Pantai Baron – INFO WISATA KU

Posted on
Info Wisata Ku
Pantai Baron

Alamat: Pantai Baron, Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Yogyakarta memang tak bakal ada habisnya andai mengulas kekayaan yang dipunyai kota bertema ‘Daerah Istimewa’ ini. Bukan melulu kaya bakal budaya, seni, dan kebijaksanaan lokalnya saja, tetapi Yogyakarta pun menyimpan tidak sedikit tempat wisata yang tak kalah menakjubkan dikomparasikan kota lain. Salah satu jenis lokasi wisata yang paling dibidik oleh kaum muda sampai ketika ini ialah pantai.

Yogyakarta dikenal kota yang mempunyai puluhan pantai, baik pantai pasir putih maupun pasir hitam. Diantara sejumlah pantai yang ada, Pantai Baron di antara pantai yang masih mendapatkan lokasi di hati semua pengunjung. Tidak tidak banyak pengunjung ke lokasi ini yang berasal dari luar kota atau bahkan dari tamu dari mancanegara.

Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kec. Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Bagi menempuh ke tempat ini perlu melalui perjalanan tidak cukup lebih 1 jam dengan jarak kira-kira 40km dari pusat Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk di Pantai Baron
Untuk akses masuk ke tempat Pantai Baron paling terjangkau, pengunjung melulu perlu merogoh kocek Rp 10.000,-/orang saja. Dengan menunaikan tiket tersebut, pengunjung tidak saja dapat merasakan Pantai Baron saja, namun pun dapat mengembara ke tiga pantai lainnya yang masih dalam satu area seperti Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal.

Apabila pengunjung membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif Rp 5.000,- guna kendaraan roda empat dan Rp 2.000,- guna kendaraan roda dua.

Rute Menuju Lokasi ke Pantai Baron
Jika kita berasal dari Yogyakarta, terdapat beberapa pilihan rute perjalanan mengarah ke ke Pantai Baron. Berikut rute yang bisa dilewati:

Melalui Piyungan, Jogja

Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Bundaran Tugu BPD, Jl.Lingkar Selatan-Jl. Girisubo-Wonosari- Jl. Saptosari-Tepus-Pantai Baron

Panggang-Jl.Saptosari-Tepus-Ikuti arah ke Pantai Baron

Sedangkan andai Anda berasal dari luar Yogyakarta, kita dapat mengarah ke ke arah Terminal Giwangan. Dari perempatan ambil ke arah Selatan mengarah ke Jl.Imogiri. Dari situ bakal mendapatkan tidak sedikit petunjuk jalan untuk mengarah ke ke wilayah Gunungkidul dimana Pantai Baron berada.

Obyek Wisata di Pantai Baron
Pantai Baron masih menjadi tujuan wisata yang tepat sebab di lokasi ini pengunjung tidak saja dapat merasakan pemandangan alam dan keadaan sejuk di pantainya saja, tetapi pengunjung pun dapat menikmati sekian banyak  masakan kulinernya. Di samping itu, disana pun memiliki tidak sedikit spot unik yang bisa diakses oleh pengunjung untuk sebatas hunting potret atau merasakan keindahannya saja.

Seperti yang dibicarakan seperti di atas, Pantai Baron tidak saja mempunyai pantai yang dapat dipakai pengunjung untuk merasakan pemandangan, tetapi disini pun memiliki tidak sedikit tempat unik yang bisa dinikmati seperti:

1. Teluk dan Sungai

pantai baron

Teluk ini berasal dari sungai di bawah tanah. Aliran air yang dikeluarkan paling deras sampai-sampai pengunjung bisa bermain sepuasnya ke arah laut. Air disini paling tawar tetapi tetap tampak segar sebab sangat jernih, diperbanyak lagi dengan adanya bukit di lokasi ini yang bisa dimanfaatkan menyaksikan keindahan pantai pasir putih ini dari ketinggian.

2. Mercusuar

Salah satu spot unik yang tidak dipunyai oleh pantai lainnya ialah ‘mercusuar’. Disini pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam di dekat pantai dari ketinggian.

3. Kapal Nelayan

Deretan kapal nelayan yang terdapat di pantai ini biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung guna berfoto sebab desain dari kapal yang menarik.

4. Kuliner

Tidak lumayan hanya dimanjakan dari pemandangan dan spot-spot menarik di dalamnya, pantai yang sarat dengan hamparan pasir putih ini pun menyajikan tidak sedikit pilihan kuliner laut. Disana berderet warung yang memasarkan beraneka menu laksana kepiting, ikan kakap, udang, tongkol, udang windu, dan masih tidak sedikit lainnya.

Pengunjung bisa memilih sendiri ikan yang hendak disantap, bahkan tidak tidak banyak dari warung disana yang memberikan kemerdekaan pengunjung guna memilih ikan sendiri. Inilah yang menciptakan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang kerasan untuk berlama-lama di Pantai Baron, selain diserahkan sajian pemandangan yang elok, pun dapat merasakan ikan segar yang diciduk langsung dari laut.