Update Driver Windows di PC dan Laptop

Update Driver Windows di PC dan Laptop

Komputer PC dan Laptop sekarang sudah termasuk kedalam salah satu kebutuhan manusia yang vital dan sangat berpengaruh. Apabila ada kerusakan hardware ataupun error maka komputer ataupun laptop tidak akan bisa bekerja dengan baik sebagaimana mestinya, juga apabila softwarenya kurang berfungsi dengan baik.
Penghubung hardware dengan software adalah Driver. Apabila hardware dan software bertemu maka driver yang akan mengatur keduanya untuk membuatnya berfungsi dengan baik. Maka dari itulah driver dari hardware komputer atau laptop harus menggunakan yang paling update dan tidak boleh expired atau tertinggal.

Jenis-jenis hardware pada PC/Laptop seperti VGA, network adapter, card reader, touchpad (pada laptop) dan hardware lain yang sangat penting keberadaannya supaya PC bisa bekerja dengan optimal. Apabila ada salahsatu yang tidak berfungsi dengan baik/error, atau rusak, bisa jadi itu disebabkan driver yang sudah kadaluwarsa dan perlu untuk di update.

Lalu bagaimanakah cara untuk meng-update driver PC atau laptop?.

Update Driver Windows 10

Cara meng-update driver, salah satunya anda bisa meng-update driver melalui Windows update /bawaan windows melalui situs resminya dari manufaktur atau bisa menggunakan aplikasi driver booster.

  •  Menggunakan Windows Update

Apabila anda menggunakan PC atau Laptop dengan windows seperti windows 10. Anda bisa meng-update driver dari semua hardware  PC/laptop anda dengan mudah yaitu melalui Windows Update. Tapi anda tidak perlu khawatir, apabila driver update muncul, windows update tersebut akan memberikan driver yang cocok dengan manufaktur dan hardware yang sesuai dengan jenisnya.

  • Cara meng-update driver melalui Windows Update. Buka aplikasi Setting>Update and Security>Windows Update
  • Klik download jika tersedia update. Jika tidak, pilih saja check for updates
  • Tunggu sampai semua driver berhasil diperbarui.

Kemungkinan besarnya anda tidak akan melihat driver baru untuk di download pada Windows Update. Karena windows update tidak terlalu banyak mengenali driver yang sudah terinstall yang membutuhkan updates. Yang paling sering Windows Update menyajikan update untuk VGA, network adapter, dan card reader. Terutama ketika anda baru menginstall ulang PC/Laptop anda.

  • Melalui Situs Resmi

Update driver melalui situs resmi dari manufaktur laptop akan berbeda dan sedikit merepotkan. Anda harus menemukan driver yang diinginkan dengan cara manual sesuai dengan merk serta tipe dari laptop yang anda gunakan. Contohnya seperti Acer, Asus, Samsung, Toshiba, Dell, dan berbagai merk Laptop lainnya.

Anda juga harus mendownload driver VGA (graphic card, GPU) dari berbagai manufaktur seperti Intel, AMD dan NVIDIA.

Setiap manufaktur VGA menyajikan update melalui 2 cara, yaitu melalui situsnya langsung secara manual dan dari aplikasi setiap manufaktur VGA masing-masing untuk mendownload dan menginstall driver update secara otomatis. Cara lain yang masih bisa anda lakukan untuk meng-update driver yaitudengan menggunakan driver booster.

  • Melalui Driver Booster

Driver Booster adalah satu aplikasi yang paling dipercaya meyakinkan untuk mendownload dan menginstall driver terupdate serta sesuai dengan hardware yang kita gunakan di dunia ini. Tapi bukan berarti saya menyarankan anda untuk mendownload dan menginstall driver pc/laptop anda melalui Driver Booster ataupun aplikasi lainnya. Karena sering sekali aplikasi seperti ini justru tidak sesuai dan malah merusak driver sehingga membuat PC/Laptop anda menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Tetapi jika anda ingin memilih cara yang instan, cepat dan mudah untuk meng-update driver lebih baik menggunakan Driver Booster. Keuntungan lain yang anda dapatkan dari Driver Booster yaitu anda bisa mendownload dan meng-install semua driver PC/Laptop secara sekaligus.

Kesimpulannya, Update Driver sangat penting untuk anda lakukan tapi hanya ketika anda membutuhkannya, jika tidak diperlukan untuk update sebaiknya anda jangan melakukannya.

***