PESONA KEINDAHAN PANTAI KUKUP, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

Posted on
Info Wisata Ku
PESONA KEINDAHAN PANTAI KUKUP, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

Pantai satu ini termasuk di antara wisata pantai yang familiar di Gunung Kidul, namanya ialah Pantai Kukup. Di samping mempunyai pemandangan indah, Pantai Kukup ini pun memiliki pesona tersendiri dan bertolak belakang dengan pantai-pantai lainnya.

Nah laksana apakah keindahan Pantai Kukup ini? Dan apa saja yang unik di sana? yuk anda simak pembahasan Tim Setapak Pesona inilah ini.

Sekilas mengenai Pantai Kukup

Pantai Kukup adalahsalah satu pantai yang lumayan terkenal di Gunung Kidul. Pantai satu ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Kukup ini masih berada satu jalur dengan pantai-pantai laksana Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak dan lain-lain.

Apa saja yang unik dari Pantai Kukup?

Pantai Kukup ini paling unik dan mempunyai pemandangan estetis yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya. Pantai satu ini mempunyai wilayah pantai yang lumayan luas, dengan pasir putih yang menghampar dari timur sampai barat dan dikelilingi oleh bukit-bukit di sekitarnya.

Pantai Kukup

Di unsur bibir pantai ada lantai karang yang menjorok sampai ke selatan. Saat air laut sedang dalam situasi surut, kita dapat melihat terumbu karang dan ragam biota laut laksana ikan-ikan kecil, rumput laut, dan lain-lain.

Terumbu karang dan rumput laut di Pantai Kukup

Selain dapat melihat terumbu karang dan ragam biota laut, anda juga dapat bermain air atau mandi di pinggir patai kukup ini. Air laut di pinggir laut ini lumayan tenang, sebab ombak yang datang telah terpecah oleh lantai karang, sampai-sampai tidak bakal sampai ke pinggir pantai. Namun pastikan kamu untuk berhati-hati, sebab permukaan lantai karang yang tidak rata dan adanya terumbu karang yang tajam dapat membuat anda terluka.

Pinggir Pantai Kukup

Salah satu yang menjadi karakteristik dari Pantai Kukup ini ialah adanya suatu pulau karang yang sedang di sebelah unsur timur pantai. Berbeda dengan pulau yang terdapat di Pantai Drini, pulau karang itu terletak tidak jauh dari tebing pantai, dan di sana ada suatu jembatan yang menghubungkan tebing dengan pulau tersebut. Sehingga anda tidak perlu repot-repot menyebrang ke sana.

Pulau Karang di Pantai Kukup

Sebelum hingga jembatan ada suatu jalan yang mengarungi pinggiran tebing, sampai-sampai untuk mengarah ke ke pulau tadi, anda harus berlangsung terlebih dahulu melewati jalan tersebut. Rangkaian jalan, jembatan dan pulau karang ini pasti menjadi pemandangan estetis tersendiri di Pantai Kukup.

Jalan mengarah ke pulau karang di Pantai Kukup
Di pulau karang itu ada suatu bangunan yang bermanfaat sebagai gardu pandang yang disediakan untuk semua pengunjung merasakan pemandangan di Pantai Kukup. Dari sana kita dapat melihat pemandangan Pantai Kukup secara lebih luas.

Gardu pandang di Pantai Kukup
Gardu pandang di pulau karang itu juga dapat menjadi spot yang bagus untuk merasakan sunset. sebab letaknya yang tidak banyak ke unsur selatan sehingga ketika mata hari terbenam tidak terhalang oleh bukit di sebelah timur. Indahnya sunset yang dihiasi dengan bukit-bukit serta mercusuar Pantai Baron yang bersembunyi di balik bukit tentu menciptakan pemandangan sunset telihat sempurna.

Fasilitas di Pantai Kukup

Fasilitas umum di Pantai Kukup ini sudah lumayan memadahi dengan adanya lokasi parkir, kamar mandi dan toilet umum, dan lokasi ibadah. Selain tersebut ada juga kemudahan lain laksana penginapan, warung makan, serta penjaja souvenir dan pernak-pernik.

Akses mengarah ke Pantai Kukup

Untuk mengarah ke ke Pantai Kukup dari kota Yogyakarta, kita melulu perlu menempuh perjalanan sepanjang tidak cukup lebih 40km atau selama 24 km dari Kota Wonosari. Bagi akses jalan mengarah ke Pantai Kukup dari kota Yogyakarta terdapat 3 jalur, yakni dari Kota Wonosari, Pantai Parangtritis, atau dari Panggang. Medan jalan mengarah ke Pantai Kukup ini sudah lumayan baik, sampai-sampai kita dapat kesana memakai bus wisata, maupun kendaraan individu seperti mobil maupun sepeda motor.

Biaya masuk Pantai Kukup

Untuk memasuki area Pantai Kukup ini, kita melulu perlu membayar ongkos retribusi sebesar Rp.10.000,- saja. Itu telah termasuk ongkos retribusi ke 8 pantai lain laksana Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, dan sejumlah pantai lainnya. Setelah memasuki area pantai kita melulu harus membayar ongkos parkir sebesar Rp.2000,- saja, dengan begitu anda sudah dapat menikmati wisata di Pantai Kukup sepuasnya.