Ponsel Androidmu Mulai Lemot? Begini Cara Mengatasinya Agar Lebih Cepat

Android Lemot – Sudah merasakan androidmu mulai lemot jika dibandingkan dengan sebelumnya? pada prinsipnya perangkat apapun ketika sering digunakan maka kinerja akan menurun,. Meski bukan secara performa namun data yang diolah dan diterima diharuskan untuk mengingat sehingga membutuhkan banyak memori untuk cache yang hal ini akan berpengaruh pada kecepatan kinerja dalam menerima data lain. Akhirnya dalam penggunaannya maka kecepatan dari androidmu akan berbeda dari bulan-bulan pertama saat setelah anda menggunakan atau membelinya. lalu bagaimana cara mengatasi hp android lemot?

Mengatasi Android Lemot Agar lebih Cepat juga bukan hal mudah, karena lambat atau lemotnya android terjadi oleh banyak faktor. Selain dari faktor cache atau ingatan yang dimiliki oleh data, kecepatan dari jaringan sangat berpengaruh untuk melakukan pengolahan data agar lebih cepat. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi lemot ini? kami sudah merangkum beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan sendiri, antara lain berikut ini:

Cara Mengatasinya Android Lemot Agar Lebih Cepat

Cara Mengatasinya Android Lemot Agar Lebih Cepat

Nah, berikut ini semua solusi perbaikanuntuk ponsel atau tablet Android Anda yang sudah mulai lemot. 

Cara Cepat Mengatasi Android Lemot

Tutup semua aplikasi
Memang sepertinya sepele, tetapi kadang kita lupa mengecek berapa aplikasi yang berjalan di latar belakang yang sebenarnya sedang menggunakan memori ram untuk berjalan sehingga aplikasi berjalan bersamaan yang menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat. Sistem operasi seluler seperti Android dan iOS melakukan pekerjaan yang baik dalam mengelola sumber daya, tetapi membuka terlalu banyak aplikasi dapat menyebabkan beberapa perlambatan perangkat. Hal pertama yang dapat Anda coba adalah menutup semua aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Anda dapat menutup aplikasi dengan mengklik tombol Tasking, biasanya tombol persegi di bagian bawah atau tepat di bawah layar.  Tekan dan tutup aplikasi dengan menggeser atau membuang ke atas. Atau bisa juga dengan memencet tanda X pada setiap layer di kanan atasnya.

Nonaktifkan widget
Beberapa elemen antarmuka mungkin sangat berguna untuk layar utama, seperti jam atau bookmark untuk browser Chrome, tetapi ingat, semua elemen antarmuka bekerja di latar belakang saat menggunakan perangkat. Jika memang tidak terlalu penting ada baiknya tidak perlu anda gunakan. Cukup gunakan yang lebih penting dari sisi darurat saja seperti tombol pintas untuk Whatsapp jika memang anda menggunakan Whatsapp dengan intensitas yang tinggi. Jika Anda memiliki banyak widget, coba kurangi dengan menonaktifkan sebagiannya. Anda dapat menghapus widget apa saja dengan lama menekan jari Anda pada widget untuk bergerak dengan jari Anda. Maka bagian hapus akan muncul di layar utama. Anda cukup menarik widget ke bagian hapus atau gambar tong sampah dan letakkan di sana. Jika bagian hapus tidak muncul, coba seret widget keluar dari layar dan jatuhkan, karena mekanismenya bekerja seperti ini pada beberapa perangkat yang lebih lama.

Perbarui ke versi terbaru sistem Android
Versi yang lebih baru dari sistem operasi Android dapat membantu dengan menyediakan perbaikan yang diperlukan untuk kerentanan dan memperbaiki masalah terkait cara mengoptimalkan sumber daya seperti memori dan ruang penyimpanan. Jika Anda sering melakukan restart ponsel dengan harapan smartphone bisa lebih cepat tapi nyatanya hanya sebentar saja kemudian lemot kembali, cobalah untuk melakukan update versi android, caranya:

  • Pertama: buka aplikasi Pengaturan dari halaman Aplikasi.
  • Jelajahi hingga bagian bawah pengaturan dan ketuk Smartphone atau tablet.
  • Klik Sistem, yang akan ada di bagian atas layar. Perangkat akan menunjukkan apakah Anda sudah memiliki versi terbaru dari sistem operasi atau tidak, dan menawarkan tombol pembaharuan jika versi android anda tidak berada pada versi terbaru.

Hapus aplikasi yang Jarang Digunakan
Aplikasi dan perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya telah menjadi masalah umum untuk perangkat Android, karena berbagai produsen terkadang menambahkan hingga selusin atau lebih aplikasi ke aplikasi standar yang menyertai sistem operasi. Jika Anda memiliki ponsel cerdas atau tablet Samsung, Anda mungkin memiliki sejumlah aplikasi duplikat seperti Samsung Digital Store serta Google App Store. Tidak semua aplikasi ini damai atau merusak, beberapa di antaranya mungkin berjalan secara otomatis ketika perangkat dihidupkan, dan mengkonsumsi banyak memori dan kemampuan CPU. Sayangnya, Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya menghapus aplikasi tersebut. Tapi Anda bisa menonaktifkannya. Anda dapat melakukan ini dengan membuka aplikasi Pengaturan, mengklik Aplikasi dan kemudian mengklik aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan. Jika aplikasi diunduh dari Google App Store, Anda akan menemukan tombol Copot pemasangan alih-alih dinonaktifkan. Jika masalah kinerja lambat berlanjut, yang terbaik adalah memilih keluar dari semua aplikasi pada perangkat dan tidak pernah menggunakannya. Program pra-install sangat mempengaruhi kinerja ponsel dan tablet Android.

Nonaktifkan latar belakang animasi
Jika Anda memiliki gambar latar bergerak (atau “langsung”), seperti screen saver dan Anda memiliki masalah dengan kinerja perangkat, lebih baik mengubahnya menjadi latar belakang statis atau foto diam. Anda dapat memilih latar belakang dengan membuka aplikasi Pengaturan, memilih layar lalu mengklik latar belakang. Lebih baik menggunakan salah satu latar belakang default atau gambar daripada memilih sesuatu dari latar belakang animasi.

Bersihkan cache aplikasi
Beberapa aplikasi terkadang mengunduh gambar dan konten data lainnya di Internet dan menyimpannya di perangkat untuk meningkatkan kecepatan penelusuran aplikasi, tetapi terkadang, cache ini dapat memengaruhi kinerja perangkat secara negatif. Data cache mungkin berisi file sementara yang tidak lagi Anda gunakan, atau lebih buruk, file rusak yang dapat menyebabkan lebih banyak masalah. Jika Anda memiliki masalah dengan Smartphone atau tablet Anda, selalu ada baiknya untuk menghapus cache aplikasi. Efek negatif dari hal ini adalah Anda mungkin diminta untuk masuk kembali ke aplikasi tersebut, dan aplikasi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat saat dijalankan untuk pertama kalinya setelah membersihkan cache. Namun secara keseluruhan kinerja perangkat diharapkan membaik.

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan pilih Storage.
  • Anda harus melihat cache data atau cache aplikasi dalam daftar ini.
  • Setelah mengklik pada data yang di-cache, Anda akan diarahkan untuk menghapus data untuk semua aplikasi. Pilih OK.

Haruskah Anda khawatir tentang membebaskan ruang penyimpanan?
Membebaskan ruang penyimpanan adalah tip umum untuk meningkatkan kinerja perangkat, tetapi pada kenyataannya, kinerja hanya akan meningkat jika ada sedikit ruang penyimpanan internal gratis. Anda dapat memeriksa berapa banyak ruang kosong yang Anda miliki dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mengklik Penyimpanan.

Solusi perbaikan hp android lemot ntuk Smartphone atau tablet Android

Jika Anda memiliki ruang kosong kurang dari 1 GB, Anda mungkin ingin menghapus beberapa aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan untuk membuat ruang untuk sistem operasi Android. Jika ruang kosong lebih besar dari ini, Anda tidak perlu khawatir tentang ruang penyimpanan. Apakah kinerja perangkat masih lambat?

Hal terakhir yang dapat Anda coba sebelum Anda mengambil langkah membeli perangkat baru adalah mengatur ulang perangkat Android Anda ke pengaturan default pabrik. Ini akan mengembalikan perangkat ke kondisi yang sama dengan saat Anda membelinya, dan proses ini akan menghapus masalah yang terkait dengan kinerja perangkat. Tetapi jika tablet atau Smartphone Anda sudah sangat tua, Anda mungkin mengalami masalah kinerja lambat yang sama setelah Anda menginstal aplikasi modern di atasnya.

Anda dapat mengatur ulang perangkat Android Anda ke pengaturan default pabrik dengan membuka aplikasi Pengaturan, memilih Backup & Reset, lalu mengklik Factory Reset.

Demikian cara mengatasi Android lemot yang termudah yang bisa anda coba sendiri. Jika dengan beberapa cara diatas tidak menyelesaikan masalah yang anda hadapi, jangan ragu untuk menuliskan di kolom komentar sebagai bahan pertimbangan dalam perbaikan masalah android lemot.