20 SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA ~ Wisata Indonesia

Posted on

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

ReyGina Wisata | Jika Anda membaca ini, Anda tentu sudah tahu bahwa Scuba Diving Indonesia adalah sesuatu yang benar-benar istimewa.

Untuk para penggemar scuba, Indonesia adalah salah satu tujuan scuba diving terbaik di dunia. Dengan tempat-tempat terkenal yang layak untuk diselami seperti Bali, Kepulauan Gili atau Raja Ampat. Tetapi bagi Saya, ada banyak hal yang dapat Anda temukan di dunia bawah laut Indonesia.

Dari Pulau Weh di barat Indonesia hingga ke Raja Ampat di timur Indonesia, Wilayah ini memiliki lebih dari 17.000 pulau tropis yang masing-masing terletak di Coral Triangle yaitu satu-satunya lokasi di dunia dimana terumbu karang dan kehidupan laut benar-benar tetap baik di antara perubahan iklim yang akan memberi kesempatan terakhir kepada Anda untuk melihat seperti apa situs penyelaman kelas dunia.

Dibawah ini adalah 20 Lokasi Scuba Diving Terbaik Di Indonesia dan Anda bisa berkunjung di salah satu diantaranya.

Ada banyak pilihan ketika Anda ingin merasakan menyelam di Indonesia. Jika Anda menyukai terumbu karang kelas dunia, Anda situs penyelaman untuk Anda. Jika Anda menyukai teluk yang penuh dengan bangkai kapal, Anda akan mendapatkannya juga. Sementara beberapa lokasi memiliki semuanya,.

Setiap lokasi yang tercantum dibawah ini adalah impian para fotografer bawah laut dan terserah Anda untuk memutuskan kemana Anda akan pergi. Berdasarkan berapa waktu yang Anda miliki dan apa yang paling ingin Anda lihat, semuanya ada di sini.

Saya percaya jika Anda membuat perjalanan panjang ke Indonesia, Mengapa tidak menggabungkan beberapa lokasi penyelaman yang hebat untuk menciptakan perjalanan penyelaman terbaik Anda?

Berikut adalah 20 Lokasi Scuba Diving Terbaik Di Indonesia yang beberapa diantaranya sudah sangat terkenal di dunia dan sebagian lainnya belum terkenal tetapi semuanya kelas dunia.

1. Pulau Bali

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Jika Anda berpikir ingin menyelam di Bali, maka Anda mungkin sudah mendengar bahwa Bali menawarkan beberapa situs penyelaman kelas dunia. Ini benar, disini Anda dapat menemukan mahluk pelagis besar, mahluk makro langka atau hanya ingin menyelam di perairan tropis yang hangat.

Bali sangat populer dengan Lokasi Scuba Diving kelas dunia karena berbagai alasan. Menawarkan pemandangan langka dan unik, keindahan sisi luarnya sangat menakjubkan, budaya yang sangat memukau, pantai yang masih alami dan daftarnya terus berlanjut. Dari para penyelaman berpengalaman hingga yang baru, inilah tempatnya Scuba Diving Terbaik Di Indonesia.
2. Gili Island

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Gili Island di Indonesia adalah kelompok dari tiga pulau kecil yang terletak di lepas pantai Pulau Lombok. Pulau-pulau ini terkenal karena pantai berpasir putihnya serta terumbu karang yang indah yang mengelilingi ketiga pulau ini.

Jadi tidaklah mengherankan jika Scuba Diving di Gili Island adalah salah satu tempat paling populer untuk scuba diving Indonesia dan sangat cocok untuk semua level penyelaman.

Sementara ketiga pulau sangat luar biasa untuk scuba diving, pulau gili memiliki lebih banyak hal yang bisa ditawarkan. Jika Anda berencana untuk berkunjung berikut adalah tips tentang cara mendapatkan yang terbaik dari kunjungan Anda.

Gili Trawangan

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Tempat pertama yang patut Anda kunjungi adalah Gili Trawangan yang disebut sebagai Gili T. Pulau ini paling populer diantara ketiga gili dan dikenal sebagai pulau pesta. Pulau ini adalah yang paling kosmopolitan. di pulau ini banyak terdapat bar pantai dan kafe dan pilihan akomodasi yang sangat beragam. Pulau ini juga baik untuk liburan romantis dan bahkan liburan keluarga. 

Gili Air

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Dari semua gili yang ada, Gili Air mungkin adalah pulau paling populer bagi penyelam untuk tinggal disini. Olahraga air adalah atraksi utama disini. Scuba Diving, menyelam gratis, snorkeling dan berselancar adalah pilihan terbaik berkunjung ke pulau ini. Ketika Anda tidak di dalam air, Anda bisa mencoba yoga, bersantai di pantai atau bahkan ikut kelas memasak.

Di malam hari Anda dapat menikmati makam malam di pasar malam Gili Air atau ambil tempat di pantai untuk menyaksikan matahari tenggelam yang indah.  

Gili Meno

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Scuba Diving Gili adalah daya tarik utama di ketiga gili yang ada tetapi Gili Meno mungkin yang paling tidak populer dan yang paling sepi dari kepulauan gili.

Neskipun begitu, kurangnya keramaian sering menjadikannya pilihan populer untuk pasangan yang ingin berbulan madu. Salah satu kelebihan dari Gili Meno adalah pasir pantainya yang jauh lebih bersih dan oleh karena itu jauh lebih baik.

Jika Anda mencari pulau yang santai untuk liburan menyelam Anda, Gili Meno adalah tempat untuk Anda kunjungi.


Spot Terbaik Menyelam di sekitar Kepulauan Gili


Sementara masing-masing Kepulauan Gili masing-masing memiliki pesona tersendiri, ketika tiba untuk menyelam, mereka begitu dekat sehingga berbagi tempat untuk Anda menyelam, 

Berikut adalah spot terbaik penyelaman di Kepulauan Gili

Turtle City : Tempat terbaik di Kepulauan Gili untuk kura-kura. Anda juga dapat melihat ikan kakap, ikan buntal dan belut bersama ikan lainnya.

Meno Wall : Dinding miring yang ditutupi karang yang indah. Ini adalah spot yang bagus untuk melihat kura-kura, clownfish, snappers dan banyak lagi yang lainnya. Spot ini juga mjerupakan tempat yang bagus untuk penyelaman malam.

Bounty Wreck : Spot yang bagus untuk dijelajahi. cocok untuk penyelam air terbuka. Rangka baja telah berubah menjadi taman karang dan menarik banyak kehidupan laut seperti cumi-cumi, batfish dan jack.

Spot Hiu : Seperti spot penyelaman lainnya di Kepulauan Gili, Anda akan melihat kura-kura, dan ikan karang yang khas. Tetapi yang menjadi sorotan di spot ini adalah ikan hiu, kiat hitam dan tips putih.

Halick : Terumbu kaang yang keras dan lunak dan banyak ikan menjadikan tempat ini sangat populer bagi fotografer bawah laut 

Sunset Reef : Sebuah terumbu karang yang indah dengan karang warna-warni seperti karang meja yang menciptakan tempat bersemayan banyak spesies kehidupan laut.

Han’s Reef : Lereng berpasir dengan beberapa daerah berbatu. Carilah nudibanch , udang mantis, pipefish dan flogfish di spot ini.

Turbo : Terbagi dua menjadi Turbo Dangkal (untuk penyelam air terbuka) dan Deep Turbo (untuk penyelam tingkat lanjut) Karang besar “Bommies” dan beberapa “gorgonia” yaitu daerah dangkal yang sangat bagus untuk mahluk kecil dan ikan karang.Sementara dibagian dalam Anda mungkin akan menemukan Hiu, Ikan Pari dan juga Ikan Tuna.


Good Heart Reef : Penyelaman drift yang lembut dengan beberapa peluang dapat melihat ikan besar. Spot ini juga sangat bagus untuk penyelaman malam hari untuk mencari gurita, udang, lobster dan Spanish Dancers.

Biorock : Gili Trawangan memiliki spot Biorock kedua terbesar di dunia. Struktur logam ini membantu menumbuhkan karang pada tingkat yang lebih cepat dengan bantuan arus listrik tegangan rendah yang aman. Terumbu buatan ini banyak menarik banyak ikan seperti ikan boxfish, clownfish, bannerfish, cowfish dan frogfish.

Bangkai Kapal Jepang : Sangat sedikit orang yang tahu tentang kecelakaan ini. Tetapi disinilah tempat melakukan intro untuk teknologi. Jika Anda melakukan Scuba Diving di Kepulauan Gili dan ingin mencoba teknologi kapal karam, Lakukan Blue Marlin Dive, karena mereka adalah satu-satunya yang tahu bagaimana menemukannya.

3. Raja Ampat

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Hanya para penyelam yang fanatik yang berani datang ke Raja Ampat untuk menyelam. Karena mereka akan dihadiahi pengalaman seumur hidup dari salah satu pengalaman bawah laut kelas dunia yang menjadi kenyataan.

Terletak di ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung Papua Barat, Raja Ampat adalah sebuah kepulauan yang terdiri atas lebih 1.500 pulau kecil, gua dan danau yang mengelilingi 4 pulau utama yaitu Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo. 

Raja Ampat adalah surga bagi penyelam kelas dunia. Tidak ada tempat penyelamanan yang lebih indah selain di Raja Ampat. Namun berkunjung ke tempat ini membutuhkan biaya yang sangat mahal dan sangat sulit untuk dilakukan. Jadi ketika Anda melakukannya, harus Anda lakukan dengan benar. 

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Mari kita mulai mengapa Anda harus melakukan penyelaman di Raja Ampat. Anda pernah mendengar bahwa scuba diving di Raja Ampat adalah salah satu tujuan selam terbaik di dunia. Apakah Anda suka air yang hangat? pari manta, hiu, hiu paus gerombolan ikan besar, penyelaman drift dan hampir semua hal diantaranya bisa Anda temukan disini. Raja Ampat memiliki hampir semua yang Anda inginkan dalam penyelaman.

Spot Menyelam Terbaik Di Raja Ampat

Mioskun : Penyelaman hebat pertama yang dapat Anda lakukan di Raja Ampat adalah di Mioskun yang terdiri dari kolam karang yang berada pada kedalaman 25 meter. Tempat ini sangat sempurna bagi pemula atau mereka yang berada pada tingkat menengah. Mengingat arusnya yang biasanya ringan tetapi kadang-kadang bisa menjadi agak kuat. Di sini Anda dapat menemukan banyak ikan kakap kuning di karang dan jika Anda menyelam sedikit jauh, Anda dapat menemukan Hiu Wobbegong, Kuda Laut, Fusiliers, Trevallies, Kerapu, Kima Raksasa, Moray dan banyak lagi yang lainnya. 

Blue Magic : Salah satu yang paling terkenal di Raja Ampat adalah Blue Magic, sebuah puncak laut yang dimulai pada kedalaman 7 meter dan turun hingga kedalaman 30 meter. Di sini Anda dapat menemukan semua spesies ikan yang berbeda, ikan predator yang lebih besar, hiu dan pari manta dan hippocampus yang berlimpah.     

4. Misool

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Secara teknis, Misool berada di Kepulauan Raja Ampat tetapi layak disebutkan namanya tersendiri di tambah sedikit lebih jauh dari Scuba Diving di Raja Ampat. Terletak di pintu masuk laut Seram sekitar pertengahan antara Teluk Triton dan Sorong.

Karang dan kehidupan laut di Misool merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pastikan untuk Anda berenang di Danau Ubur-ubur dan dapatkan memen terbaik untuk Anda abadikan dalam kamera. 

5. Taman Nasional Komodo

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Salah satu Lokasi Scuba Diving Terbaik di Indonesia adalah di Taman Nasional Komodo. Disini Anda bisa menyelam di pantai manapun di daerah tersebut untuk menemukan karang yang cantik dan berbagai jenis kehidupan bawah laut tropis yang mengesankan. 

Kehidupan laut yang beragam yang dapat Anda lihat di Taman Nasional Komodo menyaingi destinasi selam terbaik di dunia manapun. 

Scuba Diving Pulau Komodo hanyalah mimpi yang menjadi kenyataan. Mulai dari Mola-mola, Mantaray, lumba-lumba dan elang untuk kuda laut kerdil, hiasan pipefish hantu, badut-badut, nudibranch dan gurita cincin biru semuanya ada disini diantara warna-warni terumbu karang. Semprotan laut, tunicata dan karang komodo adalah surga bagi penggila bawah laut.

6. Pulau Lombok

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Pulau Lombok telah menjadi sorotan banyak orang di seluruh dunia. Lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Bali ini menawarkan terutama penggemar outdoor yang ingin menikmati hiking dan berselancar. Lombok mungkin bukan tujuan terkenal untuk penyelaman di Indonesia. Namun jika Anda menemukan tempat penyelaman di Lombok layak untuk Anda coba.

7. Alor

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Otoritas Pariwisata Indonesia ingin mempromosikan industri scuba diving dibeberapa lokasi kelas dunia mereka yang relatif belum banyak dikenal diseluruh negeri yang salah satunya adalah Scuba Diving di Alor.

Ada banyak spot scuba diving menarik di Alor, Kita akan melihat pusaran air yang sangat besar atau arus besar yang terlihat seperti sungai-sungai di lautan dan mereka adalah tempat paling menakjubkan untuk dilihat secara langsung.

Jika Anda beruntung, Di Alor, Anda dapat berenang bersama dengan sekumpulan lumba-lumba atau paus pilot dipermukaan selama sekitar 20 menit.

8. Maumere

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Jika Anda mencari pengalaman ke pulau terpencil di Indonesia, Scuba Diving Maumere mungkin akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Maumere berada di bagian tengah, timur tengah Pulau Flores, Komodo dan Labuan Bajo berada disisi barat pulau. Sehingga menempatkan Maumere berada tegak lurus di atas pulau timor.

Di Maumere dengan perairannya yang tenang, Anda banyak menemukan karang warna warni, ikan paus dan juga lumba-lumba.

Maumere terkenal karena penyelaman yang bagus dan penyelaman dinding drop-off dan merupakan tempat yang unik bagi mereka yang mencari tempat yang kurang umum untuk menyelam di Indonesia.   

9. Lembada

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Bersama dengan Alor dan Maumere, Lembata adalah salah satu pulau yang paling jarang dikunjungi dan karenanya merupakan daerah yang paling alami di Nusa Tenggara Timur. Ada banyak sekali gunung berapi tempat mendaki dan ada banyak budaya tradisional di wilayah ini untuk dinikmati dan tentunya tempat penyelaman yang luar biasa untuk Anda kunjungi. Jadi nikmati situs penyelaman yang belum banyak tersentuh untuk diri Anda sendiri.

10. Selayar & Takabonerate



SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA


Sulawesi Selatan bukanlah tempat yang mudah untuk dicapai. Tetapi tempat ini menawarkan Lokasi Scuba Diving Terbaik Di Indonesia bagi mereka yang ingin meluangkan waktu untuk berkunjung. Selayar adalah kepulauan dari 73 pulau dan pintu gerbang menuju Taman Nasional Takabonerate. Takabonerate adalah atol karang terbesar ketiga di dunia dan menawarkan beberapa yang terbaik.

11. Pulau Weh



SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA


Pulau Weh adalah sebuah pulau kecil di lepas pantai barat Pulau Sumatera yang memiliki gunung berapi bawah laut yang menarik, Di Pulau Weh, setidaknya ada dua puluh lokasi penyelaman yang cocok untuk semua level dan pengalaman. Jika Anda tidak punya banyak waktu di Pulau Weh, pastikan untuk mengunjungi Gunung Berapi Bawah Laut dan Canyon, Dua lokasi scuba diving terbaik di Pulau Weh.

12. Maratua, Derawan dan Sangalaki



SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA


Maratua, Derawan dan Sangalaki, semua pulau di lepas pantai bagian Indonesia di Pulau Kalimantan, Ketiga pulau ini relatif berdekatan tetapi menawarkan sesuatu yang sama sekali berbeda. Semuanya patut dikunjungi bagi siapapun yang tertarik dengan Lokasi Scuba Diving di Indonesia yang lebih terpencil untuk melihat beribu mahluk hebat.

13. Pulau Togean

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Scuba Diving di Indonesia menawarkan begitu banyak Lokasi Scuba Diving dengan pilihan yang berbeda. Semua orang tahu bahwa tempat-tempat seperti Bali memiliki memiliki tempat-tempat penyelaman yang luar biasa, tetapi Togean tidak mendapatkan perhatian yang layak.

Kepualuan Togean adalah sekolopok pulau di Teluk Tomini yang terdiri sekitar 50 pulau yang beberapa pulau diantaranya memiliki pantai berpasir putih dan yang lainnya memiliki pantai berpasir hitam vulkanik, tetapi semuanya sangat indah.

Sebagian besar pulau memiliki hutan tropis bebas yang berada dekat di bawah khatulistiwa yang mungkin Anda akan menemukan Kepiting Kelapa raksasa yang kadang-kadang dimakan oleh penduduk setempat.

Selain sebagai salah satu tempat penyelaman yang hebat, Togean juga sebagian besar memiliki resort atau hotel selam yang menawarkan tur untuk mengunjungi desa-desa setempat seperti Bajo atau Gipsi Laut.

Walaupun mengunjungi Togean memerlukan banyak waktu, tetapi sepadan dengan perjalanan Pertama Anda harus melakukan penerbangan panjang ke Indonesia menuju Jakarta atau Bali. Untuk sampai ke Pulau Togean, Cara tercepat adalah dengan terbang ke Luwuk dilanjutkan naik taksi menuju Ampana. Dari sini Anda bisa naik kapal feri menuju Wakai.  

14. Kepulauan Bangka dan Belitung

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Kepulauan Bangka dan Belitung adalah kelompok pulau di lepas pantai timur Sumatera yang sangat cocok untuk fotografer bawah laut yang tertarik untuk memotret terumbu karang yang sehat dan banyak ikan yang lebih kecil. Disini Anda tidak akan bertemu dengan penyelam non-Indonesiadi lokasi yang kurang terkenal ini. Tetapi menyelam disini sangat spektakuler.

15. Gorontalo

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Gorontalo terletak disepanjang garis pantai Sulawesi. Terletak di garis khatulistiwa dan Anda bahkan akan melihat kurva bumi di sini. Gorontalo juga merupakan tempat yang populer bagi mereka yang tertarik dengan dunia bawah laut. Karena disini  banyak terdapat kehidupan laut pelagis seperti paus dan hiu paus yang akan menjadi kesempatan terbaik untuk melihat para raksasa meskipun mereka juga ada ditempat lain.

16. Lembeh, Manado, Kepulauan Bunaken

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Pulau Sulawesi bagian utara adalah tempat lain yang populer untuk fotografer bawah laut. Manado berada ditepi pulau utama. Sedangkan Lembeh dan Kepulauan Wakatobi adalah pulau-pulau kecil di lepas pantai. Daerah-daerah ini berada di sekitar Selat Lembeh yang terkenal dengan kekayaan keanekaragaman hayati 

17. Wakatobi

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Wakatobi dinobatkan sebagai salah satu Tujuan Selam Terbaik Di Dunia oleh Jaques Cousteau. Wakatobi sangat tinggi dalam daftar penyelaman terbaik di dunia. Daerah ini sebenarnya terdiri dari empat pulau utama dan paling terkenal untuk karang dan biota lautnya. Jadi terbanglah kesini untuk melihat sesuatu yang indah di bawah laut Wakatobi.

18. Kepulauan Banda

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Kepulauan Banda adalah pulau kecil yang sering dilewati oleh para penyelam untuk tempat menyelam yang lebih mudah untuk diakses. Tetapi bagi mereka yang mencari tempat terpencil dengan kelimpahan kehidupan laut dan perairan yang sehat, Kepulauan Banda wajib Anda tuju. Anda bahkan dapat menggabungkan Banda dengan Ambon dengan naik kapal feri dan Misool juga tidak terlalu jauh, karena Anda berada di wilayah tersebut.

19. Ambon

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Ambon merupakan ibukota Maluku. Ambon dikenal sebagai pulau rempah-rempah terkenal di Indonesia. Lokasi penyelaman Indonesia ini sering dikombinasikan dengan Kepulauan Banda yang dapat Anda kunjungi dengan menggunakan perahu. Ambon adalah satu-satunya tempat di dunia dimana Anda dapat melihat frogfish psychedelic. Dan ketika seseorang melihat berita ini, semua penyelam akan datang kesini dari seluruh dunia.

20. Kepulauan Biak

SCUBA DIVING TERBAIK DI INDONESIA

Kepualuan Biak terletak di Teluk Cendrawasih, Papua Barat. Disini setidaknya ada 67 pulau dan yang terbesar adalah Pulau Biak yang masing-masing memiliki pantai berpasir putih, perairan yang hangat dan jarak pandang yang sangat baik untuk Scuba Diving. Walaupun terumbu karang disini tidak sesehat di Raja Ampat, tetapi jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh di Indonesia, Kepulauan Biak adalah tempatnya.

Bagi mereka yang ingin menyelam di Indonesia, Salah satu dari 20 Scuba Diving Terbaik Di Indonesia ini adalah keharusan. Tetapi pastikan Anda tetap disini lebih dari sekedar menyelam karena juga Indonesia merupakan wilayah yang bagus untuk dijelajahi.

sumber: artofscubadiving.com