Akses ke Air Terjun Tetewa

Posted on
Air Terjun Tetewa barada di kecamatan uesi kabupaten kolaka timur
titik koordinat : BT 3°32’22.94″S / LS : 121°30’13.88″T

Akses menuju air terjun tetewa dari kota kendari menuju lokasi, ada 2 jalur yang bisa kamu pilih.

1. Kendari, Unaaha, Abuki, air terjun tetewa dengan jarak 135 KM, waktu tempuh sekitar 6- 7 jam. kondisi jalan kurang bagus setelah melewati unaaha. Di perbatasan Konawe dan Kolaka timur kondisi jalan juga masih sangat rawan. 

2. Kendari, Kolaka timur, Mowewe, air terjun tetewa dengan jarak 233 KM waktu tempuh sekitar 7-8 jam. kondisi jalan kurang bagus. 

Idealnya, dari kota kendari rute yang ditempuh adalah melalui jalur abuki, jika dari kolaka, sebaiknya memilih jalur mowewe. 

Kondisi jalan sampai agustus 2019 dari jalur mowewe dalam, masih layak dilalui, beberapa jalur masih dalam tahap pengerasan. Perjalanan akan sangat terggangu dikarenakan debu dan kerikil sepanjang perjalanan. 

Setelah pertigaan, tepatnya di jembatan penghubung kabupaten konawe dan kolaka timur, kondisi jalur sangat berbahaya, selain kondisi jalan yang rusak, ada beberapa bagian jalan yang melewati jurang curam, pendakian dan hanya bisa dilalui 1 kendaraan roda empat. 

Dengan kondisi jalan yang kurang layak dilalui, maka akan berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan. Jalan menjadi faktor utama dalam memajukan perekonomian dan pariwisata di daerah.