Sejarah Pantai Wediombo Terbentuk Akibat Letusan Gunung Api Purba

Posted on

Sejarah Pantai Wediombo konon terbentuk akibat letusan gunung api purba. Tentunya Anda pasti pernah berwisata ke Pantai Wediombo. Pantai Wediombo ini merupakan salah satu dari beberapa pantai indah yang ada di Gunungkidul. Pemandangan yang disuguhkan pantai ini memang indah dan memiliki hamparan pasir putih yang luas. Tentunya akan sangat memanjakan para wisatawan yang datang.

Tidak hanya itu, wisatawan yang datang dapat menikmati berbagai aktivitas. Seperti halnya melakukan surfing, snorkeling, camping, dan tracking. Namun ternyata dibalik pesona yang disuguhkan Pantai Wediombo ini terdapat hal menarik.

Sejarah Pantai Wediombo Terbentuk Akibat Letusan Gunung Api Purba
okezone.com

Ketahui Sejarah Pantai Wediombo

Nama Wediombo sendiri diambil dari bahasa Jawa yang memiliki makna “pasir yang luas”. Pantai Wediombo ini termasuk pantai yang sangat istimewa. Hal itu karena konon terbentuknya pantai ini akibat letusan gunung api purba. Tampak dari bentuk teluknya yang menyerupai setengah lingkaran. Pada zaman dahulu merupakan kawah dari gunung api tersebut yang tenggelam ke dasar permukaan laut dengan seiring berjalannya waktu.

Bagian sebelah timur pantai ini tampak adanya batuan karang sebagai sisa-sisa lelehan lava yang membeku. Batuan karang tersebut memiliki beberapa lubang yang tampak di sekitarnya. Di balik keindahannya yang tersimpan fenomena alam berumur jutaan tahun lalu.

Fenomena yang Terdapat di Teluk Wediombo

Fenomena yang terdapat di Teluk Wediombo sebagai segmen pantai bagian timur dengan adanya batuan gunung api. Selain itu, adanya terobosan mikrodiorit yang sudah berusia sekitar 40 juta tahun.

Secara fisiografis, meskipun batuan penyusun Subzona Gunung Sewu merupakan batu gamping Formasi Wonosari. Namun khusus daerah Wediombo terdapat batuan gunung api yang termasuk dalam Formasi Wuni. Sejarah Pantai Wediombo ini tersusun oleh adanya batuan riolit dan andesit. Jenis batuan tersebut yang merupakan fasies gunung api.

Bagian ujungnya Teluk Wediombo tersusun oleh aliran lava andesitik beserta tuf. Tuf tersebut adalah batuan yang mengandung debu vulkanik dari letusan gunung berapi. Bahkan adanya kubah lava gunung api yang terletak di bagian barat Teluk tersebut. Sekitar teluk Wediombo ini juga terdapat leher gunung api atau volcanic neck.

Bentuk Teluk Wediombo yang tampak menyerupai setengah lingkaran. Hal itu yang sepertinya bekas kawah gunung api yang tenggelam di bawah muka air lautnya. Keberadaan fenomena tersebut tampak dengan jelas pada beberapa bagian pantai ini. Terutama pada bagian sisi timur dengan adanya batuan menjulang tinggi seperti karang, namun teksturnya lebih halus dibandingkan karang pada umumnya.

Menurut sejarah Pantai Wediombo konon katanya terbentuk akibat letusan gunung api purba. Hal itu tampak dari bentuk teluknya yang menyerupai setengah lingkaran. Pantai ini memang memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Sehingga tidak heran apabila banyak wisatawan yang datang berkunjung.