Tutorial Install Google Classroom menggunakan Ponsel Android dan Laptop

Tutorial Install Google Classroom menggunakan Ponsel Android dan Laptop – Kita sekarang memasuki zaman serba modern, dimana suatu kegiatan selalu melibatkan teknologi didalamnya, yang digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia menjadi semakin lebih efisien dan mempercepat suatu pekerjaan.

Dengan adanya teknologi, beragaam aplikasi pun muncul seperti aplikasi Google Classroom ini yang mempermudah pengajar dan siswa untuk belajar secara daring.

Tasikmalaya, Google Classroom merupakan aplikasi edukasi dari Google yang menjadi pilihan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara online dengan pertemuan video. Namun, apakah anda sudah tahu cara menginstal Google Classroom di laptop dan Ponsel Android?  Yuk, kita simak cara caranya.

Google Classroom juga dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas secara online. Aplikasi Google Classroom ini juga , terdapat beberapa fitur yang dapat anda gunakan dalam Google Classroom, seperti Assignment, Konferensi Online, Single View, Penyusunan Kelas Online, Penilaian Langsung, Announcement, Transfer Kelas, Integrasi Kelas, dan Google Formulir.

Beginilah, cara menginstal Google Classroom di Laptop dan Ponsel Android

Untuk menggunakan aplikasi Google Classroom ini, anda harus menginstal aplikasi Google Classroom terlebih dahulu di perangkat yang akan digunakan.  Inilah cara-cara menginstall Google Classroom di Laptop:

  1. Pastikan anda sudah memiliki akun Google, karena untuk masuk ke aplikasinya harus sudah punya Gmail
  2. Masuk ke halaman pencarian Chrome Web Store yang ada di browser Google Chrome
  3. Sesudah membuka Chrome Web Store, lalu anda ketik Google Classroom di tab search bagian atas kanan
  4. Klik pilihan Classroom dan anda siap untuk memulai kelas

Kemudian, untuk menginstal Google Classroom di Ponsel Android, ini dia langkah-langkahnya:

  1. Pastikan anda sudah memiliki akun Google, karena untuk masuk ke aplikasinya harus sudah punya Gmail
  2. Klik aplikasi Play Store di Ponsel Android
  3. Cari dan ketik Google Classroom
  4. Lalu klik install atau unduh
  5. Tunggu hingga proses unduhan selesai dan anda bisa langsung menggunakan aplikasi Google Classroom di HP Android anda.
Baca Juga : 6 Aplikasi Terbaik di ‘Dunia’ Antivirus dan Anti-Malware untuk Smartphone Android

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Google Classroom

Berikut ini  yang bisa anda lakukan dalam aplikasi Google Classroom sebagai pengajar dan siswa. Sebagai pengajar, anda bisa melakukan kegiatan berikut ini:

  1. Memulai pertemuan video daring
  2. Membuat dan mengatur kelas, tugas dan nilai secara online
  3. Menambahkan materi, seperti Power Point (PPT), video YouTube, survei Google Forms dan berbagai data dari Google Drive kedalam tugas yang diberikan oleh pengajar
  4. Memberikan manfaat yang baik secara langsung
  5. Memakai class stream untuk memberi pengumuman dan melibatkan siswa dalam diskusi yang didorong pertanyaan-pertanyaaan antara siswa-siswa

Sementara itu, sebagai siswa anda bisa melakukan kegiatan berikut ini:

  1. Bisa melakukan pembelajaran secara daring
  2. Mengumpulkan tugas dan memantau pekerjaan rumah
  3. Membagikan sumber materi dan berinteraksi dalam siaran kelas atau melalui email dengan notifikasi

Begitulah, cara menginstall Google Classroom di Ponsel Android dan Laptop beserta fitur yang bisa anda lakukan. Mudah dan gak ribet, bukan?

Baca Juga : 8 Langkah Cara Daftar Shopee Food Merchant

Google Classroom ini juga banyak sekali manfaatnya dan memudahkan anda untuk melakukan belajar dan mengajar secara daring, dan pada masa pandemi ini tentunya sekolah maupun kuliah tidak bisa bertatap muka seacara langsung dan dengan adanya aplikasi Google Classroom ini semoga membantu dan mempermudah kegiatan belajar dan mengajar di Indonesia ini.

Terimkasih, semoga membantu kalian yang kebingungan mengunduh aplikasi Google Classroom ini.