Cara Memulihkan Notifikasi Yang Hilang di Android

Notifikasi yang muncul pada layar android merupakan pemberitahuan dari aplikasi yang terpasang. Notifikasi dapat disebabkan adanya versi baru dari aplikasi yang diinstal pada ponsel pintar anda, mungkin juga berasal dari aktivitas aplikasi chatting dan sebagainya. Masalah yang sering dialami pengguna android adalah hilangnya fitur yang sangat penting ini.

Cara Memulihkan Notifikasi Yang Hilang di Android


Penyebab hilangnya notifikasi pada ponsel android mungkin disebabkan oleh kesalahan atau error pada O.S itu sendiri. Tapi masalah ini dapat disebabkan oleh faktor lain. Nah, bagaimana cara mengatasi masalah serius ini?

Anda mungkin akan ketinggalan suatu informasi yang berguna, akibat notifikasi tidak muncul pada smartphone. Jika isi pemberitahuan kurang penting sih tidak terlalu menimbulkan masalah. Tapi pada umumnya sebuah notifikasi muncul memang didasarkan pada sebab yang bersifat penting.

Untuk mengetahui isi notifikasi yang sudah tenggelam, ada cara mudah yang dapat anda lakukan. Cara pertama hanya dengan melakukan sedikit trik, sedangkan cara kedua menggunakan aplikasi yang dapat anda peroleh di playstore.

Cara Memulihkan Notifikasi Yang Hilang di Android


Tidak sedikit pengguna android yang melewatkan pemberitahuan yang muncul di layar smartphone mereka. Hal ini mungkin disebabkan kelalaian mereka, karena saat notifikasi muncul mereka sedang melakukan aktivitas lain. Atau mereka tidak sempat membaca notifikasi disebabkan hilang terlalu cepat. Nah, berikut ini adalah cara melihat notifikasi yang tidak sempat dibaca:

Mengetahui pemberitahuan yang terlewat menggunakan Notification log

Untuk melihat history notifikasi, dapat dilakukan dengan menggunakan notifikation log. Fitur ini terdapat pada android jelly bean versi 4.3 atau versi lebih tinggi. Sedangkan pada versi android yang lebih rendah, metode ini tidak bekerja.

Langkahnya cukup mudah. Pertama, silahkan buka menu utama (home screen). Tap dan tahan pada sembarang area yang kosong, selama beberapa detik.
Akan muncul 3 opsi, silahkan pilih Widgets.



Selanjutnya, geser layar hingga anda menemukan menu Settings shortcut.



Sentuh dan tahan pada “settings shortcut” hingga muncul home screen. Drag widget ini ke layar utama.
Sampai di sini, anda sudah dapat membuka menu “setting shortcut”. Geser hingga ditemukan notification log.



Nah, anda dapat melihat notifikasi history di situ.

Cara mengembalikan notifikasi yang hilang menggunakan aplikasi


Metode lain untuk memulihkan notifikasi pada android adalah menggunakan aplikasi yang disebut Notification History. Silahkan temukan aplikasi ini di Google Playstore, kemudian install dan jalankan aplikasi ini. Dengan aplikasi playstore ini, anda dapat membuka kembali history notifikasi yang tersimpan pada ponsel android.

Cara mengatasi notifikasi aplikasi yang tidak muncul


Para pengguna android sering mengeluh tentang tidak munculnya notifikasi dari aplikasi tertentu, seperti BBM (Blackberry messenger) dsb. Dampaknya tentu saja akan menyebabkan pengguna ketinggalan informasi yang mungkin penting. Bagi anda yang mengalami masalah seperti itu, silahkan pelajari sedikit penjelasan ini.

Notifikasi whatsapp tidak muncul, atau notifikasi BBM dan lainnya yang tidak muncul dapat disebabkan oleh power saver yang aktif. Power saver akan mencegah aplikasi dari background, jika tidak sering digunakan. Jadi, anda harus memeriksa apakah power saver memblokir aplikasi yang jarang digunakan.

Nah, itulah cara mengatasi notifikasi yang tidak muncul pada layar android. Dengan panduan di atas, anda seharusnya tidak terburu-buru untuk memilih reset factory ataupun install ulang terhadap aplikasi yang mengalami masalah tersebut. Mungkin anda punya pengalaman terhadap masalah ini, jangan ragu untuk menuliskan di kolom komentar. Semoga membantu. Pelajari juga: Cara Membuka Kunci Android Yang Lupa Pola