7 Pertanyaan yang Paling Sering ditanyakan Tentang Pulau Labengki

Posted on

Sebagai Biro Perjalanan Wisata yang berdomisili di Kota Kendari, yang menjual destinasi pilihan di Sulawesi Tenggara, tentu kami sering mendapatkan pertanyaan dari para calon tamu. 

Sebagian besar pertanyaan yang datang ditujukan untuk destinasi pulau labengki. Sebab itu saya menuliskan informasi dari pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Berikut ulansannya. 

1. Bagaimana Listrik di labengki?

Karena Pulau Labengki kecil yang ditinggali oleh ± 140 KK ini dengan 4 dusun, masing masing memiliki generator yang bisa dipakai oleh masyarakat setempat. 

Listrik hanya digunakan pada pukul 18:00 sampai pukul 23:00 wita. Namun beberapa pihak homestay menyiapkan generator pribadi, yang bisa dipakai sampai pukul 06:00 wita.

2. Apa yang harus saya siapkan?

Pulau labengki adalah wisata bahari, yang menjual panorama alam pada umumnya. Namun beberapa spot andalan mengharuskan anda menggunakan/memakai sepatu atau sendal gunung dan sarung tangan,  untuk keamanan saat mendaki puncak labengki dan blue lagoon. 

Peralatan lainnya sama dengan wisata bahari lainnya seperti pakaian pantai yang sopan, alat snorkling, Sunblock, Kacamata hitam, Handuk, baju ganti, Kamera, Topi Pantai, Dry Bag, dll. Anda bisa cek perlengkapan yang wajib bagi traveller sebelum bernagkat.

3. Apa ada AC atau Kipas Angin?

Pihak homestay menyediakan 1 kamar 1 kipas angin.
Pihak cottage menyediakan 1 kamar 1 kipas angin
Pihak Resort menyediakan kipas angin dan AC.

4. Bagaimana kondisi homestay?

Homestay dilabengki merupakan rumah warga yang disewakan selama trip. Pihak homestay akan melayani anda sampai trip selesai, mengurus makan dan tempat tidur. 

1 homestay memiliki 2 kamar sampai 7 kamar, dan 1 kamar untuk 2 orang. Selain Homestay, di labengki juga terdapat dua penginapan lainnya.

5. Bagaimana dengan Air Bersih?

Sejak rusaknya mesin penyulingan air laut tahun 2014, masyarakat setempat hanya menggunakan air sumur yang berada dilabengki kecil dan labengki besar. 

Jarak untuk mengambil air tawar yang berada didaratan bisa memakan waktu 2 jam pulang pergi bahkan lebih. Saat musim hujan, rasa air  sumur menjadi tawar dan saat musim kemarau rasa air sumur menjadi payau.

6. Bagaimana kondisi cuaca?

Umumnya cuaca di labengki panas sampai 30°. Walaupun kondisi siang atau malam cuaca bisa sangat panas. Cuaca labengki memang tidak dapat diprediksi, atau tidak pada umumnya. Saat musim panas hujan bisa saja turun, atau sebaliknya. 

Anda bisa menggunakan aplikasi perkiraan cuaca untuk membantu memprediksi cuaca yang akan terjadi sebelum anda memutuskan untuk berangkat.

7. Apa ada Internet?

Jaringan yang tersedia disini hanya provider Telkomsel, dengan kekuatan signal 4G, anda bisa langsung mengupload photo video di akun medsos anda. Jadi jangan kuatir akan hilang koneksi dengan kerabat anda.

Itulah informasi yang bisa saya bagikan, jika belum lengkap, kamu juga bisa mencari informasi lainnya di halaman info labengki, atau mau tau spot terbaik pulau labengki semua sudah kami terangkan dengan detail. semoga bermanfaat.