Cara Mengatasi Layar HP Redup Terang Sendiri

Cara Layar Android – Pernah mengalami LCD redup terang sendiri di Android? Beberapa masalah layar memang kadang sangat mengganggu kita meski bisa dibilang secara kinerja tidak berpengaruh, Namun segala operasional dari smartphone android kita semuanya bermuara pada layar sehingga jika terjadi masalah sangat mengganggu penggunaan kita. Seperti misalnya layar LCD yang redup sendiri atau terang sendiri padahal tidak diapa-apakan. Kadang terang banget dan kadang redup sekali meski tidak dilakukan apapun.

 

Layar LCD Redup Terang Sendiri terjadi akibat beberapa alasan yang menyebabkan munculnya masalah ini. Mulai dari penggunaan yang kurang efisien seperti sering dipakai game atau internet saat sedang dilakukan pengisian atau charging, sering terjatuh atau terbentuk, sering tertekan atau tanpa sengaja di saku yang terlalu ketat. Artinya selain panas berlebih, penggunaan yang tidak sesuai bisa menjadikan umur pakai dari LCD menjadi lebih cepat rusak. 

 

Apakah layar redup dan terang sendiri harus ganti LCD?

Pada dasarnya jika sudah mengalami masalah terang dan redup sendiri, ada kemungkinan harus ganti LCD baru. Tetapi dalam beberapa kasus, tidak harus ganti jika memang ternyata bukan dari hardware melainkan hanya perubahan setelan atau software yang menyebabkan hal ini terjadi. Untuk lebih jelasnya kita akan coba membantu cara mengatasi layar HP terang sendiri atau redup sendiri dengan melihat beberapa penyebabnya :

 

Cara Mengatasi Layar HP Redup Terang Sendiri

 

Berdasarkan penyebabnya, akan kita bagi dan coba menyelesaikan menurut dari kemungkinan-kemungkinan munculnya masalah ini:

Jika tidak ada masalah sebelumnya, tidak terjatuh, dll

  1. Pengaruh Aplikasi Pihak Ketiga
    Jika melihat kondisi sebelumnya tidak ada masalah atau tidak pernah terjatuh, anda bisa mencoba cek setingan kecerahan. Beberapa aplikasi yang tanpa sadar kita install, ada beberapa yang meminta ijin akses kecerahan layar, tanpa sadar kita mengijinkan untuk akses tersebut. Alhasil layar menjadi cerah sendiri atau redup sendiri. Untuk mengatasinya, cobalah uninstall atau copot pemasangan dari aplikasi tersebut. Anda bisa mengingat kapan mulainya terjadi masalah ini, dan ingat sebelumnya menginstall aplikasi apa, itu bisa jadi kecurigaan yang perlu anda hapus aplikasinya.
  2. Setingan Berubah
    Jika ini terjadi dari anda membeli, kemungkina setingannya menggunakan AUTOMATIC. Setingan fitur ini memungkinkan layar akan menyesuaikan otomatis kecerahan berdasarkan intensitas cahaya di sekitar. Jika lingkungan sekitar gelap, maka layar otomatis akan redup untuk menghemat penggunaan daya. Begitu juga sebaliknya, jika intensitas cahaya di luar yang diterima adalah terang, maka layar otomatis akan cerah agar layar dari smartphone bisa terlihat jelas oleh pengguna. Anda bisa mencoba mematikan atau menyetel ulang melalui Pengaturan kemudian pada menu Tampilan. Selanjutnya pilih kecerahan layar, dan matikan otomatisnya jika pada posisi on. Setelah automatic dimatikan, setel kecerahan layar sesuai kebutuhan.

Jika sebelumnya mengalami jatuh atau terbentur benda keras:

  1. Socket LCD kendor
    Bila sebelumnya terjatuh dan mengalami masalah ini, kemungkinan socket dari LCD mengalami kendor atau putus. Untuk mengeceknya anda bisa membuka casing dengan mematikan smartphone terlebih dahulu. Buka dengan obeng kecil sesuai dengan baut yang digunakan, Biasanya berbentuk bintang kecil. Buka semua penutup sehingga terlihat dalamnya. Cek pada socket atau sambungan Layar dan copot socketnya. Bersihkan menggunakan contact cleaner, dan pasang lagi. Cek juga apakah ada yang putus dari kaki-kaki socket sehingga menyebabkan layar redup sendiri.
    penyebabi Layar HP Redup Terang Sendiri

    Nah, cek pada socket dan pasang dengan memastikan socket sudah kencang terpasang pada dudukan dengan mesin atau plat dari Smartphone.

  2. Lampu LCD sebagian rusak
    Kemungkinan lain jika memang socket sudah terpasang ternyata masalah ini belum hilang sepenuhnya, bisa ada kerusakan pada lampu di dalam LCD. Jika ini terjadi, memang sangat jarang yang mau mengganti lampu-lampu LCD kepada pengguna. Yang paling relevan adalah mengganti LCD satu penuh sesuai dengan tipe smartphone anda. Ini mungkin bisa membuat budget lumayan tinggi. Meski nanti bekas dari LCD nya akan direpair oleh teknisi hp jika anda melakukan penggantian di teknisi handphone.
  3. LCD Rusak
    Sama seperti saran di poin sebelumnya, anda harus mengganti layar atau LCD sesuai dengan tipe hp android milik anda. Bila anda expert atau berpengalaman dalam mengganti LCD sendiri, anda
    bisa mencari LCD atau membeli sendiri melalui toko online, atau mencari
    bekas yang sesuai dengan tipe hp anda untuk menekan budget. Tetapi jika
    tidak menemukan, anda harus order di service center dari brand
    smartphone anda secara resmi.  Kebanyakan, jika order membutuhkan waktu sebulan hingga 2 bulan untuk pengadaan part yang anda butuhkan. Maka sebelum melangkah ke cara ini, ada baiknya anda coba cara-cara sebelumnya sehingga bisa jadi LCD anda tidak rusak ataupun belum sepenuhnya rusak dan masih anda waktu untuk menggantinya. Sebab saat ini, smartphone sangatlah penting, Sehari tidak update melihat sosial media saja, banyak yang resah.

Masalah lain mengenai layar, anda juga bisa lihat di :

Demikian mengenai Cara Mengatasi Layar HP Redup Terang Sendiri yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman yang saya temu di lapangan. Bila ada kemungkinan atau penyebab lain, anda bisa menuliskannya di kolom komentar dan akan kita kupas bersama untuk menambah opsi atau pilihan perbaikan yang bisa dibagikan untuk membantu pembaca setelah anda, Salam.