7 Tempat Wisata di Bangkalan Madura sangat Menarik

Posted on
Info Wisata Ku
7 Tempat Wisata di Bangkalan Madura sangat Menarik

Wisata di Bangkalan – Hello sobat, masih bingung menilai tujuan wisata di akhir pekan ? Yuk berangjangsana ke Bangkalan, Jawa Timur. Ternyata di antara kabupaten di Pulau Madura ini mempunyai potensi pariwisata yang sangat unik untuk dibahas.

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang Wisata di Bangkalan usahakan anda berkenalan dulu dengan wilayah yang satu ini. Bukankah katanya tak kenal maka tak sayang ? hehe 😀

Bangkalan adalahsalah satu wilayah kabupaten yang secara adminidtratif tergolong ke dalam Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Wilayah ini letaknya diujung Barat Pulau Madura. Pintu masuk distrik ini yaitu Pelabuhan Kamal.

Kabupaten ini tebagi ke dalam 18 kecamatan yang terdiri dari selama 273 desa dan 8 kelurahan. Bangunan Jembatan Suramadu yang sudah diresmikan pada tahun 2009 menjadikan Bangkalan sebagai di antara tujuan wisata semua traveller.

Obyek wisata di Bangkalan paling unik dan bertolak belakang dengan wisata pada umumnya. Jika sobat pernah menengok keindahan Tebing Breksi, begitulah kira-kira sejumlah penampakan obyek wisata di Bangkalan yang sangat populer.

Saat ini sektor pariwisata di Kabupaten Bangkalan sudah berkembang dengan pesat. Banyak tujuan wisata di wilayah ini yang patut kamu kunjungi. Ketika berangjangsana ke provinsi Jawa Timur, kamu wajib kudu dan harus mengunjungi wilayah yang satu ini.

Baca pun : Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang

Apa saja sih obyek wisata unik yang terdapat di Bangkalan, Madura ? Yuk anda simak pembahasan selengkapnya 🙂

Tempat Wisata di Bangkalan

Kumpulan Tempat Wisata di Bangkalan sangat Menarik

1. Bukit Jaddih

Setelah menyimpulkan untuk berwisata ke Bangkalan maka spot kesatu yang mesti kamu kunjungi ialah Bukit jaddih. Bukit Jaddih adalahtempat wisata yang beda dari pada yang lain.

Keindahan dari lokasi wisata ini terletak pada tingginya bukit kapur yang menjulang. Tempat ini nampak berwarna putih sampai-sampai menjadikannya tampak eksotis. Sayatan di dinding tebing menciptakan pemandangan semakin unik untuk ditelusuri.

Kawasan ini awalnya adalahbekas penambangan batu kapur putih yang lantas disulap menjadi area wisata. Meskipun belum secara sah di kelola oleh pemerintah tetapi tempat ini telah unik jumlah wisatawan dalam jumlah besar.

Bukit Jaddih terletak di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu bertolak dari pusat Kota Surabaya melulu memakan waktu selama 1 sampai 2 jam saja.

2. Arosbaya

Masih sama dengan Bukit Jaddih Arosbaya menyuguhkan keindahan tebing kapur bedanya tebing kapur ini warnanya tak seputih kepunyaan Bukit Jaddih. View yang di suguhkan pun nyaris sama. Sama cantiknya pastinya hihihi 😀

Nama Arosbaya diambik dari nama wilayah tersebut waah menarik yaa. Bukit ini terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura. Akses mengarah ke lokasi lumayan mudah ya guys letaknya tidak jauh dengan Obyek Wisata Religi Makam Raja Bangkalan.

3. Pantai Rongkang

Tidak melulu menyuguhkan keeksotisan tebing-tebing kapur saja, Bangkalan memiliki sejumlah obyek wisata pantai yang memukau. Salah satu yang menjadi kesayangan warga masayarakatnya ialah Pantai Rongkang.

Pantai Rongkang menjadi salah satu tujuan wisata pantai yang paling tidak sedikit dikunjungi oleh penduduk Bangkalan. Keindahan pantai ini terletak pada batu-batu besar yang tidak sedikit berjajar di pinggiran pantai.

Disekelilingnya ada bukit-bukit berundak dengan tinggi yang berbeda. Pemandangan ini pasti saja menciptakan landscape Pantai Rongkang menjadi lebih indah. Pantai cantik ini terletak di Desa Kwanyar, Bangkalan, Jawa Timur.

4. Siring Kemuning

Obyek wisata pantai adalahtujuan wisata yang tidak sedikit diburu oleh mayoritas traveller. Nah diantara banyaknya pantai yang terdapat di Bangkalan, Siring Kemuninglah yang sangat menggoda.

Hamparan laut lepas berwarna biru bening dengan pasir pantai yang lembut menjadi karakteristik sekaligus daya tarik untuk Siring Kemuning. Tempatnya lumayan tenang sampai-sampai dapat menjadi opsi untuk memisahkan diri dari dunia kerja.

Siring Kemuning terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan, Jawa Timur. Jaraknya selama 51 kilometer andai sobat menempuh perjalanan dari Pusat Kota Bangkalan. Yuk berwisata di Siring Kemuning mumpung tiket masuknya masih gratis.

5. Gunung Geger

Meskipun belum pantas disebut gunung tetapi bukit ini mempunyai pesona yang memikat. mesti banget deh guna dikunjungi semua pecinta alam sejati.

Tidak tidak sedikit yang melafalkan asal usul nama gunung ini yang jelas tempat ini menjadi titik urgen terjadinya sejarah Madura. Bukit Geger tempatnya sangat gampang ditemukan sebab terletak di pinggiran jalan raya.

Namun guna dapat hingga ke tempat sobat mesti memakai kendaraan pribadi sebab belum tersedianya sarana transportasi umum mengarah ke ke lokasi. Gunung Geger bertempat di Desa Geger, Kecamatan Geger yaitu sekitar 30 kilometer ke arah tenggara Kota Bangkalan.

6. Mercusuar Sembilang

Di samping wisata pantai, Bangkalan lumayan terkenal bakal wisata sejarahnya yang sangat unik untuk di bahas. Untuk memperhatikan sejarah penjajahan Belanda sobat bisa napak tilas di Mercusuar Sembilang.

Mercusuar Sembilang merupakan salah satu peninggalan Masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Berdiri sekita pada tahun 1879 pada masa pemerintahan Z.M William III. Mercusuar ini adalahsarana navigasi untuk kapal-kapal yang melintas di sekelingnya.

Letaknya tidak jauh dari Pusat Kota Bangkalan yakni melulu sekitar 6 kilometer saja. Untuk memahami lebih jelas mengenai obyek wisata ini langsung saja meluncur ke tempat yaa gengs 🙂

7. Wisata Batik Tanjung Bumi Bangkalan

Bangkalan ternyata tak melulu mempunyai potensi alam yang memukau. Wilayah ini mempunyai seni dan kebiasaan yang lumayan menarik. Salah satu buktinya ialah adanya Wisata Batik Tanjung Bumi Bangkalan.

Nah disinilah pusatnya kerajinan batik yang terdapat di Daerah Bangkalan Madura. Di area ini sobat dapat merasakan keindahan hasil seni kreasi batik yang indah. Jika hendak belajar bagaimana membatik dan serba serbinya kamu dapat mendatangi tempat menarik ini.

Akses mengarah ke lokasi lumayan bagus dengan jalan beraspal. Jika ditempuh dari Kota Bangkalan melulu membutuhkan waktu selama 1 jam sebab jaraknya melulu sekitar 40 kilometer saja.

Bangkalan merupakan wilayah yang unik untuk dikunjungi dan tengah happening untuk para traveller. Beberapa obyek wisata menarik di wilayah ini dapat menarik animo masyarakat luas.