Wisata Arung Jeram Kolaka Utara

Posted on

Kolaka Utara adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Bentang alam Kolaka Utara merupakan surga bagi para petualang. 

Dari aktifitas pendakian gunung mekongga, wisata danau, pantai, potensi gua, air terjun dan sebagainya semua bisa ditemukan di Kolaka Utara. 

Keunikan Kabupaten yang dikenal sebagai penghasil coklat ini adalah wisata arung jeram yang tidak dimiliki oleh kabupaten lainnya di Sultra. Walaupun wisata Arung Jeram Kolaka Timur juga mempunyai potensi, namun sampai saat ini belum beroperasi.

Rafting, atau biasa dikenal secara umum dengan nama arung jeram, merupakan sebuah olahraga air yang dilakukan secara berkelompok. 

Sekelompok orang akan menaiki perahu karet untuk kemudian mengarungi suatu sungai dengan arus cukup deras atau yang biasa saja. Karena merupakan suatu olahraga air dengan mengarungi sungai deras, kegiatan ini dianggap memerlukan suatu skill atau kemampuan khusus. 

Arum jeram kini dianggap sebagai suatu olahraga yang mengasyikkan. Tiak jarang juga beberapa biro perjalanan wisata memasukkan kegiatan ini dalam paket perjalanan mereka.

Saat melintasi jeram, terkadang perahu akan tersangkut dengan batu besar dan para peserta harus mencari cara untuk melepaskan diri. 

Posisi ketika berlaju dan kemampuan untuk mengendalikan boat juga sangat dibutuhkan. Jika melewati jeram dalam kondisi tidak siap, peserta bisa terjatuh dari boat dan spot ini merupakan tempat yang menarik dan menyenangkan bagi wisatawan.

Modal utama menikmati olahraga rafting ini adalah keberanian untuk mengarungi arus deras sungai, serta stamina fisik yang kuat. 

Biasanya, sebelum melaju menyusuri sungai, peserta arung jeram akan diberikan pengarahan singkat mengenai hal-hal penting selama bermain arung jeram. Operator penyelenggara olahraga akan menjelaskan teknik dasar olahraga.

Umumnya wisata arung jeram memiliki jarak antara 7 – 12 Km dengan durasi waktu selama 2 – 3 jam. tergantung dari grid sungai yang akan dilalui, berbeda dengan sungai tinukari kolaka utara, sungai yang diarungi hanya berjarak 2 KM, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Walaupun durasinya singkat, namun olahraga ini perlu dicoba.

Dalam waktu pengarungan, wisatawan akan diajak menyusuri suatu sungai dan singgah dibeberapa spot yang telah ditentukan oleh pengelola wisata untuk singgah makan, menikmati kelapa muda, berfoto dan aktivitas lainnya. 

Sehingga membuat wisatawan puas dalam menikmati satu paket wisata. Dengan durasi yang singkat dalam mengarung, maka aktivitas tambahan untuk wisatawan, sulit untuk dilakukan. 

Yang harus dilakukan oleh pengelola wisata arung jeram kolaka utara adalah menambah jarak arung jeram dan membuat atraksi tambahan.