Kelimutu, Wisata Danau Tiga Warna di Flores yang Menakjubkan

Posted on
 Info Wisata
Kelimutu, Wisata Danau Tiga Warna di Flores yang Menakjubkan

Kelimutu, Wisata Danau Tiga Warna di Flores yang Menakjubkan
Wisata Danau Tiga Warna di Flores – Hello sobat traveller, Yuk tengok keindahan Danau Tiga Warna yang terdapat di Flores. Keindahan dari Danau Tiga Warna telah terdengar ke sekian banyak  penjuru. Banyak sekali tayangan televisi swasta yang telah mengekspose keindahan Danau Kelimutu atau yang disebut pun Danau Tiga Warna.

Dari namanya telah jelas mencerminkan bahwa telaga ini mempunyai tiga warna. Keunikan tempat wisata ini dapat menarik minat pengunjung dengan jumlah yang lumayan fantastis masing-masing tahunnya. Pengunjung tak melulu didominasi oleh wisatawan lokal, tetapi pun wisatawan asing.

Deskripsi Danau Tiga Warna di Flores

Danau Tiga Warna ada di provinsi Flores, tepatnya terletak di Gunung Kelimutu dan masih tergolong ke dalam Taman Nasional Kelimutu. Panorama alam yang menakjubkan menjadikan tempat ini sebagai obyek wisata andalan. Penemuan telaga ini berawal ketika Van Such Telen seorang kewarganegaaan Belanda pada tahun 1915 datang ke Gunung Kelimutu dan menyaksikan keindahan Danau Tiga Warna yang menakjubkan.

Selanjutnya keindahan panorama alam Danau Tiga Warna dilukiskan oleh Y Bouman. Sejak saat tersebut wisatawan asing tidak sedikit berkunjung ke telaga ini untuk merasakan keindahan Danau Tiga Warna. Selain semua turis, tidak sedikit juga wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk mengerjakan penelitian.

Jumlah luas seluruh tempat Danau Tiga Warna selama 1.051.000 meter persegi dengan volme air selama 1.292 .000 meter kubik. Danau ini diberi batas oleh dinding batu dengan elevasi sekitar 50 sampai 150 meter. Berada pada elevasi 1.631 meter diatas permukaan laut Danau Tiga Warna menyerahkan suanasa yang sejuk dan udaranya pun segar.

Dinamakan dengan Danau Tiga Warna sebab memang telaga ini mempunyai tiga warna yang berbeda-beda. Warna dari ketiga telaga ini berubah-ubah seiring berlangsung nya waktu. Perubahan warna ini diakibatkan oleh proses evolusi kimia tanah yang disebabkan kegiatan vulkanik dan pengaruh cahaya matahari.

Ketiga Danau yang sedang di Gunung Kelimutu ini dinamakan dengan Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nua Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Dari ketiga telaga ini, letak kedua danau berdampingan sedangkan satu telaga yang beda letaknya agak jauh. Masing-masing warna kepunyaan Danau Tiga Warna memiliki makna yang berbeda.

Danau yang kesatu berwarna biru dinamakan dengan Tiwu Nua Muri Koo Fai ditafsirkan sebagai lokasi berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang sudah meninggal. Yang kedua Tiwu Ata Mbupu dengan warna air abu-abu pekat adalahtempat berkumpulnya arwah orang-orang tua yang meninggal, dan yang terkakhir Tiwu Ata Polo yang berwarna hijau tua, menurut keyakinan masyarakat sekitar telaga ini adalahtempat berkumpulnya arwah orang meninggal yang semasa hidupnya mengerjakan kejahatan.

Kawasan Danau Kelimutu pun mempunyai spot yang cantik untuk menyaksikan sunrise yang paling mengagumkan. Banyak sekali wisatawan yang berburu golden sunrise di tempat ini. Mereka seringkali berangkat pada pukul 04.30 WITA, sebab untuk hingga kepuncak diperlukan waktu selama 30 menit.

Kabut yang menutupi ketiga telaga menghilang saat matahari mulai hadir dari balik pegunungan. Barulah terlihat paling jelas keindahan dari Danau Tiga Warna. Sembari merasakan keindahan panorama sekitar, pengunjung dapat memesan kopi atau teh hangat di warung-warung yang terdapat di area ini.

Rute Menuju Danau Tiga Warna
Karena tergolong dalam obyek wisata unggulan, area ini telah dilengkapi dengan sekian banyak  fasilitas yang memadahi laksana shelter, pondok jaga, losemen, dan masih tidak sedikit lai yang lainnya. Akses mengarah ke ke tempat ini juga lumayan bagus, andai pengunjung bertolak dari Ibukota NTT, kamu bisa menumpangi pesawat mengarah ke Kota Ende, di Pulau Flores. Waktu yang diperlukan sekitar 40 menit.

Kemudian pengunjung dapat memakai angkutan umum berupa bus mini mengarah ke Desa Kaonara. Kemudian dari Desa ini sobat mesti berlangsung sekitar 2.5 kilometer mengarah ke puncak Gunung Kelimutu. Lokasi wisata ini terletak tepatnya di Desa Desa Pemo,Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.