Cara Memperbaiki Titik Lokasi di Google Maps yang Tidak Tepat

Tips Android – Bagaimana cara membetulkan lokasi di google maps? Google maps, siapa yang tidak pernah menggunakan aplikasi penting satu ini. Aplikasi GPS dan peta milik Google tidak bisa dipungkiri lagi kegunaannya. Setiap orang yang mempunyai android pasti pernah menggunakan aplikasi satu ini. Bahkan dewasa ini hampir semua pekerja lapangan menggunakan aplikasi ini untuk share lokasi pekerjaan mereka. Terkadang yang membuat tidak nyaman adalah Ketika aplikasi Google Maps yang berfungsi mencari titik lokasi mengalami ketidakakuratan karena erorr. Dan resikonya adalah kamu akan menemukan jalan dan lokasi yang salah padahal harapan Kamu adalah aplikasi ini bisa sangat membantu Kamu. Tapi jangan terlalu khawatir bila hal ini terjadi di kamu. Sebab ada cara yang sangat mudah untuk mengatasi GPS tidak akurat.

Memperbaiki posisi Google Maps memang cukup membingungkan jika belum tahu caranya. Jika google maps sampai mengalami erorr dan menyebabkan lokasi tidak akurat, tentu akan sangat menyulitkan, mengingat yang berhubungan dengan aplikasi ini banyak sekali. Entah itu kita mencari suatu alamat, atau mungkin transportasi online. Sebelumnya kita akan membahas dulu apakah penyebab ketidakakuratan google maps. Beberapa factor mungkin bisa dari kualitas jaringan internet yang lambat, HP erorr, terjadinya root pada system android, atau efek ROM bug. Hal- hal tersebut bisa menjadi penyebab aplikasi google maps menjadi eror dan berakhir tidak akurat. Tidak menutup kemungkinan, penyebab lainnya berasal dari kesalahan konfigurasi dalam pengaturan. Tidak rajin update aplikasi google maps juga bisa menyebabkan menjadi berkurangnya keakuratan pada google maps karena memang tidak diperbaruinya system dan tampilan yang seharusnya sudah dalam versi terbaru.

Cara Memperbaiki Titik Lokasi di Google Maps

 

Cara Memperbaiki Titik Lokasi di Google Maps

Setelah kita mengetahui permasalahan apa saja yang mungkin bisa jadi penyebab aplikasi google maps menjadi tidak akurat, Langkah berikutnya adalah kita menemukan solusi terbaik untuk mengatasi Google Maps Tidak tepat

 

Membetulkan akurat lokasi di google maps

Beberapa solusi berikut mungkin bisa membantu kamu:
 

1. Pastikan GPS menyala
Pastikan pengaturan GPS kamu sudah menyala, kadang masalah sepele ini justru lupa dilakukan oleh pengguna android. Jika pengaturan GPS tersebut tidak dinyalakan, maka sudah jelas system navigasi pada aplikasi Google Maps tidak bisa mendeteksi lokasi dengan akurat. Selama android sudah support GPS, maka pengaturan ini bisa dilakukan. Berikut cara mengaktifkan GPS

  • Buka Settings pada Smartphone yang Kamu miliki.
  • Lalu pilih menu Lokasi
  • Di beberapa android mungkin beda pengaturan, maka kamu bisa menggunakan  kolom search untuk mencari menu lokasi.
  • Lalu aktifkan GPS

2. Cek Kembali Jaringan Internet
Bisa jadi, jaringan kamu yang lambat menjadi salah satu penyebab ketidakakuratan aplikasi Google Maps terjadi di HP kamu. Tanpa koneksi internet yang bagus system navigasi GPS tidak akan bisa jalan disebabkan oleh tidak terhubungnya dengan satelit yang pasalnya itulah yang akan mendeteksi lokasi. Meskipun sekarang ini banyak sekali yang mnyediakan peta offline, tetap saja Kamu memerlukan koneksi internet untuk menyimpan peta rute terlebih dahulu untuk nantinya digunakan secara offline. Itu kenapa koneksi lambat akan mempengaruhi update lokasi GPS menjadi lambat dan otomatis akan menampilkan titik lokasi yang tidak akurat.

3. Update Aplikasi Google Maps secara berkala ke versi terbaru
Hal sepele ini mungkin sering dilupakan beberapa pengguna android. Padahal Google Maps yang secara berkala diupdate dapat memperbarui rute-rute baru yang mungkin memang harus dimunculkan. Bisa jadi Google Maps muncul masalah dan menjadi erorr disebabkan tidak pernah di update. Dengan di update maka bug dan erorr akan diperbaiki secara otomatis ketika di update. Sehingga saya sarankan utuk serajin mungkin dalam mengupdate aplikasi google maps di google play store.
Caranyapun sangat mudah, berikut Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Silahkan menuju Google Play Store
  • Pada kolom search, Ketika Google maps
  • Klik tombol Update jika memang tersedia. Jika tidak tersedia artinya kamu belum perlu untuk melakukan update saat ini.

4. Bersihkan Cache
Cache juga harus rajin untuk dibersihkan karena seringkali mengganggu sistem storage handphone menjadi penuh. Maka jangan lupa bersihkan Cache secara berkala.
Caranya sangat mudah, berikut Langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan/ Settings ada HP kamu
  • Lalu pilih menu Aplikasi
  • Carilah aplikasi yang sekiranya perlu dihapus Cache-Cachenya
  • Lalu hapus Cachenya.

Beberapa Settingsan mungkin berbeda untuk setiap merk HP, maka bisa disesuaikan untuk bisa menghapus Cache ini.

5. Set High kccuration
Sebenarnya banyak yang tidak mengetahui apa perbedaan akurasi tinggi dan akurasi standard, akan sedikit kita bahas ya. Akurasi standard hanya bisa mendeteksi lokasi secara garis besar saja yaitu daerah. Sedangkan jika akurasi tinggi, akan mendeteksi hingga ke detail rumah dan bisa dikatakan akan lebih akurat.
 

Dan terkadang, tanpa kamu sadari, sesekali pernah mengganti mode ke akurasi standard dan lupa mengembalikan ke mode akurasi tinggi. Misalkan saat kamu ingin menghemat baterai atau mungkin menhjemat kuota internet.
 

Padahal tanpa kamu ketahui, cara ini terbilang cukup efektif, langsung saja berikut dibawah adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Buka Setelan/Settings pada HP android kamu
  • Masuk ke menu Lokasi
  • Kemudian cari dan silahkan aktifkan lokasi akurasi tinggi.
  • Pertama nonaktifkan dulu lalu aktifkan kembali

 

Mode ini memang akan memakan banyak kuota dan lebih boros baterai juga, karena memang kinerjanya menggunakan seluruh komponen untuk menentukan titik lokasi secara akurat.

6. Jika memungkinkan, hubungkan ke Wifi
Apakah kamu tahu bahwa Wifi bisa mengetahui lokasi kamu walaupun GPS di HP kamu tidak diaktifkan. Pertanyaanya adalah kenapa bisa begitu? Jawabanya adalah setiap router Wifi memiliki alamat IP yang menunjukkan lokasi secara detail. Biasanya, dengan menghubungkan HP kamu ke jaringan Wifi terdekat akan sangat membantu Google Maps kamu dalam menentukan titik lokasi secara tepat. Tapi perlu kamu ingat juga bahwa cara satu ini bisa kamu jadikan optional saja, sebab seperti kita ketahui bersama. Tidak semua Wifi tanpa kata sandi bisa diakses diruang public.

7. Coba Unroot HP
Kamu mungkin bias mencoba cara satu ini, dengan unroot pada HP, akses system bias dihilangkan, sehingga HP bisa kembali dalam keadaan semula. Kamu bisa mencari caranya di Google atau di YouTube bagaimana cara yang mudah untuk melakukan root ini, karena mengingat setiap merek dan tipe HP mempunyai langkah yang berbeda untuk melakukan root, maka tugas kamu tinggal menyesuaikan saja.

8. Update System dari UI masing-masing
Jika semua cara diatas sudah kamu coba dan belum menemukan hasil yang kamu inginkan, mungkin terdapat kerusakan atau mungkin bug pada system perangkat kamu, itu kenapa akurasi lokasi pada HP kamu menjadi  tidak maximal dalam pendeteksian. Seperti yang kita ketahui, notifikasi pembaruan system biasanya muncul dilayar HP. Tetapi Kamu juga bisa mengecek secara manual. Yaitu dengan:

  • Buka menu Setelan/ Settings
  • Tentang Ponsel
  • Update system

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika cara-cara diatas tidak bisa mengatasi GPS tidak akurat adalah Kamu harus membawa HP android Kamu ke service centernya jika memang beberapa poin di atas tidak ada perubahan, karena bisa jadi memang dari hardware yang bermasalah dan tidak bisa menunjukkan keakuratan dari posisi. Kemungkinan pembacaan dari IC GPS nya bermasalah

Beberapa cara memperbaiki lokasi di google maps ini sudah kita coba untuk beberapa penanganan ringan seputar software, tetapi untuk penggantian hardware disarankan untuk datang ke Lokasi Service Center masing-masing dari merk ponsel anda.