Cara Log Out Akun Play Store di Android

Semua pengguna smartphone tentunya tidak asing lagi, dengan OS Android yang berjalan di ponselnya. Pada awalnya, android dimiliki oleh perusahaan teknologi besar yang bernama Android.Inc. Seiiring perjalanan waktu, android diambil alih oleh Google. Jadi, wajar saja semua fitur dan aplikasi pada smartphone berbasis android terintegrasi dengan layanan Google.

Cara Log Out Akun Play Store di Android


Smartphone pertama yang menggunakan android adalah Samsung. Jadi tidak aneh, jika ponsel android selalu identik dengan vendor satu ini. Respon pengguna ponsel yang sangat baik terhadap kehadiran android, menyebabkan vendor-vendor lain mengekor (mengikuti) suksesnya android di pasaran.

Pada ponsel android yang anda punya, pastinya terpasang berbagai aplikasi dan akun. Hampir semua akun yang kita gunakan adalah bagian dari layanan Google. Ambil saja contoh, Maps, Gmail, Youtube, 4shared, Drive, dan lainnya.

Keunggulan android tidak diragukan lagi. Banyak fitur dan aplikasi canggih dapat anda pasang di smartphone yang menggunakan sistem operasi ini. Aplikasi Play Store yang tersedia di android, sangat memungkinkan bagi pengguna untuk memasang berbagai aplikasi canggih.

Cara Log Out Akun PlayStore di Android


Semua orang sudah maklum bahwa Play Store merupakan pusat layanan aplikasi Android yang menyediakan berbagai aplikasi dan game android, baik berbayar maupun gratis. Layanan Google ini memberikan kemudahan bagi pengguna android untuk memasang aplikasi pada ponsel cerdas miliknya.

Nah, aplikasi dan game yang anda dapatkan dari Playstore tentunya dicatat datanya pada akun Google kepunyaan anda. Data ini akan terekam secara otomatis sejak anda menggunakan aplikasi terkait.

Pasalnya, ada situasi yang terkadang mengharuskan anda untuk Log Out dari akun Google yang terintegrasi pada ponsel android. Persoalan inilah yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Bagaimana cara keluar dari akun Google Playstore?

Banyak pengguna android mengalami kebingungan, saat ia ingin Log Out dari akun google playstore. Kebingungan tidak dialami oleh pemula saja, pengguna lama pun banyak mengeluhkan masalah yang sama. Apakah benar, bahwa cara keluar dari akun google cukup rumit?

Untuk Log Out akun Playstore sebenarnya sangat mudah. Ada dua cara yang dapat dipilih untuk melakukannya. Cara pertama dengan menghapus semua data di Playstore. Sedangkan cara kedua dengan menghapus akun Google yang anda gunakan pada smartphone berbasis android tersebut.

Cara Keluar Dari Akun Playstore di Android


Baiklah, bagi anda yang penasaran untuk mengetahui cara log out akun playstore di android, pilih salah satu cara yang dijelaskan di bawah ini:

Cara pertama

  1. Untuk log out akun playstore, silahkan menuju menu Setting (pengaturan). Selanjutnya, pilihlah akun Google atau akun sincronisasi.
  2. Di sini anda dapat menghapus akun, untuk log out secara otomatis dari playstore.
  3. Sampai di sini anda berhasil untuk keluar dari akun yang dimaksud.

cara keluar dari akun playstore



Cara kedua

Metode kedua ini tergolong mudah, tapi berakibat aplikasi yang terpasang pada smartphone tidak lagi terhubung dengan akun anda. Tidak masalah, anda dapat masuk kembali menggunakan akun Google setelah restart ponsel.

  1. Langkah pertama, silahkan pilih menu pengaturan (setting) – aplikasi – geser layar hingga anda menemukan Google Apps atau Play Store.
  2. Silahkan pilih aplikasi tersebut, kemudian pilih Hapus Data.

Cara Log Out Akun Play Store di Android



Secara otomatis anda sudah keluar dari akun google playstore yang digunakan pada smartphone.
Restart smartphone anda, masuk kembali dengan akun Google anda.

Nah, itulah dua cara log out akun google playstore di android. Tindakan ini biasanya dilakukan pengguna karena alasan tertentu, misalnya aplikasi android mengalami error dan sebagainya. Mungkin berguna bagi anda: Cara Memulihkan Notifikasi Yang Hilang di Android