Jam Operasional Pantai Wediombo Gunungkidul yang Bisa Dikunjungi

Posted on

Liburan ke Yogyakarta akan lebih spesial jika menikmati keindahan alam. Apalagi Kota Gudeg ini mempunyai pantai yang bagus terutama kawasan Gunungkidul. Salah satu pantai yang mempunyai keindahan alam serta jarang diketahui adalah Pantai Wediombo. Jam operasional Pantai Wediombo bisa Anda ketahui dengan menyimak informasi berikut. Berikut ini jam untuk mengunjungi Pantai.

11. Jam Oprasional Pantai Wediombo Gunungkidul, yang Bisa Dikunjungi (pinterest.com)

Jam Operasional Pantai Wediombo Gunungkidul

Saat berkunjung ke pantai Anda bisa menikmati ombak dan keindahan pasir khas Gunungkidul. Ombak di Pantai ini terbilang tinggi jika sedang pasang. Hal ini membuat Anda para wisatawan kurang cocok untuk dijadikan tempat menyelam dan berenang. Selain itu ada mitos jika berenang di Wediombo maka akan hanyut. Maka dari itu banyak orang yang berkunjung ke Pantai Wediombo tidak berani berenang atau menyelam.

Walaupun tidak bisa berenang Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan, misalnya memancing surfing atau berselancar dan berkemah. Anda bisa melakukan kegiatan berjemur untuk menikmati kesejukan dari udara pantai. Karena wisata Pantai Wediombo merupakan objek wisata alam, pantai ini buka selama  24 jam. Tempat ini bisa dikunjungi untuk kalangan umum.

Pesona Pantai Wediombo

Lokasi pantai ini yakni berada di sebelah selatan ujung Kecamatan Girisubo Selain itu, Wediombo juga bersebelahan dengan Pantai Jungwok. Keduanya terletak di kawasan teluk yang sama. Nama Pantai Wediombo mempunyai arti pasir yang luas, tetapi berbanding terbalik dengan keadaan aslinya. Walaupun garis pantai yang panjang tetapi lahan pasir sangat sempit, kontur tanah juga tidak landai.

Daya tarik dari pantai ini terletak pada gugusan karang. Sepanjang bibir pantai banyak sekali hamparan karang, hal ini membuat Pantai Wediombo seperti tanaman karang yang sangat luas. Selain itu laut pantai yang tenang membuat lokasi cocok untuk bersantai.

Keunikan dari Wediombo terletak pada posisinya, karena kebanyakan pantai di Gunungkidul menghadap ke arah selatan. Laut Pantai Wediombo yang bermuara ke Samudera Hindia terbilang cukup ganas. Angin yang kencang sering membuat gelombang serta ombak yang tinggi di pantai tersebut.

Pantai Wediombo menghadap ke arah barat dengan garis pantai yang nyaris lurus serta berada di pinggir teluk. Hal ini membuat angin laut yang menerpa tidak terlalu kencang seperti pantai lain. Untuk kontur lahan memang tidak terlalu landai, hal ini membuat lahan berpasir menjadi sempit. Tetapi pada kawasan pantai dipagari oleh pepohonan yang rimbun. Keadaan pepohonan menambah suasana menyenangkan dan teduh.

Untuk sampai ke pantai Anda harus berjalan kaki dari area parkir. Jalannya berupa tangga yang menurun dengan jarak 50 meter. Anda tidak perlu risau karena tangganya dari beton serta dilengkapi dengan pagar pengaman. Dengan begitu Anda bisa menikmati waktu liburan dengan santai.

Jadi untuk Anda yang sedang di Yogyakarta bisa untuk mampir ke Pantai Wediombo. Jam operasional Pantai Wediombo yang terbuka setiap waktu membuat Anda bisa datang kapan pun. Tetapi disarankan untuk di pagi dan sore hari, karena bisa melihat sunrise dan sunset secara langsung.