Cek Hardware Smartphone-mu dengan 5 Aplikasi khusus ini

Ketika sedang tidak ada kerjaan dan kamu mengecek kondisi smartphone, mengecek semua hardware mulai dari bluetooth, kamera, speaker sampai dengan GPS-nya. Mungkin kamu cek karena curiga smartphone-mu tidak berjalan seperti biasa. Melakukan pengecekan secara manual sepertinya tidak terlalu efektif.

Ada 5 aplikasi yang lebih baik kamu gunakan untuk melakukan pengecekan seluruh hardware spartphone agar lebih mudah dan menjadi lebih simpel dalam pengerjaannya, berikut ini aplikasinya:

1. Z-Device Test

Aplikasi ini akan memudahkanmu untuk mengecek dengan analisa komplit seluruh hardware smartphone, seperti kamera sampai dengan sensor akselerometer. Pengecekan dengan aplikasi Z-Device Test bisa kita lihat mana sensor yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak. Tanda Y artinya sensor tersebut bisa digunakan, jika tandanya X artinya sensor pada hardware smarthphone  tersebut bermasalah.

2. Phone Tester

Aplikasi ini dapat digunakan untuk menguji sensor smartphone, kamera, sinyal, dan lainnya. Tampilan Phone Tester sangat simpel dan mudah sekali dalam penggunaannya. Karena mudahnya, bahkan anak kelas 5 SD pun bisa menggunakan aplikasi tersebut.

3. Sensor Box

Aplikasi Sensor box berguna untuk menguji semua sensor pada smartphone. Yaitu sensor cahaya, akselerometer, orientasi, temperatur, proximity, gyroscope dan sensor lainnya.

4. Antutu Tester

Antutu Tester aplikasinya cukup unik. Aplikasi ini sangat berbeda dengan yang lain karena tidak fokus pada pengujian hardware, tapi berfokus pada 3 komponen penting smartphone yaitu: layar, touchscreen, dan baterai. Jadi kamu bisa tahu kesehatan dari tiga komponen penting tersebut melalui aplikasi ini.

5. Phone Doctor Plus

Fitur-fitur di dalam aplikasi ini sangat berguna dalam menguji hardware yang ada pada smartphone kamu dengan 25 jenis pengujian berbeda. Untuk kamu yang suka gaya-gayaan untuk smartphone-nya, banyak sekali fitur yang pasti kamu suka di aplikasi Phone Doctor Plus ini dan bisa membagikan hasil pengujiannya di Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Dari 5 Aplikasi tersebut diatas tadi kamu bisa uji hardware pada smartphone-mu. Jika satu atau dua hardware perangkat yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak bisa dengan sangat mudahnya kita ketahui.