Akses Ke Pulau Padamarang – Jelajah Sultra

Posted on

Pulau Padamarang terletak di kabupaten Kolaka, pulau ini sepintas memang tidak ada yang istimewa dan aksesnya juga masih tergolong sulit. Tetapi dari potensinya, pulau ini memang layak untuk dikunjungi, saat berada dipuncak pulau padamarang kita seperti berada dipuncak pulau padar labuan bajo. 

Selain itu, sepanjang perjalanan ke puncak kamu akan dihadapkan pemandangan yang luar biasa. Nah,bagi kalian yang akan kesini, artikel ini bisa menjadi pedoman untuk memudahkan kalian ke padamarang.

Akses dari Kendari ke kolaka

Dari kendari kamu harus ke kabupaten kolaka, perjalanan ditempuh selama 3 jam 30 menit dengan jarak 164 KM, kalau tidak macet, kamu bisa mencapai waktu 3 jam. Tiba di Kolaka, langsung mencari kapal di derah pelabuhan dan pelelangan ikan. 

Harga 1 kapal untuk pulang pergi berkisar dari Rp. 800.000 – Rp. 1.000.000. Usahakan mencari kapal yang tertutup (mempunyai atap) agar saat pulang kamu bisa terhindar dari sengatan panas matahari.

Akses dari kolaka ke pulau padamarang

Dari pelabuhan/pelelangan ke garis pantai pulau padamarang, Jarak hasil tracking GPS sejauh 22 KM dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit. dari pinggir pantai dilanjutkan tracking ke puncak dengan arah kompas 171 derajat. 

Jalur yang ada saat ini merupakan jalur yang ideal dan mudah, jadi kamu tidak perlu repot repot membuka jalur baru. dari pantai naik ke bukit diketinggian 60 meter, dan mulai mengikuti punggungan pulau ini. 

Posisi puncak berada diketinggian 615 Mdpl. (LS : 4° 7’26.90″S – BT : 121°24’52.31″T) jarak dari pantai ke puncak mencapai 2,7 KM. waktu tempuh 2 – 3 jam, tergantung ketahanan fisik masing masing pendaki. umumnya pendakian dimulai dari jam 3 pagi dan tiba di puncak pukul 06:00.