latihlah ketrampilan menggunakan touchscreen saat mengetik sms ataupun input kata.

9 Cara Mengetik Cepat di Layar Sentuh Android


Pengguna komputer dan laptop juga merasa kewalahan saat mereka harus mengetikkan huruf dan angka di android. Masalah ini disebabkan tidak adanya keyboard yang dapat diraba oleh jari tangan. Meskipun keyboard virtual tersedia, tapi terlalu kecil dan sempit. Berikut ini adalah tips untuk mengetik cepat di smartphone yang menggunakan layar sentuh:

1. Mengetik dengan dua jempol

Pemula terbiasa mengetik di keyboard menggunakan satu jari saja. Biasakan mengetik di layar android menggunakan jempol kiri dan kanan, supaya mengetik di android lebih cepat.

2. Android Voice-to-Text

Smartphone yang menggunakan android versi 2.1 telah dilengkapi dengan fitur pengenal suara. Dengan fitur ini, anda tidak harus mengetik di layar android untuk input kata atau kalimat.

Cara menggunakan Android Voice-to-Text, sangat mudah. Ketuk icon microphone yang berada di pojok kiri bawah keyboard. Atau dengan menggeser layar android ke kiri, sehingga muncul boks Speak Now. Pengenal suara ini akan mengubah kata yang anda ucapkan menjadi teks.

3. Fitur koreksi kata

Aplikasi keyboard pada ponsel cerdas, kini banyak menggunakan fitur koreksi kata. Dengan fitur ini, anda tidak takut untuk mengetik dengan cepat. Kesalahan tulisan akan segera dikoreksi oleh aplikasi ini, sehingga anda dapat memilih kata tepat yang ditampilkan secara otomatis olehnya.

4. Menggunakan Vlingo

Vlingo merupakan aplikasi gratis yang juga mampu mengenali suara sebagai kata atau kalimat. Aplikasi ini lebih canggih daripada Voice-to-Text. Cukup dengan satu ketukan pada layar android, anda dapat melakukan panggilan telepon ke nomor teman yang tercantum dalam contact.

Selain menelpon, anda juga dapat mengirim sms atau membuka situs web hanya dengan mengeluarkan sebaris kata. Bahkan, anda dapat membuka aplikasi dengan Vlingo.

5. Unduh kosakata

Untuk mengoptimalkan fitur koreksi kata, anda sebaiknya mengunduh kosakata bahasa Indonesia. Sehingga kata-kata yang disarankan oleh aplikasi akan muncul dalam bahasa Indonesia.

6. Google Voice Actions

Mengetik dengan cepat kini sangat mungkin dilakukan secara otomatis, dengan hadirnya aplikasi Google Voice Actions. Fitur ini dapat bekerja pada android versi 2,2 atau di atasnya. Aplikasi ini mampu mengenali suara, sekaligus fungsi search di smartphone. Aplikasi gratis ini dapat menjalankan perintah navigasi, menelpon, kirim email, akses maps, dan lainnya.

7. Gunakan SwiftKey

Fitur ini mirip dengan kamus T9 yang terdapat pada ponsel biasa. SwiftKey mampu menebak kata-kata yang diketik, setelah anda mengetik dua huruf.

8. Mengetik cepat dengan Swype

Kesalahan mengetik sering disebabkan oleh jari tangan yang tidak tepat untuk menyentuh salah satu huruf. Dengan Swype, masalah ini dapat diatasi. Cukup sentuh huruf dari awal kata yang akan ditulis, kemudian geser secara urut untuk membentuk tulisan. Mengetik menggunakan Swype mampu meningkatkan kecepatan waktu mengetik hingga 20-30 persen, daripada menggunakan keyboard standar.

9. BlindType

Dapatkah anda mengetik tanpa melihat layar smarphone? Dengan aplikasi yang disebut BlindType, anda dapat mengetik dengan benar, meskipun angka atau huruf yang ditunjuk oleh jari tangan tidak tepat.

Nah, itulah 9 cara cepat mengetik di android. Anda dapat mencoba menggunakan salah satu aplikasi yang disebutkan. Jika anda ingin mahir mengetik di layar sentuh tanpa menggunakan aplikasi, maka kuncinya adalah dua jari jempol anda. Mungkin berguna bagi anda: 3 Cara Jitu Mengatasi BBM Pending Atau Jam Pasir