Pesona Keindahan Pantai Wediombo Gunungkidul, Cocok untuk Liburan

Posted on

Kabupaten Gunungkidul memang populer dengan destinasi wisata pantai. Misalnya saja Pantai Wediombo Gunungkidul yang penuh pesona dan menjadi satu-satunya pantai yang menghadap ke arah barat.  Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi tempat ini sekedar refreshing atau menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta.

1. Pesona Keindahan Pantai Wediombo Gunungkidul, Cocok untuk Liburan(youtube.com)

Pantai Wediombo Gunungkidul, Sejarah, Daya Tarik, Hingga Info Harga Tiket Masuk

Setiap pantai di Gunungkidul mempunyai daya tarik yang berbeda-beda. Sehingga setiap wisatawan mempunyai pantai favorit masing-masing sesuai dengan pesona yang disuguhkan.

Sejarah Pantai Wediombo

Nama Wediombo berasal dari bahasa Jawa. Artinya, pantai yang mempunyai Wedi atau pasir dan Ombo berarti luas. Wediombo ini mempunyai arti pantai dan hamparan pasirnya yang meluas.

Selain itu, kontur pantainya unik karena terbentuk dari letusan gunung berapi purba jutaan tahun silam. Kemudian sisa-sisanya masih terlihat jelas hingga saat ini.

Daya Tarik Pantai Wediombo

Keindahan Pantai Wediombo Gunungkidul sayang untuk dilewatkan saat liburan. Pasalnya, terdapat laguna berbentuk cekungan besar menyerupai kolam alami yang terhimpit bebatuan karang. Kedalamannya mencapai tinggi dada orang dewasa.

Daya tarik berikutnya adalah pantai dengan ciri khas pasir putih. Siapa saja pasti akan betah bermain pasir putih sembari menikmati air laut yang jernih.

Spot Foto Pantai Wediombo

Pantai Wediombo Gunungkidul menyuguhkan pesona sunset yang memikat hati setiap pengunjung. Keindahan matahari terbenam ini bisa menjadi salah satu spot foto yang memukau.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan hasil jepretan yang instagramable dengan berswafoto di ayunan tali tambang besar di bawah pohon. Pantai Wediombo sangat unik, keberadaannya seperti teluk cukup lebar dan terdapat bebatuan karang di sebelah kanan dan kiri.

Aktivitas Seru di Pantai Wediombo

Anda bisa berendam dan berenang di laguna ditemani hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi. Kemudian bisa menjajal snorkeling atau diving di pantai. Bahkan wisatawan dapat menyewa perahu atau naik kapal menuju laut yang tidak jauh dari bibir pantai.

Jangan khawatir bila rasa lapar menghampiri. Sebab, di area sekitar pantai tersedia berbagai kuliner yang memanjakan lidah pengunjung. Menu-menu seafood juga tersedia di sini.

Pihak pengelola pantai juga menyediakan area camping yang luas. Pengalaman liburan yang istimewa bisa Anda nikmati dengan berkemah dan bermalam ditemani suara debur ombak.

Fasilitas dan Akomodasi Pantai Wediombo

Fasilitas yang tersedia di pantai ini berupa toilet umum, mushola, area parkir yang luas, penyewaan tenda, alat surfing, dan alat snorkeling, angkringan, seta masih banyak lagi. Berbagai fasilitas yang tersedia di penginapan juga cukup memadai.

Penginapan di Pantai Wediombo Gunungkidul

Jika berlibur seharian tidak cukup, Anda biasa menginap di sekitar pantai saat liburan. Urusan harga sangat terjangkau, karena penginapan di area pantai bukan penginapan mewah bintang lima. Jadi tarif per malamnya aman di kantong.

Alamat Pantai Wediombo

Alamat Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Setibanya di area parkir, Anda harus menempuh jalan kaki sejauh 200 meter. Kemudian menuruni anak tangga sebelum mencapai lokasi pantai.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Bagi para wisatawan yang berada di pusat kota Jogja, rute menuju pantai Wediombo melalui Jln. Wonosari. Kemudian arahkan menuju Pasar Argosari Wonosari. Terus ikuti jalan hingga sampai pertigaan dan arahkan ke Jln. Baron.

Telusuri jalanan hingga bertemu pertigaan lagi, belokkan ke arah Pantai Indrayanti-Pantai Ngobaran. Anda akan melewati Pasar Jepitu, ambil arah kanan dan ikuti jalan hingga sampai ke Pantai Wediombo Gunungkidul.

Jarak pusat kota Yogyakarta ke Pantai Wediombo kurang lebih 75 km. Kemudian waktu yang diperlukan untuk mencapai tempat tersebut saat lalu lintas normal sekitar 2 jam 30 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Ketika memasuki kawasan Pantai Wediombo Gunungkidul, dikenakan tarif retribusi Rp 10.000 per orang. Kemudian biaya parkir kendaraan bermotor roda dua Rp 3.000. Sementara tarif parkir Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Apabila ternyata Anda berkeinginan menginap dan menitipkan kendaraan di area parkir tepi pantai, maka tarif kendaraan roda dua sebesar Rp 10.000 dan Rp 25.000 untuk kendaraan roda empat.

Jam Operasional Pantai Wediombo

Jam operasional Pantai Wediombo dulu buka setiap hari selama 24 jam. Kemudian ditutup karena adanya pandemi Covid-19, kini kawasan wisata pantai Wediombo dibuka kembali sesuai Instruksi Gubernur Nomor 31/INSTR 2021 yang berpedoman pada Instruksi Mendagri Nomor 53 Tahun 2021.

Namun tetap menerapkan protokol kesehatan, kapasitas maksimal 25%, dan harus mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi. Khusus hari Sabtu dan Minggu, Pantai Wediombo Gunungkidul buka pukul 12.00 hingga 18.00 dengan mengikuti sistem rekayasa lalu lintas ganjil genap.