Cara Melindungi Akun PayPal : 9 Tips untuk Membuat Aun Paypal Kamu Tetap Aman

9 Tips untuk Membuat Aun Paypal Kamu Tetap Aman – Karena PayPal adalah platform populer untuk pembayaran online, masuk akal jika orang jahat ingin membobol akun PayPal. Dan sementara beberapa keamanan hanya ada pada PayPal, ada banyak hal yang dapat Kamu lakukan untuk mengamankan akun PayPal Kamu sendiri.

Mari kita simak bagaimana cara menjaga keamanan akun PayPal Kamu dan menghindari metode umum yang membahayakan pengguna PayPal.

  1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Ini adalah tip keamanan umum yang harus Kamu terapkan ke semua akun. Kata sandi yang pendek, atau yang mudah ditebak, tidak akan memberikan banyak perlindungan untuk akun PayPal Kamu. Kamu juga harus menghindari penggunaan kembali kata sandi dari situs lain, sehingga seseorang yang membobol akun pertama tidak dapat menggunakan kata sandi yang sama di PayPal.

Untuk mengubah kata sandi PayPal, login terlebih dahulu ke PayPal. Klik ikon Roda Gigi di kanan atas, diikuti dengan header Keamanan di bagian atas. Dari daftar, pilih Perbarui di sebelah Kata Sandi.

Di sini, Kamu harus memasukkan kata sandi saat ini, bersama dengan yang baru. Jika Kamu tidak dapat menemukan kata sandi yang kuat dan mudah diingat, sebaiknya gunakan pengelola kata sandi yang melacaknya untuk Akun milikmu.

  1. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Seperti kebanyakan situs terkemuka, PayPal memungkinkan Kamu melindungi akun dengan otentikasi dua faktor (2FA). Ini mengharuskan Kamu memasukkan kode satu kali, selain kata sandi, saat Kamu masuk ke PayPal.

Kamu akan menemukan opsi untuk mengaktifkannya di halaman Keamanan yang sama yang memiliki opsi untuk mengubah kata sandi. Klik Perbarui di bagian verifikasi 2 langkah untuk menyiapkan atau mengonfigurasi opsi yang Kamu pilih.

PayPal memungkinkan Kamu untuk masuk menggunakan kode yang dikirimkan melalui pesan teks atau aplikasi autentikator. Lihatlah pro dan kontra dari metode otentikasi dua faktor untuk melihat mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Juga di halaman ini, jika Kamu memilih untuk melewati 2FA pada perangkat atau browser tertentu, Kamu dapat memilih Cabut untuk memintanya di mana saja saat Kamu masuk berikutnya.

  1. Tinjau Izin Akun

PayPal memungkinkan Kamu menautkan akun ke berbagai situs dan layanan lain, seperti eBay atau kartu kredit. Meskipun ini nyaman, ada baiknya untuk meninjaunya sesekali untuk memastikan Kamu tidak memberikan akses yang tidak perlu ke akun PayPal.

Kamu akan menemukan ini di halaman Keamanan yang sama seperti di atas. Klik Perbarui di sebelah Izin yang Kamu berikan untuk melihat di mana Kamu masuk dengan PayPal dan izin khusus yang Kamu berikan. Kamu dapat menghapus layanan apa pun yang tidak lagi Kamu gunakan atau tidak Kamu percayai.

BACA JUGA : Cara Menonton Video Dibayar Dollar Gratis Tiap Hari

  1. Tetapkan Pertanyaan Keamanan yang Kuat

Anehnya, PayPal masih menawarkan pertanyaan keamanan sebagai metode perlindungan akun. Ini tidak aman dibandingkan dengan alat lain, karena seringkali mudah ditebak atau diketahui melalui rekayasa sosial.

Jadi Kamu harus mengklik Perbarui di sebelah Pertanyaan keamanan di halaman Keamanan dan pastikan Kamu tidak memiliki jawaban yang jelas. Jika demikian, Kamu harus mengubahnya menjadi sesuatu yang akan lebih melindungi akun Paypal mu.

Untuk hasil terbaik, ketik string kata sandi acak dan simpan di pengelola kata sandi Kamu sebagai jenis kata sandi cadangan.

  1. Nonaktifkan Login Otomatis

PayPal memiliki fitur kemudahan, yang sering disebut One Touch. yang memungkinkan Kamu untuk memeriksa PayPal di browser Kamu saat ini tanpa harus login ulang ke akun Kamu. Meskipun nyaman, Kamu tidak boleh menggunakannya di komputer bersama atau perangkat portabel seperti laptop.

Untuk mematikannya, klik Perbarui di bagian Login otomatis di halaman Keamanan PayPal. Ini akan memberi tahu Kamu jika Kamu mengaktifkan One Touch dan memberi Kamu opsi untuk menonaktifkannya.

  1. Jaga Keamanan Perangkat Seluler Anda

Jika Kamu menggunakan aplikasi PayPal di ponsel, penting untuk menjaga keamanan perangkat Kamu sehingga siapa pun yang mengambilnya tidak dapat mengakses akun PayPal mu. Pastikan layar kunci Kamu dilindungi oleh keamanan biometrik dan/atau kode PIN yang kuat.

Aplikasi PayPal juga memungkinkan Kamu menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta sidik jari, wajah, atau PIN untuk masuk. Buka Pengaturan > Masuk dan Keamanan untuk mengaktifkan opsi ini dan mengubah PIN Kamu.

BACA JUGA : Cara Menonton Video Dibayar Dollar Gratis Tiap Hari

  1. Tambahkan Email Pemulihan dan Nomor Telepon

Seperti kebanyakan akun, memulihkan login PayPal Kamu jauh lebih mudah jika Kamu memiliki informasi cadangan yang ditambahkan sebelumnya. Di profil PayPal Kamu, klik ikon Roda Gigi dan Kamu akan melihat opsi untuk menambahkan email atau nomor telepon baru di halaman Akun utama.

Kamu harus memiliki setidaknya satu dari masing-masing di sini. Jika Kamu lupa kata sandi atau metode 2FA, memiliki akses ini akan sangat penting.

  1. Jangan Tertipu Dengan Penipuan Phishing

Tips di atas adalah semua perubahan aktif yang dapat Kamu lakukan pada akun PayPal untuk meningkatkan keamanannya. Namun, aspek keamanan besar lainnya adalah tidak membuat kesalahan yang dapat menyebabkan akun Kamu disusupi.

Menghindari email berbahaya adalah bagian dari ini. Karena popularitas PayPal, pesan phishing yang mengaku berasal dari perusahaan tetapi sebenarnya dari pencuri adalah hal biasa. Kamu harus tahu cara mengenali email phishing untuk menghindari kehilangan kredensial akun Kamu.

Kamu tidak boleh memberikan detail akun PayPal Kamu kecuali Kamu yakin bahwa Kamu berada di situs PayPal yang sebenarnya. Jangan klik tautan di email selalu kunjungi situs web secara langsung atau dengan mencarinya di Google.

  1. Perhatikan Peringatan PayPal

Meskipun ada banyak pesan palsu yang meniru PayPal, perusahaan juga mengirimkan peringatan asli. Secara khusus, Kamu akan mendapatkan email konfirmasi setiap kali Kamu melakukan pembelian atau mengirim uang melalui PayPal. Jika Kamu menerima peringatan bahwa untuk aktivitas yang tidak Kamu lakukan, Kamu harus segera memberi tahu PayPal tentang hal ini.

Buka Pusat Resolusi PayPal (sekali lagi, jangan klik tautan apa pun di email) untuk melaporkan transaksi tersebut sebagai penipuan atau tidak sah. Ini akan membantu Kamu melalui langkah-langkah untuk memperbaikinya.

BACA JUGA : Cara Top Up M-Tix Melalui BCA Mobile Banking

Amankan Akun PayPal Anda

Kami telah melihat cara paling penting untuk mencegah orang membobol akun PayPal Kamu. Mengambil keuntungan dari semua opsi keamanan yang tersedia untuk layanan keuangan seperti PayPal itu cerdas, jadi Kamu harus mempraktikkan semua hal di atas sesegera mungkin.

Jika Kamu tidak peduli atau memiliki masalah dengan layanan ini, jangan lupa bahwa PayPal bukan satu-satunya pilihan di era sekarang ini.