Tips Mencegah Gigitan Pacet di Hutan

Posted on

Nama pacet/lintah sangat terkenal didunia para pendaki gunung khususnya gunung kawasan tropis. Secara fisik, pacet mirip sekali dengan cacing tanah, bentuknya kecil kecoklat-coklatan, bedanya, pacet memiliki cara jalan yang khas, berukuran pendek, 3 – 6 cm. 

Dengan bertumpu pada ujung penyedotnya, pacet akan tegak mencium ada atau tidaknya sasaran yang bisa disedot darahnya, baik binatang ataupun manusia. 

Menggunakan signal alami, pacet dapat mendeteksi bau dan gerakan sasarannya dan mulai bergerak  mendekatinya. Ukuran tubuhnya yang kecil, warna kecoklatan, membuat si penghisap darah ini susah untuk dilihat. 

Saat menyedot, pacet/lintah mengeluarkan zat khusus yang mencegah darah membeku dan tidak terasa sakit. Selama belum kenyang, dia akan terus-terusan meminum darah kita. Secara medis tidak ada efek samping yang ditimbulkan saat tergigit pacet. 

Nah, bagi kamu yang suka mendaki Gunung di Indonesia, beberapa Tips Mencegah Gigitan Pacet Di Hutan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gigitan atau melepas gigitan pacet ini.

1. Lotion Anti Nyamuk

Lotion anti nyamuk diolesi pada bagian tubuh, maka pacet tidak akan berani mendekat, karena aromanya yang tidak disukai.

2. Tembakau

Tembakau dibasahi dan air tembakau tersebut dioleskan ke bagian tubuh. Jika sudah kena gigitan pacet dan pacetnya masih melekat, siramkan ke tempat pacet menggigit. zat yang terdapat pada tembakau akan melepaskan pacet dari kulit.

3. Minyak kayu putih

Jika kita dapati pacet sedang mengisap darah, siram minyak kayu putih ke sekitar gigitannya. Nanti, gigitan pacetnya akan lepas.

4. Air Garam 

Untuk melepaskan pacet yang sudah menempel di kulit kita, bisa menggunakan air garam. 
Pacet/lintah yang peka dengan rasa akan melepaskan gigitannya ketika merasakan asin dari garam.
Campurkan garam dan air kemudian basahkan ke semua kulit yang terbuka.

5. Bedak

Bedak dibubuhkan ke bagian tubuh sampai kaki. Aroma bedak dapat menghindarkan pacet untuk menempel.  Jika bedak luntur oleh keringat, maka harus terus-terusan membubuhkan bedak setiap diwaktu istrahat.

6. Api Atau Puntung Rokok

Caranya sentuhkan tubuh pacet dengan bara api atau puntung rokok, pacet akan kaget dan terganggu dan segera melepaskan lekatannya. 

Jika gunung yang akan kamu daki mempunyai potensi pacet, seperti gunung mekongga, sebaiknya kamu mempersiapkan bahan-bahan yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bisa menambah wawasan dalam pendakian gunung.